CARA MEMBEDAKAN KOLIBRI JANTAN DAN BETINA

damai– Sebenarnya bukan merupakan artikel yang asing tentang bagaimana cara membedakan jenis kelamin kolibir jantan dan betinanya, apalagi bagi kicaua mania yang memang sudah berpengalaman yang bisa di bilang sudah senior dalam hal perburungan, namun tidak ada salahnya artikel ini kami muat barangkali ada pembaca yang baru mencoba berkecimpung di bidang burung.

Mengingat pengalaman ketika mencoba menelusuri beberapa pasar burung di dearah Jakarta, terkadang kita temukan pedagang dadakan yang menjual burung dalam tempat kantong semen, dengan tiba-tiba langsung mengobral dagangannya tersebut kepada para pengunjung dengan target para pemula ataupun penghobi burung yang belum terlalu faham tentang burung terutama burung kolibri dan banyak sering yang kami lihat yang sering diobral adalah yang jenis kelamin betina, karena secara sepintaspun terlihat warnanya.

Sebenarnya sangat simple dalam membedakan jenis kelamin burung kolibri antara jantan dan betinanya.

Sebagaimana tampak di gambar, untuk yang jantan, kepala berwarna hitam keunguan dan pada bagian punggung sebelah atas berwarna pelangi dan sangat mengkilat yaitu terdapat warna biru tua, hijau, ungu dan juga sedikit bayang merah sedangkan yang betina hanya berwarna kuning saja seperti sebagaimana warna burung pleci atau kacamata.

Demikian sedikit info tentang perbedaan jenis kelamin burung kolibri jantan dan betina.

Semoga bermanfaat
Salam damai9

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:

BACA SELENGKAPNYA ...

TIDAK HANYA JENIS LOKAL, KENARI UNGGULAN PUN TURUN HARGA

damai Kendati akhir-akhir ini untuk beberapa jenis burung tetap dalam posisi harga yang masih stabil, seperti Kacer, Jalak Suren, Cucak Ijo, Cucak Rowo dan beberapa burung lainnya dan bahkan ada juga burung jenis lain yang justru harganya semakin melambung seperti Murai Batu, wa bil khusus Murai Batu yang nota bene berasal dari daerah Medan atau yang kita lebih sering kenal dengan sebutan Murai batu Medan, dan burung Pentet / Cendet / Plentet yang menurut beberapa sumber sedang naik harga di daerah Jawa Tengah. Namun demikian tidak bisa dipungkiri lagi, Kenari juga sedang terjun bebas, tidak terkecuali kenari yang jenis-jenis di atas lokal. Jika kenari lokal saat ini harga anakan bahan umur sekitar 3 bulanan antara Rp 100 – Rp 150 ribu tentunya tergantung kondisi. 

Dan pada saat ini lebih extreme lagi adalah harga kenari dengan kualitas di atas lokal, seperti AF, F1, dan sejenisnya yang harganya sangatlah murah, apakah karena salah memasukkan angka ketika pasang iklan ataukah memang benar adanya, dan itupun masih bisa dinego sebagaimana yang tampak pada gambar yang sempat kami klip dari salah satu sebuah web iklan yang sudah sangat terkenal di Indonesia link berikut : 
http://www.olx.co.id/iklan/kenari-af-3-bln-77024993.html#pn_ce2fb738268e68703d823623eeb709b1 



Fenomena seperti ini memang kerap terjadi dikala sangat mudahnya membudidayakan atau beternak burung yang memang sangat mudah dikembangbiakkan sebagaimana burung love bird yang juga hingga saat ini kondisi love bird yang sudah gacor saja hanya dibandrol sekitar Rp 250 ribu dan itupun plus kandang, padahal ketika pada musim love bird sedang jaya-jayanya, anakan love bird usia 2 bulanan saja harganya bisa mencapai Rp 600 ribu bahkan lebih untuk jenis tertentu, apalagi jika sudah dewasan dan gacor. 

Demikian juga hal itu yang sekarag terjadi pada burung Kenari, baik kenari lokal, AF, Silangan AF, F1, silangan F1 dan lain-lainnya, sangking mudahnya menernak kenari akhirnya para kicau mania pun berlomba-lomba untuk menernakkan dan ketika berhasil secara otomatis jumlah burung kenari pun semakin banyak.

