PENGALAMAN PRIBADI: "BURUNG KECIL BERSUARA KERAS DAN LENGKING"

Blog Si Petani – Semula dari seorang kawan yang sudah bosan dengan burung yang dirawatnya, apalagi burung tersebut luka karena digigit tikus yang mengakibatkan sayap sebelah kiri catat, dan tidak tahu persis apakah bisa sembuh seperti sediakala atau cacat permanent. Namun Alhamdulillah sampai saat ini masih tetap hidup.

Burung yang tampak di gambar ini secara persis saya sendiri masih belum tahu nama pastinya, burung apa ini ? apakah Sikatan Londo / Gentawis / Nightangle ataukah Tledekan, atau mungkinkah Cipoh ? yang pasti setelah beberapa bulan saya rawat, dari sebelumnya suaranya hanya cit… cit….cit… cricit… sekarang sudah mulai rajin berkicau dan suaranya pun lumayan keras hampir menyerupai suara kacer dan bahkan burung kacer yang posisi kandangnya saya gantung dekat dengan burung tersebut malah justru ngikutin bunyi, jika pas burung kecil tersebut bunyi, sekalipun belum terlalu gacor. Namun maaf belum sempat ngerekam suaranya karena susah.

Sampai sekarang kawan saya pun bingung, burung apakah ini ? semoga saya bisa meng-upload Video-nya jika sudah gacor dan tunggu artikel selanjutnya.  

Contoh gambar Lainnya : 



Demikian sekedar share pengalaman.
Salam Damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

CARA MERAWAT BURUNG SELENDANG BIRU

damai9Perawatan burung Selendang Biru tidak berbeda dengan perawatan Burung Tledekan dan juga burung Gelatik Batu. Dengan bentuk dan warna bulu yang sangat indah  dan juga harganya yang tidak terlalu tinggi sekitar Rp 35 - Rp 50 ribuan, sehingga ada juga beberapa penggemar burung yang suka juga merawatnya. Dan bagaimana cara merawat burung Selendang Biru agar rajin bunyi, berikut adalah tips dan caranya:

  1. Yang pertama adalah diawalai dari cara pemilihan jenis kelamin burung karena biasanya yang rajin berkicau adalah yang jenis kelamin jantan.
  2. Selanjutnya burung dimandikan setiap pagi dengan cara cukup diseprot menggunakan spray atau jika memungkinkan berilah cepuk agar burung lebih leluasa mandinya yaitu pada sekitar jam 7-an setelah sebelumnya diangin-anginkan terlebih dahulu.
  3. Lakukan penjemuran selama kurang lebih 1-2 jam jika matahari benar-benar cerah dan boleh lebih lama apabila kondisi matahari tidak begitu cerah, selesai dijemur lalu diangin-anginkan di teras atau ditempat yang teduh.
  4. Sediakan makanan yang cukup seperti voer yang berkualitas (jika sudah makan voer).
  5. Berilah makanan tambahan (EF: Extra Fooding) seperti jangkrik ukuran kecil setiap pagi dan sore masing-masing 2 - 3 ekor, bisa juga dengan ulat hongkong dan juga berikan kroto cukup 2 hari sekali 1 sendok teh saja atau cukup 2 kali dalam 1 minggu.
  6. Dan yang tidak kalah penting adalah buatlah suasana disekitar rumah diusahakan ramah terhadap burung seperti tikus, kucing, anjing dan hewan lainnya, karena akan berpengaruh pada fisik dan psikis si burung dan secara tidak langsung akan mempengaruhi seni dan kualitas suara ocehan burung.

Sedikit disampaikan, tips ini tidak mutlaq harus diterapkan secara keseluruhan, tergantung menurut kebisaan dan cara masing-masing yang biasa dilakukan dalam merawat burung kesayangannya yang dimiliki.

Demikian semoga bermanfaat
Salam Damai9

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:
BACA SELENGKAPNYA ...

[VIDEO+YOUTUBE] CIBLEK GUNUNG GACOR MANTAB

Blog Si Petani - Memang sangat membutuhkan kesabaran dan keuletan untuk membentuk dan menjadikan burung yang kita miliki bisa gacor, namun terkadang sebagian penggemar burung agak sedikit kurang sabar untuk menjadikan burung bisa gacor dan jinak, apalagi jika usia burung masih muda dan memang belum saatnya gacor, maka jika kita menginginkan burung bisa lebih cepat gacor dalam usia relatif muda, sudah selayaknya kita rawat burung yang kita miliki sesuai dengan tips-tips dan saran dari para pakar kicau mania yang sudah banyak dishare di internet ataupun juga info dari teman sesama penghobi burung yang sudah berpengalaman.

