DIJUAL KENARI TAIWAN DI JAKARTA SELATAN Rp 450 (NEGO) - BISA BARTER

Blog Si Petani – Edisi jual aja... burung Kenari Taiwan warna kuning lemon, JK: jantan, burung asli sesui gambar, umur sekitar 6-7 bulanan, rajin bunyi, sudah ngeroll tapi masih gacor aja, ada isian beberapa suara burung lain, kondisi sehat wal 'afiat, minus: satu jari kaki kiri sebelah kiri patah sudah lama, 1 jari kaki kanan sebelah tengah baru mau numbuh kuku. Dijual Rp 450 ribu (nego aja), 

Gambar lain:









Dijual Rp 450 ribu (nego aja), berminat, hubungi : Syukur – 0878 8088 2672 atau dengan Yanto - 0838 937 75971. Atau bisa pantau langsung : Jl. Damai 5 No. 2 atau 9 - Cipete Utara Jakarta Selatan (depan SD Al Amjad).

BACA ARTIKEL LAIN TENTANG KENARI:

BACA SELENGKAPNYA ...

CARA MENYIKAPI BURUNG KENARI YANG MABUNG TERLALU LAMA (LEBIH LAMA DARI BIASANYA) / PENYEBAB BURUNG KENARI MABUNG LEBIH LAMA

Damai9 - Kejadian yang mungkin pernah kita alamani selama merawat burung adalah ketika merawat burung pada saat mabung (molting), terutama pada Burung Kenari, dengan masa mabung yang tidak normal seperti kebiasaan burung lainnya yang memang ada masa-masa tertentu yang dialami oleh masing-masing jenis burung.

Untuk burung kenari memang agak sedikit lebih lama jika dibandingkan dengan mabungnya burung jenis lain, seperti murai batu, kacer, cucak ijo, pleci, jalak suren dan burung jenis lain dengan perbandingan jika masa mabung kenari rata-rata antara 4 – 6 minggu, namun ada juga yang hingga 7 minggu, sedangkan burung jenis lain seperti murai batu, kacer, cucak ijo, jalak suren dan lainnya lebih cepat dengan kisaran antara 3, 4, atau sampai dengan 5 mingguan.

Namun apabila masa mabung burung kenari lain dari kebiasaan pada umumnya, dalam arti melebihi batas waktu normal, maka patut dipertanyakan apakah terdapat kesalahan pada perawatan kita setiap harinya ataukah memang ada unsur atau faktor keturunan. Jika memang salah satu dari hal tersebut terjadi maka haruslah lebih sabar dalam merawat burung kenari tersebut selama mabung (molting) tanpa harus menyepelekan kondisi burung tersebut. Dan hal-hal yang perlu dilakukan selama dalam masa perawatan burung kenari saat mabung diantaranya adalah:  

  1. Menutup sebagian besar sangkar (3/4 bagian) dengan keredong, atau boleh juga dengan full keredong namun tetap memberikan udara untuk sirkulasi udara dan pernafasan dan tidak perlu sering-sering dibuka kecuali untuk memberikan makanan dan menggantikan minumannya. 
  2. Mengurangi mandi dan jemur dan hanya secukupnya saja 
  3. Memberikan makanan yang mangandung banyak protein, seperti telur puyuh, kecambah / tauge segar dan juga tidak kalah pentingnya harus diberikan obat-obatan ataupun vitamin yang banyak dijual di took-toko burung untuk mempercepat tumbuhnya bulu-bulu baru setelah selesai mabung. 
  4. Dan selama mabung, letakkan burung /menggantung burung di tempat yang aman, nyaman dan tenang, serta sebisa mungkin dijauhkan dari sesama jenis burung kenari.

Harapan kita atas usaha selama merawat burung kenari yang sedang mabung adalah bulu lama segera rontok dan kemudian digantikan dan tumbuh dengan bulu-bulu baru yang mengakibatkan terjadi kehidupan baru pada burung setetalah mabung. Bahkan ada sebagaian pendapat dari kicau mania yang mengatakan bahwa, memaster burung dengan isian-isisn yang kita harapkan adalah ketika burung pas selesai dari masa mabungnya.

Demikian dan semoga bermanfaat.
Ssalam damai9

BACA SELENGKAPNYA ...

KESABARAN DALAM MERAWAT BURUNG KACER SEJAK USIA MASIH MUDA

Damai9 – Pepatah mengatakan “Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian” heheheh… kaya pak Guru… J. 

Tidak ubahnya ketika kita merawat burung kacer ataupun jenis burung lainnya yang kita miliki sejak masih kecil/bahan/trotolan memang sangat membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Susah memang, apalagi ketika musim hujan seperti ini yang memang harus lebih extra dalam memperhatikan dan merawat burung tersebut, dari segi makannya, kebersihan kandangnya, kesehatannya, penjemurannya yang terkadang susah banget sinar matahari, “terkadang ada panas sedikit kita keluarin, eeeehhh… baru sebentar dikeluarin, tiba-tiba hujan…  wis lah ! pokok’e ngerawat burung musim hujan lebih repot” itulah ujian kesabaran buat kita, apalagi jika burung yang kita rawat seperti yang dikatakan di atas bahwa kondisinya masih muda/trotolan/bahan/anakan.  Wis pokok’e jogged lah … lho kok jogged, koyo Soimah no ?! … hehe..