Logikanya, yang hanya punya sepasang burung Kenari saja bisa menernakkan dan secara otomatis yang tadinya hanya punya 2 ekor bisa menjadi 6 ekor dari anakan 4 ekor, artinya untuk apa beli di pasar jika beternak sendiri saja bisa. Sementara di pasaran anakan kenari hasil ternakan para pengusaha ternak burung (Breeder) juga menggelontorkan burung hasil ternakannya tersebut dan secara otomatis juga semakin membludaklah stock kenari anakan di pasaran, dan itulah menurut pendapat para kicau mania yang mengakibatkan harga kenari anjlok termasuk juga kenari jenis unggulan sekalipun.

Demikian dan semoga bermanfaat.
Salam damai9

BACA ARTIKEL LAIN TENTANG KENARI:


    
BACA SELENGKAPNYA ...

HARGA CIBLEK SEMI YANG LEBIH MAHAL DARI CIBLEK KRISTAL

damai– Khusus untuk yang satu ini berbeda dengan kebiasaan yang sering terjadi di kalangan perburungan kita pada umumnya, khususnya untuk Ciblek Mania, dimana pemilik ciblek Kristal dengan kondisi yang sudah gacor yang kebanyakan banyak orang yang mencarinya, namun justru ketika ada kicau mania yang memiliki ciblek semi dengan model burung sebagaimana yang tampak seperti di gambar ini, yang empunyanya adalah pemain Ciblek dari Bekasi, justru pemilik Ciblek Kristal ngajak barter dengan pemilik ciblek semi dan pemilik Ciblek Kristal yang nambahin, apakah ga terbalik ini ? …. heheheh. nah itulah yang namanya hobby, tidak bisa diukur dengan batasan-batasan tertentu, sekali senang tetap senang.

Nah, yang jadi pertanyaan kita adalah, seperti apa sih kondisi Ciblek Semi ini sehingga pemilik Ciblek Kristal berkeinginan memilikinya sekalipun dengan memberikan tambahan ? Atau apakah sekarang memang kondisi akhir-akhir ini demikian apa ada alasan lain ?

Menurut info dari seorang kawan yang menceritakan pengalaman ini, sebenarnya kondisinya biasa-biasa saja, performa dari kedua Ciblek yang berbeda species ini juga tidak berbeda jauh, dengan variasi ocehan juga sama-sama memiliki kualitas, namun begitulah kondisinya, yang terjadi di lapangan. Kembali lagi bahwa yang namanya hobby tidak bisa kita ukur dengan batasan-batasan tertentu bahkan dengan harga sekalipun.

Demikian sekilas info dan semoga bermanfaat
Salam damai9

LAINNYA TENTANG CIBLEK : 
BACA SELENGKAPNYA ...

KENARI MACET BUNYI AKIBAT KANDANG / SANGKARNYA JATUH

damai Beberapa penyebab kenari macet bunyi sebagaimana pada artikel sebelumnya yang juga bisa dibaca di sini, menjelaskan akibat-akibat yang timbul yang menyebabkan kenari berhenti bunyi, tetapi untuk kali ini diluar prediksi akibat kurang hati-hati (teledor) saat menggantungkan sangkar yang berisi burung kenari pada tempat yang kurang pas.

Kisah pribadi yang coba saya share untuk para pembaca blog ini yang mungkin juga memiliki burung Kenari di rumahnya dan juga barangkali pernah mengalami hal yang sama, tetapi apabila belum terjadi hendaklah berhati-hati ketika meletakkan sangkar pada gantungan yang semestinya, dan amati lebih jelas untuk meyakinkan bahwa sangkar sudah kita letakkan pada tempat yang sesuai.

Memang kejadian seperti yang pernah saya alami ini terkesan sepele, namun ternayata sangat berimbas dan memberi efek buruk kepada burung kenari yang saya miliki , dari semula kenari  yang biasanya rajin bunyi dan sering ngerol dan bisa dibilang gacor, namun karena kurang berhati-hati mencantelkan pada gantungan yang memang sudah di design sedemikian rupa sebagaimana cantelan burung pada umumnya dan akibat karena kurang teliti dan sempat terjadi goyangan pada kandang kenari yang sudah digantung disertai dengan tiupan angin yang lumayan kencang, akhirnya kandang/sangkar berisi burung kenari terjatuh.


