AGAR BURUNG KENARI BISA MEMILIKI NAFAS DAN SUARA NGEROL PANJANG DENGAN DURASI LAMA

damai– Bagi banyak kalangan terutama bagi para pecinta burung kenari (kenari mania) sudah pasti menginginkan burung kenari yang dimilikinya selain bersuara merdu, mengkristal dan banyak isiannya juga pasti yang lebih diinginkan lagi adalah suara bagus dan mengkristal dengan nada panjang dan durasi yang lama tentunya. Namun hal itu tidak serta merta akan terjadi begitu saja tanpa usaha perawatan yang baik dan sesuai yang kita lakukan pada burung kenari kita, terlepas dari karakter masing-masing burung tentunya.

Ada beberapa tips yang sudah banyak ditulis di internet maupun share dari sesama kawan pecinta kenari yang berbagi mengenai bagaimana caranya merawat dan membentuk kenari agar suara dan nafasnya bisa panjang (ngerol panjang) dengan durasi yang lama.

Burung kenari untuk jenis tertentu ada yang baru siap untuk diikutkan dalam kontes sekitar 8 bulanan keatas, namun tidak sedikit pula yang berumur di bawah 8 bulan juga sudah memiliki kualitas untuk bisa diterjunkan dalam berbagai kontes burung. Adapaun tips yang paling jitu yang sering dilakukan adalah dengan kandang umbaran.

Dengan melepas burung pada kandang umbaran dengan ukuran besar yang didalamnya terdapat cukup 2 tangkringan, diharapkan burung akan sering terbang dan secara otomatis bisa melatih nafas. Hal ini hendaknya sering dilakukan minimal 2 kali dalam seminggu dan durasi yang tidak terlalu lama cukup 15 menit setiap sekali melepas ke kandang umbaran, jangan terlalu lama karena ketika pada saat diturunkan dalam lomba biasanya burung akan lebih sering menabrak jeruji karena beranggapan masih dalam kandang umbaran, dan jika kenari sudah terlihat kecapaian di kandang umbaran tersebut maka segeralah tangkap dan masukkan kembali ke kandang hariannya. Dan ini harus dilakukan secara routin.


 
Selama sekitar 5-7 hari menjelang kontes, burung diistirahatkan dengan perawatan rotin seperti biasanya saja, seperti mandi, jemur, pemberian dan penggantian pakan, pembersihan kandang dan lain sebagainaya tetap dilakukan secara normal saja. Dan hendaknya selain itu burung agar dikerodong dengan alasan agar suara yang dikeluarkannya tidak terlalu keras dan bertenaga, trik ini untuk menjaga agar burung tidak terlalu kecapaian.

Demikian dan semoga bermanfaat
Salam damai9

ARTIKEL LAIN TERKAIT BURUNG KENARI:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...