CARA MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN DECU JANTAN DAN BETINA

Burung Decu merupakan burung yang berukuran kecil yang hampir mirip burung kacer, dari segi warna bulu dengan kombinasi warna yang didominasi warna hitam dan sebagian warna putih sehingga banyak kalangan penghobi burung menyebutnya dengan sebutan "Kacer mini"

Banyak kalangan berpendapat bahwa hampir rata-rata burung kicauan yang paling rajin berkicau dan banyak variasi ocehannya adalah yang berjenis kelamin jantan, namun ada juga yang justru lebih rajin yang betinanya disbanding jantan, seperti  lovebird.

Adapun cara untuk membedakan Jenis Kelamin Burung Decu Jantan dan Betina tidak jauh berbeda sebagaimana cara membedakan jenis kelamin kacer antara jantan dan betinanya adalah secara fisik yang paling menonjol burung Decu jantan berwarna hitam hampir di sekujur tubuh kecuali terdapat sedikit warna putih yang ada pada sebagian sayapnya dan di bawah ekor sedangkan burung decu betina seluruh badannya berwarna kecoklatan dan buram.

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA :
Demikian dan semoga bermanfaat
Salam damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

CARA MEMBEDAKAN BRANJANGAN JANTAN DAN BETINA

damai Burung Branjangan adalah burung yang sempat terkenal dan sangat diminati oleh penggemar burung pada beberapa waktu yang lalu yang sekarang ini sudah mulai kembali banyak yang meperbincangkan burung ini, dengan ukuran fisik kecil yang hampir mirip dengan burung gereja, pipit dan juga manyar, namun dari masing-masing jenis burung tersebut pastinya memiliki kelebihan masing-masing dengan harga yang berbeda tentunya.

Banyak kalangan berpendapat bahwa hampir rata-rata burung kicauan yang paling rajin berkicau dan banyak variasi ocehannya adalah yang berjenis kelamin jantan, namun ada juga yang justru lebih rajin yang betinanya disbanding jantan, seperti  lovebird.

Ada beberapa cara untuk membedakan Jenis Kelamin Branjangan Jantan dan Betina:
  1. Yang pertama adalah ciri fisik branjangan jantan warna bulunya lebih tajam dan contras dan juga lebih ngembang sedangkan betina warnanya tidak terlalu kontras dan bulu lebih tipis 
  2. Paruh branjangan jantan warnanya lebih hitam kontras dan mengkitat jika dibandingkan dengan  betina (hati-hati jangan sampai tertipu dengan pedagang curang) 
  3. Ketika memekarkan jambulnya branjangan jantan jambul lebih panjang dibandingkan dengan betina 
  4. Suara jantan lebih bervariasi sekalipun sama-sama keras
BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA :
Demikian sedikit informasi cara membedakan branjangan jantan dan betina 

Semoga bermanfaat
Salam damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

DIJUAL BURUNG KACER BETINA USIA MUDA Rp 230 RIBU (NEGO)

damai9.blogspot.com - Ngurangi momongan lagi nih, burung Kacer Betina usia muda sekitar 6 bulanan, ngeplong pagi dan sore, suara kenceng tembus, dan rajin ngeriwik kalo pas turun hujan, makanan harian voer topsong hijau, terkadang kuning juga mau, EF jangkrik 5 ekor pagi/sore, kroto seminggu 2x, terkadang UH. 

Barang kali ada yang berminat,  jual Rp 230 rb (Nego)

Note: Gambar-gambar ini adalah foto hampir 2 bulan yang lalu  (4/1/2014)



BACA SELENGKAPNYA ...

CARA MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN JALAK NIAS JANTAN DAN BETINA (PENGAMATAN)

damai9 - Pada dasarnya, apabila bisa diidentifikasikan (disamakan) dengan Jalak Kebo sebenarnya bisa dibedakan dengan 80% perbedaan antara yang jantan dan betina dapat diketahui dengan cara mendasar, seperti;

  1. Jika kita amati dari gerakan, biasanya yang jantan lebih gesit dan lebih aggressive jika dibandingkan dengan yang betina (pada burung yang belum terlalu jinak) dan terkadang ketika menyantap makan juga biasanya si jantan lebih rakus. 
  2. Ekor pada jalak nias yang berjenis kelamin jantan biasanya mengumpul pada kondisi standby (diam) sedangkan yang betina biasanya menyebar. 
  3. Dari beberapa  informasi di internet diantaranya paruh berwarna kuning kontras adalah termasuk salah satu cirri-ciri jantan, namun terkadang sedikit ragu, karena terkadang warna kuning pada paruh jalak nias bisa juga disebabkan faktor usia, jadi tergantung usianya dan juga diantara cirri-cirinya yang lain adalah mengelurkan jambul saat bunyi atau berkicau itu juga cirri-ciri jantan. 
  4. Pada burung jantan kicauannya lebih memiliki variasi dibandingkan dengan yang betina yang biasanya hanya monoton saja (pada burung yang masih standard artinya belum memiliki isian kicauan suara burung lain).