Menurut sebagian kawan senior, pemasteran burung yang dilakukan melalui suara burung dalam bentuk MP3, bisa diklik disini bisa mempercepat burung menjadi cepat gacor tentunya diimbangi dengan perawatan yang sesuai dengan cara merawat burung yang benar baik dan benar yang bisa dilihat disini.

Dan berikut adalah contoh video burung Ciblek gacor, sekedar buat panduan untuk menginspirasi kita agar kita lebih semangat dan tertantang untuk merawat burung Ciblek bisa menjadi seperti video di bawah ini.

Dan inilah videonya



VIDEO BURUNG LAINNYA :

Semoga bisa menjadi inspirasi.

Sumber dari : http://www.youtube.com/watch?v=p5k7cIlkkmE

BACA SELENGKAPNYA ...

CARA MEMPERCEPAT TUMBUH BULU BURUNG KENARI SEHABIS MABUNG

Blog Si Petani – Bagi para kicau mania, kita sering mendengar istilah mabung atau disebut juga dengan molting.  Mabung adalah merupakan proses normal secara alami yang juga terjadi pada hewan jenis unggas yang bernama burung. Perawatan burung pada saat mabung terkadang menjadi hal yang sedikit membosankan dan melelahkan yang akhirnya tidak sedikit beberapa kicau mania yang memiliki burung yang sedang mabung terkadang menjual burung kesayangannya tersebut, karena sangking tidak sabarnya merawat burung tersebut.

Ada beberapa tips dan cara yang sudah banyak disampaikan di berbargai artikel burung kicauan terutama tips bagaimana cara merawat burung kenari saat mabung, diantaranya adalah pemberian makanan yang bernutrisi seperti : kecambah / tauge pendek yang masih segar, telur rebus burung puyuh, sayuran / sawi hijau yang masih segar, tulang sotong, kulit tiram dan lain-lainnya dan juga sangat penting adalah vitamin yang banyak dijual di toko burung.

Ada juga cara lain untuk mempercepat tumbuh bulu kenari seusai mabung berdasarkan yang pernah dialami oleh beberapa kicau mania yaitu dengan cara mengoleskan cairan daun lidah buaya setiap pagi pada sisi yang bulunya rontok, secara routine. Menurut pengalaman kawan, sekitar + 10-15 hari sudah terjadi perubahan (mulai tumbuh bulu-bulu baru).

Salam Damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

CARA MEMBEDAKAN GELATIK JANTAN DAN BETINA SECARA SIMPEL

Blog Si Petani – Perbedaannya antara lain adalah:

Gelatik Batu Jantan:
  • Postur Glatik jantan sedikit lebih besar
  • Mata terlihat tajam
  • Gerakannya lebih agresif dan lebih lincah
  • Warna hitam lebih tua dan gelap dan warna hitam pada bagian dada nyambung hingga ekor
  • Suaranya lebih bervariasi 

Gelatik Batu Betina:
  • Postur Glatik Batu betina sedikit lebih kecil
  • Mata tidak setajam jantan
  • Gerakannyapun tidak terlalu gesit
  • Warna hitam sedikit keabu-abuan dan warna hitam pada bagian dada tidak nyambung hingga ekor
  • Suaranya ocehannya monoton saja.
ARTIKEL LAIN TENTANG GELATIK
Demikian sedikit info, semoga bermanfaat.
Salam Damai9  
BACA SELENGKAPNYA ...

CARA MERAWAT BURUNG TLEDEKAN AGAR CEPAT BUNYI DAN GACOR

damai Bagaimana cara merawat burung Tledekan Agar Rajin Bunyi dan Cepat Gacor, berikut adalah tips dan caranya:
  1. Pertama pilih yang berjenis kelamin jantan namun ada beberapa jenis burung justru yang jantan yang lebih rajin.
  2. Mandikan burung pada sekitar jam 7 pagi dengan spray atau bisa juga sediakan cepuk yg agak besar karena biasanya tledekan senang mandi sendiri
  3. Jemur selama kurang lebih 1-2 jam pada jam 7 - 9.
  4. Sediakan makanan yang cukup berupa voer yang berkualitas dan juga berilah makanan tambahan (EF: Extra Fooding) berupa jangkrik kecil setiap pagi dan sore 3 - 4 ekor, bisa juga ulat hongkong secukupnya dan juga berikan kroto sebagai variasi.
  5. Lakukan pemasteran untuk menambah variasi ocehan sesuai selera
  6. Buatlah suasana di rumah ramah dan amah bagi burung
Sedikit disampaikan, tips ini tidak mutlaq harus dilakukan, tergantung menurut kebisaan masing-masing cara yang sudah coba dijalankan.

