KUALITAS LEBIH, BRANJANGAN KULONPROGO (WATES)

damai– Di pasaran, harga burung yang punya gaya khas berkicau sembari terbang vertikal ini (hovering) bervariasi. Misalnya saja, di tempat Triyana yang juga termasuk salah satu pebisnis khusus burung branjangan dari Kulonprogo, menjual bakalan belum jadi mulai dari harga Rp 150 ribu.

"Untuk harga bervariasi, minimal untuk bakalan belum jadi usia 3 bulan Rp 150 ribu, kalau sudah jadi, berkicau bagus sambil ngleper dan mental bagus, bahkan bisa juga sampai Rp 250 juta," kata Triyana.

Sedikit penggalan paragraph yang kami kutip dari www.tribunjogja.com ini sempat menggugah hati ternyata harga Branjangan hingga segitu mahalnya, burung yang berwana hampir seluruhnya coklat itu dan yang hampir mirp burung gereja ini, terutama untuk jenis burung branjangan yang berasal dari Kulonprogo (Wates) – Yogyakarta.

Memang sangatlah membutuhkan waktu yang cukup lama dan kesabaran yang ektra dalam merawat burung branjangan ini, karena menurut beberapa ahli perburungan ketika kita berhasil memelihara dan merwat Branjangan hingga bisa ngeriwik itupun sudah bisa dikatakan lumayan berhasil, karena tingkat keberhasilan dalam merawat beranjangan ini memang tidaklah mudah.

Disi lain ketika faktor keberuntungan berpihak pada kita, maka terkadang sekalipun dalam proses selama kita merawat dengan sederhana pun burung bisa menjadi rajin dan gacor. Tetapi perlu diingat, dalam kita merawat burung yang kita miliki hendaknya kita rawat sesuai dengan standar cara merawat sebagaiman yang banyak di share oleh para pakar di internet.

Demikian dan semoga bermanfaat
Salam damai9

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA
BACA SELENGKAPNYA ...

HARGA BURUNG PLECI YANG SEMAKIN NAIK

damai9 – Setelah beberapa lama tidak berkunjung ke pasar burung, sekitar beberapa minggu lalu mencoba ngelaba lagi dengan harapan dapat informasi yang terupdate perihal perburungan, disamping itu juga bisa pulang membawa burung sekalipun sebenarnya bukan burung yang ditargetkan akan dibeli.

Sambil memantau ke berbagai penjual burung, sempat berhenti di “Stand” khusus burung pleci / kacamata, yang menurut beberapa informasi yang pernah kami dengar akhir-akhir ini harganya sedang naik sambil ngobrol ngalor-ngidul, dan ternyata menurut penjual pleci tersebut “Sekarang memang pleci lagi mahal mas”, kata si Penjual.

Jika sebelumnya harga pleci ombyokan dan bahan berkisar antara Rp 15 – 20 ribuan, ketika kami tanyakan kepada penjual khus pleci tersebut harga pleci dengan kondisi bahan mulai bunyi sekitar Rp 40 – 60 ribuan, dan yang sudah mulai ngeriwik harganya sekitar 90 ribuan, apalagi jika sudah buka paruh sekalipun bukan termasuk jenis pleci yang diunggulkan harganya sudah mencapai 150 ribuan.

Sebagaimana artikel yang pernah kami tulis di blog ini beberapa waktu lalu perihal harga pleci yang sempat ditawar Rp 45 jt dan bahkan ada juga yang harganya hingga mencapai Rp 102 jt yang bisa dibaca disini, menunjukkan bahwa sekalipun ukuran burungnya sangatlah kecil namun bisa menirukan dan dapat dimaster dengan suara burung apa saja dan bahkan suara selain burungpun juga bisa ditirukan oleh burung tersebut, semakin hari semakin menunjukkan kualitas dan semakin banyak pula penggemar serta pencintanya. Pantas saja jika memang ada Perkumpulan Pecinta Pleci yang kita kenal dengan sebutan Pleci Mania, yang ternyata anggotanya bukan sekedar dari kalangan kelas bawah, namun justru banyak diantara mereka yang berasal dari kalangan yang ber dompet tebal alias kelas orang berduit (orang kaya).