Demikian sekedar berbagi pengalaman berdasarkan pengamatan yang pernah dialami mengenai seberapa valid-nya perbedaan antara jalak nias yang berjenis kelamin jantan dan betina dan tentunya mungkin masih banyak lagi cirri-ciri yang lebih mendasar tentang cirri-ciri tersebut.

sumber gambar: dari internet, belum sempat foto jalak nias milik sendiri.


ARTIKEL TERKAIT :


Semoga bermanfaat
Salam damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

[VIDEO + YOUTUBE] POKSAY HONGKONG

Blog Si Petani - Salah satu jenis burung yang sempet menjadi perbincangan di kalangan pencita burung pada beberapa tahun yang lalu adalah burung poksay sekalipun kemudian agar sepi namun belakangan ini sudah mulai banyak kicau mania yang mendarinya, dan dari beberapa jenis poksay salah satunya adalah poksay hongkong, dan menurut sepengetahuan kami, poksay hongkong merupakan burung jenis poksay yang harganya lumayan tinggi dibanding dengan poksay lainnya, seperti poksay sumatera atau mandarin.

Dan berikut contoh video Poksay Hongkong yang lumayan bisa buat rujukan:



sumber dari: http://www.youtube.com/watch?v=E8A5VRVXEJE
BACA SELENGKAPNYA ...

DIJUAL JALAK SUREN LOKAL RP 800 (NEGO)

Blog Si Petani  - Jual Edisi Butuh Duit (JEBD), Jalak Suren dewasa, jinak tangan, voer total tentunya, EF Jangkrik + UH, ngoceh semaunya, sudah banyak isian (bisa ngomong, ada isian kenari, ciblek, dan juga lovebird sedikit) kaki udah kering, kondisi sehat wal 'afiat. Dijual Rp 800 ribu (nego rokok sebungkus dah...)

SUDAH TERJUAL ...

Gambar lain :







BACA SELENGKAPNYA ...

KINI SAATNYA MURAI BATU BORNEO UNJUK KEBOLEHAN

damai Menurut info yang kami dapat dan juga berdasarkan berbagai sumber di internet, saat ini pemilik MB borneo tidak perlu sedih dan resah lagi karena sudah ada beberapa Event Organizer (EO) yang sudah mulai mengikutseratakan MB Borneo dalam berbagai kontes perlombaan burung jenis murai di berbagai wilayah, terutama di JABODETABEK dan di Jakarta pada khususnya.

Tidak tahu secara pasti penyebab murai batu borneo sedikit dikesampingkan, padahal sebenarnya ketika dalam perawatannya sesuai dengan cara merawat jenis burung lainnya terutama sesama jenis murai batu, hasilnya tidak akan berbeda jauh dengan murai batu yang  sangat paling dijagokan.

Seiring dengan perkembangan dan informasi mengenai murai batu borneo , saat ini sudah mulai merebak dan mulai sering diadakan perlombaan yang mengikutsertakan murai batu borneo seperti yang sudah dijelaskan diatas, sehingga pemilik MB Borneo sudah mulai boleh merasakan lega, karena akhirnya hingga mulai saat ini harganya sudah mulai beranjak naik dan sudah mulai semakin banyak kicau mania yang ingin memilikinya.

Salam Damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

ADA PENDAPAT : KENARI PUTIH SUARANYA LEBIH KERAS DARI PADA WARNA LAINNYA, BENARKAH ?

Blog Si Petani – Burung kenari memang sangat banyak jenis dan corak warnanya, dari yang paling banyak kita jumpai warna kuning lemon, kuning gading, orange, merah (red), putih, warna bond, warna gereja, dan masih banyak lagi warna paduan lainnya yang pernah kita lihat.

Namun menururt pendapat sebagian kicau mania yang pernah disampaikan kepada kami, bahwa kenari yang suaranya paling nyaring adalah yang warna putih apalagi yang putih bersih (polos) dan juga yang berwarna gereja / bond, dari kedua jenis kenari inilah yang suaranya lebih keras dan lengking jika dibandingkan dengan jenis lainnya, menururt pendapat tadi.