Kembali pada pokok permasalahan:

Keberhasilan dalam merawat burung yang masih bahan/anakan/trotolan, terletak pada kita, terkadang kita beranggapan ketika burung masih anak belum terlalu perlu perawatan yang extra (rada sepele), padahal justru disinilah perawatan dari semenjak usia burung masih muda akan berpengaruh terhadap kualitas burung ketika sudah menjadi dewasa atau sudah berumur, sehingga apabila kita merawatnya sungguh-sungguh dan sesuai dengan perawatan pada umumnya maka akan menghasilkan burung berkualitas yang kita harapkan. Namun biasanya karena tidak sabar dan ingin cepat melihat seperti apa sih burung ini setelah dewasa, padahal sudah dirawat dari kecil dengan rawatan yang lebih, akhirnya dijual, padahal sudah menjelang dewasa, artinya tinggal menunggu waktu yang tidak terlalu lama lagi akan menjadi burung yang berkualitas, dan akhirnya dijuallah burung kepada orang lain, dan ternyata di tempat orang lain karena memang burung rawatan dari kecil dengan perawatan yang bagus, maka bagi si pembeli tinggal menunggu dan sambil merawat dalam waktu yang tidak terlalu lama, barulah muncul kualitas burung yang sebenarnya, dan akhirnya setelah pemilik sebelumnya tahu bahwa burung miliknya ternyata bagus, maka tinggal penyesalanlah yang dirasakan.

Oleh karena itu perlu diingat! Kesabaran dalam merawat burung, apalagi dari sejak masih usia muda sangatlah penting, jika memang tidak sanggup merawatnya dari pada timbul penyesalan, alangkah lebih baiknya jika membeli burung yang sudah siap dan tinggal melanjutkan peerawatan hariannya saja. Namun jika merasa tertantang dan ingin merawat burung sejak usia masih muda, yang pertama kali harus ditanamkan adalah kesabaran.

Dua pilihan diatas semuanya terserah kita akan memilih yang mana dan yang mana yang kira-kira kita sanggup.

Semoga bermanfaat
Salam damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

TERAPI CARA MEMBUAT CUCAK IJO/IJO MINI AGAR LEBIH GACOR DARI SEBELUMNYA

damai9  Kita sering melihat dan menyaksikan sendiri beberapa jenis burung yang terkadang rajin berkicau (gacor) pada saat sepi dan diam atau mungkin hanya sesekali bunyi pada keadaan ramai, padahal kita akan merasa puas dan “lego” (bhs jawa)  ketika burung milik kita gacor dan ngeplong tidak hanya sekedar di tempat sepi saja namun juga ditempat ramaipun demikian, berbeda dengan burung yang satu ini, Cucak Hijau Mini.

Pada mulanya sejak baru beli, burung ini hanya digantung di teras rumah, kemudian dijemur dihalaman dan setelah selesai penjemuran digantung lagi  di teras dan kemudian pada sore hari dimasukkan ke rumah, seperti layaknya perawatan burung seperti biasanya termasuk pemberian makanan dan memandikannya dan selama ini burung berkicau namun tidak terlalu gacor.

Tidak sadar bahwa ternyata burung ini lebih gacor dari perkiraan sebelumnya ketika digantung di pohon di depan rumah mertua yang letaknya persis dipinggir jalan raya komplek (dalan tikus) yang lumayan ramai hilir mudik kendaraan, karena sudah terlatih gacor pada saat digantung di dekat jalan raya, dan seterusnya juga lumayan gacor sekalipun digantung di teras dan juga ketika dimasukkan dalam rumah tetap rajin berkicau.


Saya sendiri belum tahu persis apakah cara seperti diatas memang cara untuk melatih burung yang semula hanya sekedar bunyi dan belum rajin menjadi cepat gacor ataukah memang hanya kebetulan saja, karena jika kebetulan, kenari saya yang saya milikipun juga demikian setelah dirawat seperti biasa  kemudian sesekali digantung pada tempat sebagaimana Cucak Ijo Mini, kemudian menjadi gacor dalam waktu yang relative singkat.


Jika memang ini sebuah terapi untuk membuat burung yang kita miliki menjadi lebih cepat gacor, tidak salahnya jika pengalaman ini dicoba, namun ingat ! factor keberhasilan tergantung pada kita masing-masing sebagai pemiliknya.

Semoga bermanfaat,
Salam Damai9.

ARTIKEL TENTANG BURUNG CUCAK IJO LAINNYA :
BACA SELENGKAPNYA ...

[VIDEO + YOUTUBE] CONTOH CIBLEK MANTAB LAINNYA YANG BOLEH JUGA DISAKSIKAN KEBOLEHANNYA

Blog Si Petani - Contoh Ciblek Lainnya yang Gacor. 

Dan berikut adalah contoh video burung Ciblek gacor, sekedar buat panduan untuk menginspirasi kita agar kita lebih semangat dan tertantang untuk merawat burung Ciblek bisa menjadi seperti video di bawah ini.

Dan inilah videonya:



Sumber dari: http://www.youtube.com/watch?v=NnnzCNkDZ1c
BACA SELENGKAPNYA ...

KENARI PUTIH POLOS DI JAKARTA SELATAN Rp 460 (NEGO) / BISA TUKAR TAMBAH DENGAN KACER

Blog Si Petani Lagi butuh duit nih, hehe.. burung kenari warna putih polos, umur 6 bulan up - rajin bunyi, sudah gacor & mantab, kondisi sehat wal afiat, sempat dijodohkan dengan betina yang sudah siap bertelur, si betinanya selalu ngejar-ngejar terus sambil meggeleparkan-2 kan sayap, namun sepertinya belum siap ngawini akhirnya burung (si Putih) dipisah dari betina. Dijual Rp 460 ribu (nego) atau bisa juga tukar tambah (barter) dengan kacer.


Gambar lain:






Terima kasih
Salam Damai9
BACA SELENGKAPNYA ...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...