Akibat dari kejadian itu, sekitar 3 minggu yang lalu hingga sekarang kenari cuman ngeriwik-ngeriwik biasa sebagaimana kenari-kenari bahan lainnya. Maka dari itu sekali lagi kami sarankan, pastikan bahwa sangkar yang kita gantung sudah pada posisi yang tepat. “Untungnya cuman burung kenari yang boleh dibilang tidak terlalu mahal, coba kalo burung lain yang lebih mahal… kan sayang ! heheheh….”

Semoga bermanfaat
Salam damai9 

BACA ARTIKEL LAIN TENTANG KENARI:
BACA SELENGKAPNYA ...

PREDIKSI KISARAN HARGA BURUNG DI AKHIR TAHUN 2014 DAN MENJELANG AWAL TAHUN 2015

damai– Pada dasarnya kisaran harga di kawasan Jakarta dan sektarnya sebagaimana di artikel terdahulu yang juga bisa dibaca di sini, tidak terlalu terpaut jauh, namun untuk akhir-akhir ini ada kecenderungan kenaikan karena semakin banyak peminat sementara di pasaran lumayan susah di dapat dengan kualitas yang lumayan, diantaranya yaitu burung kacer, cucak hijau, murai batu, dan ada juga yang lagi turun harga seperti Kenari dan Lovebird, kecenderungan kedua jenis ini turun harga menurut beberapa pendapat dari kicau mania karena mudahnya dikembangbiakkan sehingga di pasar banyak stock di masing-masing penjual dan secara otomatis harga bersaing hingga mengakibatkan sebagian pedagang banting harga.

Dan berikut prediksi harga burung di akhir 2014 dan menjelang awal tahun 2015, men-gupdate dari daftar harga burung sebelumnya:

Anis Bambu                                                               100.000     -       150.000
Anis Cendana                                                            200.000     -       300.000
Anis Kembang (tergantung kondisi)                          350.000     -       600.000
Anis Merah (tergantung kondisi)                               700.000     -       900.000
Beo                                                                             700.000     -       900.000
Betet                                                                                            -
Blackthroat                                                                600.000     -       850.000
Branjangan (bakalan)                                                 100.000     -       200.000
Bubut                                                                           40.000     -         70.000
Ciblek Alang-alang (bakalan – dewasa)                      50.000     -       125.000
Ciblek Gunung (bakalan)                                             30.000     -         50.000
Ciblek Kristal (bahan semi ngevoer)                          200.000     -       300.000
Ciblek Kristal (jadi)                                                   400.000     -       600.000
Ciblek Sawah                                                               30.000     -       150.000
Ciblek Semi (bahan)                                                     35.000     -         50.000
Ciblek Semi (jadi dan sudah ngevoer)                       150.000     -       250.000
Cililin                                                                         350.000     -       550.000
Cucak Biru                                                                 250.000     -       400.000
Cucak Gunung / Cucak wilis                                       50.000     -         75.000
Cucak Ijo (bahan - jadi)                                             450.000     -   1.200.000
Cucak Ijo Mini                                                           250.000     -       400.000
Cucak Jenggot (bakalan - sudah jadi)                        175.000     -       350.000
Cucak Rante / Ranti                                                   200.000     -       400.000
Cucak Rawis                                                                65.000     -         90.000
Cucak Rowo                                                           3.000.000     -     5.000.000
Cucak wilis                                                                  75.000     -         85.000
Decu                                                                           100.000     -       300.000
Gelatik Bali /pasang                                                   125.000     -       150.000
Gelatik Batu (tergantung kondisi)                               85.000     -       125.000
Gelatik Wingko                                                            75.000     -       125.000
Gereja (ada yg sampai 150 rb /psg)                              5.000      -         10.000
Huwamei (Wambi) tergantung kondisi dan usia                   -     -                  -
Jalak Bali (kawan pernah beli anakan 1 bln)         3.500.000      -                  - 
Jalak Hongkong                                                      1.200.000     -     1.750.000
Jalak Kapas                                                                  50.000     -         75.000
Jalak Kebo (bahan – jadi)                                            75.000     -       250.000
Jalak Nias Dewasa                                                     150.000     -       250.000
Jalak Suren Jawa Bakalan (loloh)                              350.000     -       400.000
Jalak Suren Jawa Bakalan (Voer basah)                    500.000     -       650.000
Jalak Suren Jawa Dewasa (Gacor)                             800.000     -     1.300.000
Jalak Suren Malaysia                                                  300.000     -       350.000
Kacer Jabar (tergantung umur, kondisi)                     350.000     -       700.000
Kacer Jabar tangkapan (pedagang dadakan)             150.000     -       250.000
Kacer Jatim (tergantung umur dan kondisi)              450.000     -       800.000
Kacer Jatim bakalan (trotol)                                       450.000     -       550.000
Kapas Tembak dewasa                                              150.000     -       180.000
Kenari lokal (usia 3 bulanan) – betina                        130.000     -    - 
Kenari lokal (usia 3 bulanan) – jantan                        130.000     -       200.000
Kenari AF (usia 3 bulanan)                                        300.000     -       350.000
Kenari F1                                                                1.000.000     -                  -
Kepodang (Bahan)                                                     300.000     -       400.000
Kepodang (Dewasa dan sudah jadi)                          600.000     -       800.000
Kolibri Kelapa                                                              30.000     -       100.000
Kolibri Ninja                                                              200.000     -       400.000
Kopi kopi                                                                     80.000     -       100.000
Kutilang                                                                       25.000     -         50.000
Kutilang Emas / Sutera                                                45.000     -         70.000
Lovebird Dewasa Kacamata                                      250.000     -       300.000
Manyar                                                                         20.000     -         30.000
Murai Air                                                                   150.000     -       250.000
Murai Batu Aceh Dewasa                                       1.200.000     -     1.800.000
Murai Batu Jambi/Borneo - muda                              500.000     -       700.000
Murai Batu Lampung Bakalan (tgkpn hutan)           850.000     -   1. 550.000
Murai Batu Medan, tangkapan hutan                     1.500.000     -     2.000.000
Murai Batu Medan, dewasa SV, penangkaran       2.000.000     -     2.500.000
Murai Batu Medan, dewasa, voer                          2.500.000     -     3.000.000
Murai Batu Nias                                                     1. 350.000     -     1.600.000
Murai Laut                                                                 150.000     -       200.000
Parkit Sepasang (siapan) tergantung warna               100.000     -       150.000
Pentet/Plentet/Cendet                                                150.000     -       400.000
Perkutut Bangkok                                                           Nego    -       Nego
Perkutut lokal katuranggan (belum gacor)                   50.000     -         70.000
Perkutut lokal katuranggan (gacor)                                Nego     -  
Perkutut Mutiara                                                          50.000     -         70.000
Platuk                                                                           70.000     -       150.000
Pleci buxtoni lokal                                                       20.000     -         25.000
Pleci dada abu mata putih jatim ombyokan                45.000     -         50.000
Pleci dada kuning jatim (sudah ngeroll)                    100.000     -       200.000
Pleci kuning lokal ombyokan                                       10.000     -         20.000
Pleci kuning mata putih body besar                             25.000     -         65.000
Poksay Mandarin (tergantung usia fisik)                   100.000     -       250.000
Poksay Hongkong (tergantung usia)                          600.000     -   1.500.000
Poksay Jambul (tergantung usia)                               600.000     -   1.500.000
Prenjak                                                                         30.000     -         80.000
Puter /per pasang                                                          60.000     -       130.000
Robin Pancawarna                                                     500.000     -       750.000
Sanger                                                                        600.000     -     1.000.000
Serindit                                                                        80.000     -       150.000
Sikatan                                                                         40.000     -         60.000
Siri-siri                                                                          75.000     -       200.000
Sri Gunting / Siring Gunting                                      150.000     -       200.000
Srigunting Kantil                                                       250.000     -       450.000
Tekukur                                                                        15.000     -         30.000
Tekukur Kuk 2, 3                                                           Nego     -  
Tengkek                                                                       40.000     -         60.000
Tledekan Gunung                                                      200.000     -       250.000
Tledekan Laut / Selendang Biru                                100.000     -       200.000
Trucukan (bahan)                                                         20.000     -         50.000
Trucukan (sudah jadi dan gacor)                               100.000     -       300.000