Tapi kita sendiri belum pernah meneliti dengan cermat apakah benar atau tidak pendapat tersebut,  apakah ada faktor penyebab yang bisa menguatkan pendapat tersebut, sehingga salah satu dari mereka bisa berpendapat demikian.

Jika memang benar, berdasarkan pengalaman, saya kebetulan pernah punya kenari berwarna putih dengan usia yang masih relative muda, namun suaranya sudah cukup lumayan, tidak kalah dengan kenari milik kawan dengan usia yang sudah cukup dewasa namun suaranya masih biasa-biasa saja, apakah benar sesuai dengan pendapat diatas. Kita tidak bisa menjamin 100% tentang kebenarannya.

Salam Damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

CARA MERAWAT POKSAY HONGKONG AGAR RAJIN BERKICAU

Blog Si Petani - Burung ini termasuk jenis burung yang beberapa tahun lalu sempat menjadi burung trend karena suaranya yang sangat khas dengan suara keras, termasuk juka jenis poksay lainnya yang sempat juga redup beberapa waktu yang lalu seperti poksay mandarin, poksay medan, poksay Sumatra, poksay jambul, dan sejenisnya, hingga akhirnya para penghobi cenderung mencari burung yang memiliki keunikan lain, seperti murai batu, kacer, jalak suren, cucak hijau, tledekan, dll, memeng burung-burung tersebut suaranya tidak sekeras poksay namun keindahan seni ocehannya bagi beberapa penggemar lebih menjadi daya tarik untuk memilikinya. Namun belakangan ini mulai banyak diperbincangkan kembali oleh sebagian penggemar burung. Semoga burung jenis ini yang dulu sempat menjadi trend akan kembali hadir dalam kancah perburungan Indonesia.

Ada beberapa jenis poksay, diantaranya poksay mantel/medan, poksay kuda, poksay sumatera, poksay genting/mandarin, poksay hongkong.

Tips perawatan harian agar Poksay rajin berkicau dan cerewet, tidak berbeda jauh dengan cara merawat burung kicauan lainnya.

  1. Pertama diawali dari cara pemilihan jenis kelamin burung karena biasanya yang rajin berkicau adalah yang jenis kelamin jantan. 
  2. Selanjutnya burung dimandikan pada pagi hari setelah sebelumnya diembunkan sejak pagi sehabis subuh, dengan cara semprot pakai spray atau jika memungkinkan berilah cepuk agar burung lebih leluasa yaitu pada sekitar jam 7 atau 8-an atau tergantung situasi atau mungkin lebih siang sedikit jika kondisi hujan 
  3. Bersihkan kandang setiap hari, ganti atau tambahkan makanan (voer), tukar buah dengan buah yang masih segar, bersihkan tempat minum dan ganti dengan air yang baru dan juga jangan lupa ganti air untuk mandi setiap pagi dan sore jika memungkinkan.
  4. Lakukan penjemuran selama 1 – 1.5 jam atau boleh lebih lama apabila kondisi matahari tidak begitu cerah, dan pada dasarnya Burung Poksay termasuk burung yang siap dan tahan dengan panas matahari, selesai dijemur lalu diangin-anginkan di teras. 
  5. Sediakan makanan pokok burung Poksay berupa voer, usahakan voer yang berkaulitas, karena pada makanan kemasan terebut terdapat kandungan vitamin, protein dan zat lain yang dibutuhkan oleh burung. dan juga buah-buahan yang cukup, buah kesukaan Poksay adalah pepaya, dan berilah makanan tambahan (EF) pada burung berupa serangga, seperti jangkrik setiap pagi dan sore masing-masing 2-3 ekor, ulat bambu cukup 1-2 ekor setiap hari. 
  6. Dan yang tidak kalah penting adalah buatlah suasana disekitar rumah diusahakan ramah terhadap burung artinya jangan sampai burung merasa tidak nyaman, terganggu dengan adanya penggangu, seperti: kucing, anjing, tikus, dan juga yang memang sengaja menggangu atau karena tidak tahu dan hanya sekedar ingin iseng, maka kalo bisa hal seperti itu diusahakan untuk dihindari demi kenyamanan burung, karena akan berpengaruh pada fisik dan psikis si burung itu sendiri dan secara tidak langsung akan mempengaruhi seni dan kualitas suara dan ocehan si burung.
Tips ini tidak mutlak harus dilakukan karena tergantung cara kebiasaan yang bisa dilakukan oleh masing-masing pemilik burung.

