CARA MERAWAT BURUNG SAMYONG AGAR CEPAT BERBUNYI/BERKICAU DAN GACOR

damaiKondisi di lapangan baik di pasar burung maupun di tempat-tempat pemilik burung di rumahan hanya orang tertantu yang memiliki burung Samyong, sehingga jarang kita temukan sebagaimana burung ciclilin yang hanya beberapa gelintir saja yang terkadang kita lihat yang dimiliki oleh perorangan. Berbeda dengan kenari yang hampir setiap pemilik burung bisa dibilang 90% biasanya punya kenari. Sepintas kita lihat burung samyong hampir mirip dengan  burung kutilang sutra, namun perbedaan harganya relative terpikat jauh. Yang menjadi pertanyaan, mengapa samyong bisa semahal itu ? pada kondisi umur masih muda harga pasaran sekitar 900 ribuan, dengan resiko perawatan yang lebih sulit jika dibandingkan dengan burung jenis lainnya. Oleh karena itu tidak terlalu mudah jika pemiliknya adalah seorang yang harus bekerja berangkat pagi pulang sore, karena biasanya secara otomatis perawatannyapun kurang maksimal. Namun jika kita orang yang bisa dan sempat merawatnya sepanjang hari maka faktor keberhasilan dalam merawatnya bisa dijamin.

Dalam merawat Samyong ada beberapa cara dan tips yang bisa dilakukan agar burung bisa cepat bunyi dan rajin berkicau:

1.     Selayaknya burung yang lain, pada pagi hari setelah subuh keluarkan burung untuk diembunkan
2.     Pada jam 7.30 – 8.00 mandikan burung dengan disemprot pakai spray atau bisa juga dengan keramba mandi
3.     Setelah dimandikan, setelah beberapa saat kemudian jemur burung dijemur selamat + 25 menit saja, atau tergantung kondisi matahri
4.     Bersihkan kandang, ganti atau tambahkan voer (jika burung sudah ngevoer), serta ganti air minum dengan yang baru dengan kondisi air matang atau air mineral
5.     Berikan Extra Food berupa jangkrik 3-5 ekor, dan juga buah-buahan, bisa divariasikan tiap hari antara pisang, papaya, bisa juga apel
6.     Pada sore hari berikan juga jangkrik 3-4 ekor, dan bisa juga ditambahkan kroto utuk cadangan
7.     Agar lebih bervariasi kicauannya, master dengan kicauan burung lainnya sesuai yang kita inginkan.

Kembali kami tegaskan “Faktor umur termasuk salah satu pengaruh pada rajin atau tidaknya burung, semakin tua usia burung seharusnya semakin gacor burung tersebut, dengan perawatan yang sesuai”

Demikian dan semoga bermanfaat

Salam damai9  
BACA SELENGKAPNYA ...

UNSUR JENUH DAN SEDIKIT RASA PUTUS ASA SAAT MERAWAT BURUNG YANG TAK KUNJUNG BERKICAU

damaiMungkin ada sebagian diantara kita yang pernah mengalamni kisah serupa yang juga pernah kami alami ketika merawat burung yang kita beli dan kita miliki tidak kunjung berbunyi, apalagi ketika membeli burung tersebut dengan harga yang lumayan merogoh kantong, membuka dompet dan harus menggesek di ATM… heheheheh… “padahal ATM ga ada isinya…. J

Masih untung pada saat mengeluarkan lembaran untuk membeli burung tersebut dengan uang yang memang sudah dialokasikan untuk keperluan lain-lain dalam arti bukan dana yang dialokasikan untuk keperluan setiap hari. Namun sekalipun demikian terkadang masih ada rasa kecewa dan sedih saat mengingat kejadian pada saat membelinya apalagi jika burung tersebut susah untuk dijual kembali dan bukan termasuk salah satu burung yang diunggulkan.