Dan perlu diingat, "Semakin dewasa usia burung seharusnya akan semakin rajin pula berkicau" 

Demikian semoga bermanfaat
Salam Damai9.
BACA SELENGKAPNYA ...

CARA MERAWAT BURUNG SERINDIT AGAR CEPAT GACOR DAN AKANKAH SERINDIT MENJADI TREND ?

Blog Si Petani – Di beberapa perlombaan yang di adakan khususnya di daerah Jakarta dan sekitarnya, pada dasarnya secara umum yang dilombakan memang jenis burung yang memang lagi trend saat ini seperti Murai Batu, Kacer, kenari, Love Bird, Cucak Ijo, dll, namun ada juga sempat disinggung walaupun masih dalam kategori (exhibition) sempat juga dilombakan burung Serindit. Ini berarti pertanda baik dan ada kemungkinan bisa menjadi burung yang diidolakan pada waktu mendatang dan akan secara otomatis biasanya harganyapun akan naik mengikuti perkembangan. Walaupun sebenarnya di luar jawa seperti Sumatera, Kalimantan, sudah marak dan memang sering diadakan perlombaan burung, dan Serindit adalah merupakan kelas yang memang diunggulkan.

Untuk saat ini khususnya untuk di pulau jawa, memang belum begitu banyak yang menggemari burung Serindit sebagian orang menyebut dengan sebutan lovebird lokal atau ada beberapa pedagang burung menyebutkan dengan sebutan love bird jawa.

Seperti yang disampaikan diatas, suatu saat mungkin akan menjadi burung trend ketika Serindit sering dilombakan dimana-mana, karena dengan suaranya yang khas maka para penggemar burung pun akan banyak yang menyukainya. Semoga

Makanan burung Serindit:

Pada dasarnya sama dengan burung jenis lainnya, burung Serindit adalah termasuk burung pemakan buah-buahan yang manis, bahkan bisa juga ketika kita merawat dari kecil/anakan bisa diberikan makan dengan makanan kita sehari-hari yaitu nasi.

Agar Serindit bisa makan biji-bijian seperti jenis paruh bengkok lainnya, seperti Love bird dan juga Parkit maka harus dilatih sedikit demi sedikit yaitu dengan cara, sebagai contoh: jika kita beri makan pisang, maka kupaslah kulit pisang dan kemudian isi buahnya campurlah dengan milet atau biji-bijian pada tempat makannya yang akhirnya Serindit akan terbiasa dengan biji-bijian, demikian dan seterusnya.

Perawatan Agar burung Serindit agar Cepat Gacor:

Seperti yang banyak disampaikan oleh para pakar burung baik di internet ataupun dari kawan sesama penghobi burung, untuk membentuk agar burung Serindit cepat gacor maka teknisnya adalah:

1.       Intinya tetap lebih disarankan jika kita memelihara dari usia masih muda agar lebih mudah untuk pemasterannya
2.       Pemberian pakan dan perawatan yang sesuai dengan yang banyak disarankan, seperti mandi, kebersihan kandang, penjemuran, dll
3.       Lakukan pemasteran dengan burung lain di sekelilingnya atau dengan burung yang kita miliki sesuai dengan keinginan kita atau bisa juga dengan mp3 yang dengan sering kita perdengarkan
4.       Jangan terlalu terburu-buru ingin cepat gacor, jika memang burung masih usia muda

Demikian
Salam Damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

[VIDEO+YOUTUBE] CIPOH / SIRPU / SITO / CIPOW GACOR DAN JINAK

Suatu kesenangan tersendiri rasanya jika memiliki burung yang gacor dan juga jinak, namun terkadang sebagian penggemar burung agak sedikit tergesa-gesa membentuk agar burung bisa cepat gacor dan juga jinak. 

Hal yang tidak terlalu mudah dan sangat membutuhkan kesabaran, apalagi jika usia burung masih muda dan memang belum saatnya gacor, maka apabila kita menginginkan burung bisa lebih cepat gacor dalam usia relatif muda, sudah selayaknya kita rawat burung yang kita miliki sesuai dengan tips-tips dan saran dari para pakar kicau mania yang sudah banyak meng-share di internet ataupun juga dari teman sesama penghobi burung yang sudah berpengalaman.