Demikian, semoga bermanfaat.
Salam Damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

DAFTAR HARGA BURUNG AWAL 2014

Blog Si Petani - Semakin hari semakian bertambah banyak penggemar burung, baik burung kicauan maupun jenis burung lainnya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, dari perkampungan, pedesaan hingga perkotaan dan juga mulai dari orang pengacara (pegangguran banyak acara… heheh) hingga orang kantoran pun banyak yang tergiur  dengan hobby yang satu ini, sekalipun waktunya terkadang tidak terlalu sempat ngerawat karena harus berangkat pagi dan pulang sore bahkan malam, dan sempat ngerawat hanya ketika libur saja, namun demikian tetep saja melihara burung kicauan ini, karena hanya satu alasan “Hobby”.  Bahkan sempat bertemu dengan satu penggemar burung yang baru banget tahu burung dan sempat ngobrol sedikit, ketika ditanya alasannya kenapa membeli burung, jawabannya adalah pengen hobby baru.

Bagi penggemar burung di kawasan Jakarta, banyak pasar burung di kawasan ini dengan kwalitas dan harga yang tidak terlalu berbeda jauh (khusus Jakarta), seperti harga burung di Pasar Kebayoran Lama, Pasar Pramuka, Kawasan Taman Barito (Kebayoran Baru), Pasar Cililitan, Pasar Keramat Jati, Pasar di Kwasan pasar Ciledug, dan masih banyak lagi penjual-penjual burung (toko burung) di perkampungan kawan di daerah Jakarta dan sekitarnya, yang menawarkan berbagai jenis burung dengan berbagai harga.   

Pada dasarnya kisaran harga di kawasan Jakarta seperti beberapa pasar yang disebutkan di atas tidak terlalu terpaut jauh, namun untuk akhir-akhir ini ada kecenderungan kenaikan yang lumayan signifikat karena semakin banyak peminat, diantaranya yaitu burung kenari, kacer, cucak hijau, murai batu, dan ada juga yang menurut salah satu pedagang burung yang mengatakan ada burung yang harganya lagi turun yaitu lovebird. Dan ada pula info dari berbagai sumber di internet bahwa jalak suren sedang kurang peminat, namun bukti di lapangan harga di beberapa pasar burung dan juga pemilik jalak suren tetap memasang dengan tariff yang masih stabil. 

Berikut daftar harga update per Awal 2014, men-gupdate dari daftar harga burung sebelumnya:

Anis Bambu
        100.000
-
    150.000
Anis Cendana 
        200.000
-
    300.000
Anis Kembang (tergantung kondisi)
        350.000
-
    600.000
Anis Merah (tergantung kondisi)
        350.000
-
    800.000
Beo
        500.000
-
    900.000
Betet
        -
-
    -
Blackthroat 
        500.000
-
    750.000
Branjangan 
        220.000
-
    300.000
Bubut 
          40.000
-
      70.000
Ciblek Alang-alang (bakalan – dewasa)
          65.000
-
    125.000
Ciblek Gunung (bakalan)
          30.000
-
      50.000
Ciblek Kristal (bahan – jadi)
        100.000
-
    300.000
Ciblek Sawah 
          30.000
-
    150.000
Ciblek Semi
          35.000
-
      75.000
Cililin 
        350.000
-
    550.000
Cucak Biru 
        250.000
-
    400.000
Cucak Gunung / Cucak wilis 
          50.000
-
      75.000
Cucak Hijau (bahan - jadi)
400.000
-
1.200.000
Cucak Hijau Mini
        250.000
-
    400.000
Cucak Jenggot (bakalan - sudah jadi) 
        175.000
-
    350.000
Cucak Rante / Ranti 
        200.000
-
    400.000
Cucak Rawis
          65.000
-
      90.000
Cucak Rowo
     3.000.000
-
  5.000.000
Cucak wilis 
          75.000
-
      85.000
Decu 
        100.000
-
    300.000
Gelatik Bali /pasang
        125.000
-
    150.000
Gelatik Batu (tergantung kondisi)
          75.000
-
    125.000
Gelatik Wingko 
          75.000
-
    125.000
Gereja (tergantung, terkadang ada juga yang sampai Rp 150 ribu /pasang)
           5.000
-
      10.000
Huwamei (Wambi) tergantung kondisi dan usia
        150.000
-
    250.000
Jalak Bali (info dari kawan yg pernah beli, harga anakan umur 1 bulan)
     3.500.000
-
 - 
Jalak Hongkong 
     1.200.000
-
  1.750.000
Jalak Kapas
          50.000
-
      75.000
Jalak Kebo 
          75.000
-
    250.000
Jalak Nias Dewasa 
        150.000
-
    250.000
Jalak Suren Bakalan 
        350.000
-
    400.000
Jalak Suren Dewasa 
        500.000
-
    750.000
Jalak Suren Dewasa (Gacor) 
        800.000
-
  1.300.000
Jalak Suren Malaysia 
        300.000
-
    350.000
Kacer Jabar (tergantung umur kondisi sehat)
        350.000
-
    700.000
Kacer Jabar ( hasil tangkapan (pedagang dadakan))
        150.000
-
    250.000
Kacer Jatim (tergantung umur dan kondisi fisik)
        450.000
-
    800.000
Kacer Jatim bakalan (trotol)
        300.000
-
    350.000
Kapas Tembak dewasa 
        150.000
-
    180.000
Kenari lokal (usia 3 bulanan) – betina
        230.000
-
 - 
Kenari lokal (usia 3 bulanan) – jantan
        250.000
-
    300.000
Kepodang (Bahan)
        300.000
-
    400.000
Kepodang (Dewasa dan sudah jadi)
        700.000
-
  1.300.000
Kolibri Kelapa
          30.000
-
    100.000
Kolibri Ninja
          75.000
-
    200.000
Kopi kopi
          80.000
-
    100.000
Kutilang 
          25.000
-
      50.000
Kutilang Emas / Sutera 
          45.000
-
      70.000
Lovebird Dewasa Kacamata 
        500.000
-
    900.000
Lovebird Dewasa non klep (tergantung warna)
        350.000
-
    500.000
Manyar
          20.000
-
      30.000
Murai Air
        150.000
-
    250.000
Murai Batu Aceh Dewasa
     1.200.000
-
  1.800.000
Murai Batu Jambi/Borneo - masih muda (sekarang mulai naik harga)
        500.000
-
    600.000
Murai Batu Lampung Bakalan (tangkapan hutan)
        500.000
-
    550.000
Murai Batu Medan Asli – Dewasa tangkapan Hutan
     800.000
-
  1.000.000
Murai Batu Medan Asli – dewasa (Penangkaran)
     1.500.000
-
  2.500.000
Murai Batu Nias 
        450.000
-
    600.000
Murai Laut 
        150.000
-
    200.000
Parkit Sepasang (siap ditangkarkan) dan tergantung warna
        100.000
-
    150.000
Pentet/Plentet/Cendet 
        150.000
-
    400.000
Perkutut Bangkok
Nego
-
    Nego
Perkutut lokal katuranggan (belum gacor)
          50.000
-
      70.000
Perkutut lokal katuranggan (gacor)
 Nego 
-

Perkutut Mutiara
          50.000
-
      70.000
Platuk
          70.000
-
    150.000
Pleci buxtoni lokal 
          20.000
-
      25.000
Pleci dada abu mata putih jatim ombyokan 
          45.000
-
      50.000
Pleci dada kuning jatim (sudah ngeroll)
        100.000
-
    200.000
Pleci kuning lokal ombyokan 
          10.000
-
      20.000
Pleci kuning mata putih body besar 
          25.000
-
      65.000
Poksay Mandarin (tergantung usia fisik)
        100.000
-
    250.000
Poksay Hongkong (tergantung usia)
        600.000
-
    1.500.000
Prenjak 
          30.000
-
      80.000
Puter /per pasang
          60.000
-
    130.000
Robin Pancawarna 
        350.000
-
    750.000
Sanger 
        600.000
-
  1.000.000
Serindit 
          80.000
-
    150.000
Sikatan
          40.000
-
      60.000
Siri-siri
        75.000
-
    200.000
Sri Gunting / Siring Gunting
        150.000
-
    200.000
Srigunting Kantil
        250.000
-
    450.000
Tekukur 
          15.000
-
      30.000
Tekukur Kuk 2, 3
 Nego 
-

Tengkek 
          40.000
-
      60.000
Tledekan Gunung 
        150.000
-
    200.000
Tledekan Laut / Selendang Biru
        100.000
-
    200.000
Trucukan (bahan)
          20.000
-
      50.000
Trucukan (sudah jadi dan gacor)
        100.000
-
    300.000
Walet /pasang
        100.000
-
    125.000

Demikian dan semoga bermanfaat,

Jika terdapat kesalahan mohon dikoreksi.
Salam Damai9
BACA SELENGKAPNYA ...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...