Ok, sekarang kita telaah sedikit,

1.     Hendaknya pada saat kita membeli burung haruslah tahu dan faham akan resiko yang akan kita alami seandainya terjadi hal yang kurang menggembirakan, seperti misalnya burung tidak berbunyi, salah jenis kelamin, kondisi burung yang tidak sehat, salah presepsi species burung dan lain-lainnya, yang semua itu disebabkan karena kefahaman kita tentang burung yang belum maksimal.  
2.     Hendaknya jangan membeli burung lain, selain burung yang menjadi target yang akan kita beli, hanya kerena burung yang kita cari ternyata tidak ada dimana tempat kita akan membeli burung tersebut, kemudian karena kita melihat burung lain yang lebih indah sementara sebenarnya kita belum faham bagaimana cara perawatan dan seluk-beluk tentang burung tersebut yang akhirnya setelah kita beli ternyata memang benar-benar menjenuhkan dalam perawatannya. Boleh saja untuk experiment membeli burung bukan sesuai target namun jangan yang harganya mahal, contohnya: target kita ingin membeli Robin, namun karena tidak ada kemudian kita melihat burung aneh yang kita tidak kenal bahkan si penjualnya juga belum begitu faham buurng tersebut, lalu kita beli dengan harga 20 ribu, tidak apa-apa hal semacam itu kita lakukan daripada sepulang dari pasar burung sama sekali tidak membawa kantong semen… heheheh…
3.     Jangan langsung percaya kepada pengiklan yang menjual burung miliknya yang katanya, sudah gacor, mantab dan sebagainya, tanpa kita melihat dan patau dengan jelas.   
4.     Pastikan kita faham atas burung yang akan kita beli, minimal sudah mendapatkan info dari beberapa sumber baik dari kawan, dari toko burung terdekat ataupun dari berbagai sumber di internet yang memang sudah menjelaskan perihal burung dimaksud.

Jika memang sudah terlanjur, maka hanya satu kata “Enjoy with This”, artinya tinggal kita nikmati saja, jika memang tidak bisa kita nikmati dari kemerduan suaranya, pasti ada sisi lain yang bisa menghibur kita, seperti keindahan warna bulu-bulunya, kelincahan gerakannya atau keunikan lainnya, namun apabila itupun masih juga menjenuhkan maka, jika masih memungkinkan dan diperbolehkan bisa ditukar tambahkan kepada penjual asalnya atau bisa juga ditukar dengan sesama kawan kicau mania dengan catatan harus ceritakan dan sampaikan apa yang sebenarnya terjadi (JUJUR), NO TIPU-TIPU ! sekalipun sedikit rugi agar jangan sampai ada kekecewaan antara sesama kawan penghobi burung.

Demikian semoga bermanfaat.
Salam damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

CARA MUDAH MEMBEDAKAN SERINDIT JANTAN DAN BETINA

damaiAda bebera artikel yang membahas tentang burung Serindit. Sebagaimana yang pernah diutarakan pada artikel sebelumnya perihal prospek burung serindit yang akan menjadi salah satu dari burung yang difavoritkan sebagaimana yang bisa dibaca disini.

Pada saat ini memang belum begitu membahahana namun dalam jangka kedepan tidak menutup kemungkinan akan menjadi salah satu burung trend, dengan catatan jangan sampai seperti kawan paurh bengkok yang hamper serupa yaitu Love Bird yang memang untuk saat ini sedang terjun bebas alias harganya yang sangat jatuh, sebelum pada saat booming kisaran harganya 800 – 1 jutaan untuk jenis burung yang tidak terlalu diunggulkan, namun untuk saat ini dalam kondisi yang sama harnya sekitar 200 - 250 ribuan. Tetapi tidak menutup kemungkinan pada masa mendatang bisa meroket lagi.

Berbeda dengan lovebird, harga serindit relative murah dan ketika sempat survey ke pasar Burung di Kebayoran Lama harga serindit berumur sedang sekitar 75 – 100 ribuan.

Terlepas persoalan diatas, perihal burung serindit yang banyak diberitakan di media perburungan yang kemungkinan akan menjadi salah satu burung yang dijagokan, untuk itu perlu diperhatikan bagaiman cara membedakan jenis kelamin jantan dan betinanya. Sangat simple sekali cara membedakannya yaitu, untuk Jantan pada kepala bagian atas terdapat warna biru tua sebagaiman tampak pada gambar diatas, sedangkan betina berwarna hijau seperti warna hijau lainnya dan jantan pada bagian dada sebelah atas terdapat warna merah agak bulat dan yang betina berwarna kuning semu.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:


Demikian dan semoga bermanfaat

Salam damai9 
BACA SELENGKAPNYA ...