Berikut ini contoh video burung Cipoh/Sito/Cipow yang gacor dan juga jinak, sebagai panduan saja, agar kita lebih semangat dan tertantang, mampukah merawat burung Cipow bisa menjadi seperti video di bawah ini.

Dan inilah videonya:



sumber dari : http://www.youtube.com/watch?v=9QTmYxzcsWg
Salam Damai9

BACA SELENGKAPNYA ...

[VIDEO+YOUTUBE] PENTET/CENDET/PLENTET GACOR

Blog Si Petani - Bangngga rasanya jika punya burung kesayangan yang kita miliki bisa gacor, namun terkadang sebagian dari penggemar burung agak sedikit tergesa-gesa membentuk agar burung bisa cepat gacor apalagi gacor, hal yang tidak terlalu mudah dan sangat membutuhkan kesabaran yang extra apalagi jika usia burung masih teramat muda dan memang belum saatnya gacor, maka apabila kita menginginkan burung bisa lebih cepat gacor dalam usia relatif muda, sudah selayaknya kita rawat burung yang kita miliki sesuai dengan tips-tips yang sudah banyak di share di internet ataupun juga dari teman sesama penghobi burung yang sudah berpengalaman.

Berikut ini contoh video burung Pentet/Cendet/Plentet yang gacor, sebagai panduan saja, agar kita lebih semangat dan tertantang, sanggupkah kita merawat burung Pentet bisa menjadi seperti video di bawah ini.

Dan inilah penampakannya:



Sumber dari: http://www.youtube.com/watch?v=O50ttPj6qJ0
BACA SELENGKAPNYA ...

SEKILAS INFO: “BENARKAH LOVE BIRD TURUN HARGA ?”

Blog Si Petani – Akhir-akhir ini kita sering mendengar kabar mengenai harga burung yang lagi trend dengan harga yang lagi naik seperti burung kacer dan juga kenari dan juga sempat menjadi TOP TREND, namun ada juga yang diperbincangkan oleh banyak penggemar dan juga pemilik burung kicauan tentang trend burung yang sedang down atau turun harga yaitu  burung love bird, namun tidak semua isu itu benar 100% karena ada sebagian pemilik dan penjual love bird tetap konsisten dengan harga stabil dan bahkan ada sebagian penjual burung lainnya malah justru meninggikan harga sebagian koleksi love bird yang dimilikinya. Sebagai pertimbangan untuk mengetahui setandar harga burung di beberapa pasar burung bisa klik disini.

Terkadang tergantung kesepakatan antara pembeli dan penjual dan juga di lapangan yang sedikit-banyak bisa mempengaruhi naik atau turunnya harga berbagai burung kicauan. Jika di forum yang lagi trend jenis burung tertentu maka akan menjadi semakin naik harganya jenis burung yang lagi diperbincangkan tersebut, namun sebaliknya jika ada jenis burung lain yang sama sekali tidak disinggung di forum maka lama-kelamaan akan semakin turun pamor dan sekaligus menurunkan harga pasarannya, seperti burung pentet/cendet/plentet yang pada jamannya sempat banyak menjadi perbincangan orang dan harganyapun sempat tinggi, namun untuk saat ini agak sedikit redup, begitu juga dengan harga LOVE BIRD yang juga diberitakan saat ini sedang turun harga.

Mungkin benar juga, jika kita coba melihat berbagai harga love bird di berbagai iklan di internet, bahkan ada yang sampai menawarkan dengan harga Rp 400 ribu dengan kondisi sudah dewasa, padahal harga segitu jika dibanding ketika jaya dan trendnya love bird maka dengan 400 ribu baru dapat burung love bird yang baru mau makan sendiri, namun untuk saat ini ada sebagian pemilik burung love bird karena akibat isu turun harga tersebut, akhirnya menjual burung miliknya dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga pada saat beli.

Semua kembali pada kita masing-masing, apakah kita akan coba mempertahankan apa yang kita miliki hingga menunggu trend kembali normal jika kita ingin membeli atau menjual burung milik kita, ataukah mengikuti trend dengan cara menjual burung milik kita yang sedang turun harga dan menukarnya dengan burung jenis lain yang sedang naik daun (harga tinggi), tetap semua kembali ke kita masing-masing, namun jika boleh memberikan sedikit saran, janganlah terlalu mudah termakan isu, fikirkan dengan cermat ketika kita mau menjual burung milik kita hanya karena terpengaruh isu agar jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Demikian sekedar info
Salam Damai9
BACA SELENGKAPNYA ...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...