Walet /pasang                                                             100.000     -       125.000




Demikian dan semoga bermanfaat,
Salam Damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

CARA MERAWAT BURUNG KASO-KASO AGAR RAJIN BUNYI DAN GACOR SEBAGAI MASTERAN (LEBIH ASYIK JIKA SUDAH JINAK KANDANG)

damai Secara jenis dan species memang sangat banyak sekali ragam burung yang ada di sekitar kita. Memang burung ini tidaklah terlalu popular jika dibandingkan dengan jenis burung lainnya, seperti Murai Batu, Kacer, Jalak Suren, Cucak Ijo, Kenari dan juga jenis burung lainnya yang memang sudah trend dan sudah banyak pula para penggemar burung yang mengenali namanya satu per satu. Namun tidak demikian dengan burung yang sesuai di gambar ini, Kaso-kaso namanya, memang kedengarannya sangat aneh dan sempat terbayang dengan material bahan bangunan … hehehe. Burung ini sangat jarang sekali orang memelihara dan merawatnya sekalipun terkadang kita sering melihat di beberapa pasar burung yang sempat kita datangi, tidak sedikit pedagang burung yang juga menyediakan dan mendisplay burung kaso-kaso sebagai tambahan pelengkap koleksi burung dagangannya dengan harga yang memang sangat murah meriah.

Kendati demikian sebenarnya kaso kaso merupakan burung yang cocok untuk dijadikan sebagai burung masteran ataupun untuk sekedar dirawat sebagai tambahan koleksi, dengan suara yang lumayan bervariasi jika sudah rajin dan gacor dengan volume yang lumayan keras, lumayan untuk menambah suasana keramain di rumah.

Adapun perawatan Kaso-kaso agar cepat bunyi dan gacor adalah sebagai berikut:
1.     Pada pagi hari berikan kroto cukup ½ sendok teh 2-3 hari sekali sebelum dimandikan, namun ada komentar dari sebagian penggemar burung, “Sayang-sayang lah, masa’ kaso-kaso dikasih kroto !? nek murai, kacer yo pantes”. hehehe…. ya namanya juga pendapat….!
2.     Sebagaimana burung lainnya, mandikan burung dengn spray sekitar jam 7 an, namun biasanya setelah kita semprot menggunakan spray terkadang burung akan melanjutkan kembali dengan mandi sendiri pada cepuk minum yang ada di dalam kandang dan selanjutnya diangin-angin kan selama beberapa menit sambil berikan jangkrik ukuran kelil 3-4 ekor.
3.     Selanjutnya jemur selama + 1-2 jam, atau bisa lebih jika cuaca tidak terlalu terik
4.     Dan kemudian berikan makanan berupa voer yang berkualitas dan juga buah pisang, namun untuk burung yang 1 terkadang sedikit unik, makan yang berupa voer biasanya tidak langsung ditelan namun sebagaimana kaso-kaso yang saya miliki ini akan mencelupkan voernya ke dalam cepuk minum sebelum menelannya, sehingga dalam sehari terkadang cepuk minum akan lebih cepat kotor jika dibandingkan cepuk minum burung lainnya.
5.     Lakukan secara rutin    

Akan lebih asyik lagi jika burung yang kita rawat sudah jinak kandang, karena pada saat pagi hari kita akan membersihkan kandang, kita cukup buka pintu kandang, biarkan burung keluar dari kandang dan terbang di pepohonan yang ada di sekitar depan rumah kita, dan kita leluasa membersihkan kandang dan juga menggantikan makanannya, seusai kandang kita bersihkan tidak lama kemudian kembalilah si burung ke kandangnya semula, maka hal yang demikian bisa menjadikan pemandangan yang berbeda yang cukup indah di rumah kita, karena kebetulan kaso-kaso merupakan burung yang sangat mudah jinak sebagaimana sering kita lihat burung kutilang di kampung-kampung yang juga mudah sekali jinak.

Demikian dan semoga bermanfaat

Salam damai9 

ARTIKEL TERKAIT BURUNG LAINNYA :
BACA SELENGKAPNYA ...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...