CARA MERAWAT EXTRA FOODING (JANGKRIK) YANG AMAN, MUDAH, MURAH DAN SIMPEL

damai9 - Hal yang satu ini dibilang penting tapi tidak penting banget, namun jika dibilang tidak penting, tapi lumayan penting juga.

Sepintas ketika melihat gambar ini sebagai kicau mania pasti tersirat di benak kita adalah jangkrik, iya benar, tetapi bukan masalah jangkriknya yang akan kita sampaikan pada artikel ini namun lebih cenderung kemanfaatan tempat extra food yang satu ini.

Mungkin diantara kita pernah mengalami sedikit rasa kesal ketika akan memberi makan berupa jangkrik kepada burung peliharaan kita yang kita miliki setelah membuka tempat jangkrik ternyata tidak ada isinya, bukan karena habis diberikan ke burung namun dikarenakan kandang yang bolong karena digerogoti oleh si jangkrik itu sendiri sehingga dengan leluasa jangkrik bisa keluar tanpa sepengetahuan kita, padaha kandang sudah sedemikian rupa dibentuk dan ditutupi dengan berbagai macam cara untuk menutupu bekas lubang-lubang yang ada namun jangkrik tetap saja mencarai celah lain untuk berusaha kabur dari kandangnya tersebut.

Ada solusi dari bebera pengalaman yang pernah kami lihat dan juga sudah kita terapkan diantaranya :

1.     Membuat wadah jangkrik dari toples bekas makanan ringan seperti pada gambar dibawah ini dengan berbagai kemanfatannya antara lain; yang pasti lebih irit, jangkrik kecil tidak bisa kabur, tempat lebih simple dengan cara pembuatan yang sangat mudah dan cepat.    





2.     Bisa juga dengan menggunakan kaleng bekas cat tembok, seperti gambar dibawah:




  
3.     Atau bisa juga membuat tempat jangkrik dengan ember berukuran sedang dengan tinggi sekiutar 30cm lalu digantung dengan catelan, pada ukuran ini sekalipun tidak ditutup jangkrik tidak akan lompat, yang pernah dilakukan oleh seorang kawan namun maaf gambar belum sempat kami ambil.

Dan tentunya masih banyak lagi cara yang lain yang pada intinya bagaimana caranya aga dalam kita menyimpak jangkrik lebih aman dan lebih mudah pada saat kita akan mebrikannya pada peliharaan kesayangan kita.

Demikian dan semoga bermanfaat
Salam damai9 
BACA SELENGKAPNYA ...

INDAHNYA KEBERSAMAAN DALAM MERAWAT BURUNG OLEH SUAMI ISTRI

Jalak Suren (ils.)
damaiPenghobi burung (kicau mania) biasanya lebih ditekuni oleh kalangan kaum Adam (orang laki-laki) saja karena sangat jarang kaum hawa yang menekuni bidang ini sekalipun pada dasarnya kaum hawa pun juga ikut menikmati indahnya alunan suara kicauan burung yang dimiliki oleh kaum laki-laki dalam keluarganya, baik oleh si istri jika yang memiliki burung adalah suaminya, oleh ibunya jika yang memelihara burung adalah anaknya, oleh adik perempuannya jika yang merawat burung adalah Abangnya, atau bahkan tetangganyapun ikut merasakan dan menikmati kemerduan suaranya.

Diantara ribuan bahkan jutaan kicau mania yang sudah berkeluarga yang mungkin memiliki cerita yang sama yaitu istri cenderung kurang setuju dengan hobby yang ditekuni oleh suaminya, memang betul, karena terkadang urusan keluarga jadi terbengkalai gara-gara selalu buruuuuuung saja yang diurusin, anak jadi kurang diperhatikan, pekerjaan rumah jadi terabaikan, bahkan ada hal lain yang lebih dari semua itu…

Namun dibalik itu semua ada kisah pengalaman indah yang terjadi di sebuah keluarga (suami + istri) yang ternyata keduanya sama-sama menyukai burung dan penghobi burung, sebut saja Bang Ajay beserta istrinya yang tinggal di kawasan belakang Ragunan yang dalam kesehariannya diantara keduanya saling membantu dalam merawat burung-burung milik mereka, sebagaimana ketika pada saat kami berkunjung ke rumah beliau memang benar apa yang terjadi, sebagai satu contoh jalak suren milik bang Ajay yang mereka rawat sejak masih lolohan (menurut pengakuan suami istri yang sudah memiliki 1 anak ini) hingga menjadi burung yang gacor, jinak, sebagaimana jalak suren yang sama-sama kita tahu jikalau sudah jinak dan gacor begitulah kondisinya, itu adalah rawatan mereka berdua, sampai-sampai si istri melarang burung jalak surennya tidak boleh dijual dan memang dengan istri Bang Ajay, jalak suren ini bisa diibaratkan bagaikan teman bermain dan sudah bukan seperti hewan peliharaan lagi karena sangking akrabnya interaksi antar keduanya dan ada rasa imbal balik yang terjadi diantara keduanya menjadi hubungan yang saling menguntungkan. Begitu juga dengan burung-burung lainnya yang mereka miliki juga dirawat bersama-sama.

Terlepas dari itu, jika memang kondisi di rumah kita tidak seperti sebagaimana yang terjadi pada kisah diatas yang mengakibatkan kemungkinan kecenderungan istri kurang setuju dengan hobby yang kita tekuni, maka sekalipun kita tetap masih kekeuh dengan pendirian pada hobby kita selayaknya kita juga jangan sampai mengenyampingkan kewajiban-kewajiban yang lebih utama yang harus kita dahulukan.

Demikian sedikit kisah singkat kebersamaan yang patut kita teladani.

Semoga bermanfaat,
Salam damai9 
BACA SELENGKAPNYA ...

“SEGARA BANTEN” JULUKAN KENARI MILIK YANTO YANG SIAP TANDING

damaiSeperti biasa rutinitas tahunan yang biasa dilakukan setelah melaksanakan puasa selama sebulan di bulan Romadhon adalah merayakan Idul Fitri, namun yang dimaksud rutinitas tahunan disini adalah pulang kampung (mudik) bagi pendatang yang bukan penduduk asli dimana aktifikas keseharian tempat tinggalnya. Diantara salah satunya adalah tetangga sebelah rumah, sebut saja namanya Mas Yanto yang juga mudik ke Anyer, Banten, dibilang mudik karena kebetulan rumahnya Anyer sementara aktifitas kesehariannya adalah Jakarta.

Terlepas dari persoalan mudik, Mas Yanto sengaja mencari kesempatan pada saat mudik dengan mencari “intan” yang berharga yaitu seekor kenari yang belum terjamah oleh tangan seorang penghobi yang ahli dalam hal burung, setelah tahu bahwa yang dia dapat adalah kenari bagus, maka sedemikian rupa oleh si Yanto dibentuk hingga menjadi seekor kenari yang sangat berkualitas dan karena memang pada awalnya sudah diketahui bahwa kenari yang akan dia beli adalah ciri kenari yang memiliki prospek bagus dan berkualitas, dengan mahar yang relatif murah yang diserahkan kepada si pemilik sebelumnya. Itulah faktor keberuntungan.



Berkat keahlian yang dimilikinya dan faktor keberuntungan yang berpihak pada Yanto, dibawalah kenari Hijau Bond tersebut ke Jakarta dengan memasukkan dalam selongsong yang didalamnya dimasukkan buah ketimun sebagai cadangan makanan selama perjalanan. Dan ternyata memang benar adanya, sesampai di Jakarta dengan jedah waktu yang tidak terlalu lama setelah kenari dimasukkan dalam kandang, terdengarlah suara yang keluar dari mulut manis si kenari dengan suara klekeran yang panjang, kriwikan keras, ciapan tembus, wuuuuiiiih… pokoknya mantap dah… ! terlebih didekatkan dengan ciblek miliknya yang sekarang juga sudah gacor, maka tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat akan menjadi kenari yang siap ditandingkan.


Hari demi hari, minggu berganti minggu, tidak sabar Mas Yanto ingin mencoba medampingkan “Segara Banten” dengan milik tetangganya dan ternyata benar, menurut pengakuan dia setelah disandingkan (ditrek) dengan kenari lain yang boleh dibilang sudah bagus, ternyata kualitasnya masih dibawah Segara Banten milik Yanto.

Demikian sekilas kisah Segara Banten yang memiliki arti Lautan Banten, burung kenari asal daerah ini yang ternyata memang sangat berkualitas.
Salam damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

DIJUAL KANDANG SECOND, BEKAS KACER MURAH MERIAH RP 100 RIBU SAJA

damai9 - Dijual kandang burung kondisi second sudah di cat hitam, ukuran (p 40 x l 35 x t 65) barang sesuai di gambar, buatan sendiri, bahan kayu, lidi bambu tua dan halus, fisik kekar, mantab, bekas Kacer, dan cocok untuk burung Jalak Suren, Pentet, Cucak ijo, Cucak Jenggot, Kenari juga bisa, dll. 

Jual murah Rp 100 ribu saja, berminat hub: 0878 8088 2672 - siapa cepat dapat, sms insya Allah ditanggapi dengan senang hati, jika ga dibalas berarti pulsa habis... ;)  

SUDAH LAKU...!



Terima kasih,
Salam damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

DIJUAL BURUNG CUCAK IJO MINI, PENTET, PUTER PUTIH (BISA BORONGAN)

damai- Pengen jual-jualin burung nih:

  1. Cucak Ijo Mini (Gacor, sehat, jantan, dewasa, jinak, tidak ngevoer, ngasih makan jangkrik dari tangan masuk kandang) Rp 420 rb nego dikit 
  2. Pentet Jawa Tengah (Gacor, jinak, sehat, lumayan dewasa, jantan, voer total, ngasih pakan jangkrik dari tangan masuk kandang) Rp 260 rb nego dikit 

  3. Puter Putih (Rajin manggung, jantan, sehat, siap kawin, jinak) Rp 75 rb saja 

Kalo diborong semuanya Rp 625 ribu aja, berminat, silahkan hubungi di : 0878 8088 2672 (Syukur) boleh juga sms, Insya Allah kami tanggapi dengan senang hati (jika tidak dibalas berarti kehabisan pulsa… J).
BACA SELENGKAPNYA ...

KISAH BURUNG CILILIN YANG BERNASIB KURANG BERUNTUNG

damai9 - Burung Cililin, Sebagaimana pendapat orang tentang Burung Cililin, yang menurut pendapat mereka bahwa burung ini adalah burung yang mudah stress dan gampang mati seperti pada artikel yang pernah saya sampaikan sebelumnya yang bisa dibaca disini 


Konon burung Cililin adalah burung yang diperuntukkan untuk isian murai batu karena suaranya yang khas, namun demikian apabila suara Cililin berhasil terrekan oleh murai batu maka akan menjadikan murai yang memiliki keunikan suara tersendiri dan jika diperlombakan bisa meningkatkan rating nilai yang lebih unggul jika dibandingkan murai yang tidak memiliki isian suara Cililin. Untuk mendengarkan suara Cililin silahkan bisa di download disini.

Kendati demikian, sekalipun lebih diarahkan sebagai burung isian, namun harganya relatif mahal karena di berbagai pasar burung dan pemilik burung cililin itu sendiri ketika ditanya harga bahan saja sudah lumayan sekitar 700-800 ribuan, apalagi jika sudah rajin yang juga sempat kita tanyakan kepada salah satu pemilik Cililin harganya sekitar 2 jutaan, dengan resiko rentan stress dan juga dengan perawatan yang harus lebih extra sekalipun secara garis besar burung ini adalah untuk isian. 

Namun demikian tergantung kita, jika memang kita sanggup silahkan berusaha untuk mencoba untuk memiliki dan merawatnya namun jika ragu lebih baik jika kita ingin memiliki burung mending yang kira2 resiko perawatannya lebih ringan, kaena sangat disayangkan apabila merawata Cililin namun nasibnya seperti yang tampak pada gambar pada artikel ini, namun semua kembali pada pendapat anda masing-masing.




Demikian dan semoga bermanfaat.
Salam damai9 

   
BACA SELENGKAPNYA ...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...