Memang jika bukan penggemar tidak akan bisa merasakan nikmatnya memelihara dan merawat burung yang berukuran sebesar jempol tangan tersebut, tetapi jika sudah kecanduan dengan suara pleci yang unik, indah dan sangat menyejukkan itu maka terkadang berapapun harganya akan dimahar oleh peminatnya.

Demikian dan semoga bermanfaat
Salam damai9

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

BACA SELENGKAPNYA ...

KENARI WARNA PUTIH KELAM PUN SUARANYA KERAS DAN TEMBUS

damai– Sebagaimana pada artikel beberapa waktu lalu yang pernah disampaikan yang juga bisa dibaca disini, perihal keistimewaan suara burung Kenari warna putih yang lebih keras, lebih melengking sekalipun warna putihnya tida secara keseluruhan putih bersih.

Demikian juga kenari yang ini, sekalipun warnanya sedikit burem dan noda hitam dan tidak tahu apakah asli warna putih buram hitam ataukah sekedar kotoran debu yang menempel pada burung sehingga warnanya menjadi sedikit hitam. Namun demikian, sebagaimana yang sudah di informasikan, tetap saja kenari yang tampak pada gambar diatas juga memiliki suara yang sangat tinggi dank keras dan tembus.

Sebagaimana halnya warna putih polos yang memiliki suara khas dan kencang ada juga sebagian kenari polos lain yang memiliki suara yang hamper sama kerasnya dengan yang warna putih, seperti warna hijau polos, kuning polos, merah polos dan lain-lainnya.







Demikian sekedar info dan semoga bermanfaat
Salam damai9

ARTIKEL TERKAIT KENARI LAINNYA
BACA SELENGKAPNYA ...

BENARKAH TANDA KEBERUNTUNGAN BAGI PEMILIK RUMAH KETIKA ADA PERKUTUT PUTIH YANG DATANG DAN MASUK RUMAH DENGAN SENDIRINYA ?

damai– Saat menemani liburan anak pada saat libur sekolah beberapa hari lalu dan sekaligus sekalian menghabisjan masa cuti dan berkunjung ke Orang Tua di kampung, terlihat di teras rumah tetangga dekat rumah di kampung menggantang satu kandang burung yang isinya burung perkutut putih yang pada saat kami pantau sepertinya perkutut putih asli local dengan angguangan yang lumayan indah dan lumayan rajin manggung dan ketika kami tanyankan kepada pemiliknya, “Beli dimana dan berapa harganya ?” jawab Si Pemilik Perkutut: “Iki manuk teko dewe, lha ngerti-ngerti wis mlebu omah, terus pas tak cekel yo manut wae, yo wis tak rawat nganti saiki”  yang artinya: Ini burung dating sendiri, tahu-tahu udah ada di dalam rumah, terus pas ditangkap diam saja, dan ya udah dirawat samapi sekarang. Begitu lah kira kira ceritanya.

Cerita tentang pengalaman di atas, Si Pemiliknya berpendapat, ini burung membawa rejeki, kata Pemiliknya.

Terlepas dari itu semua, secara sepintas dari dapat burungnya saja sudah secara otomatis memang membawa rejeki, kata dia, “Lha wong udah ada yang mau mbayarin Rp 2 juta” (udah dibawain uangnya) tapi ga dikasih sama pemiliknya.

Disisi lain cerita, bahwa burung perkutut putih menurut beberapa cerita ada juga yang mengartikan bahwa yang memeliharanya bisa mendapatkan pangkat dan kedudukan yang dicita-citakannya. Perlu diingat, itu semua terserah kepada kepercayaan kita masing-masing. Namun semua rizki yang pasti Allah yang memberikannya tetapi barang kali berkat kita memelihara dan lantaran kita memelihara dan menyangi hewan peliharaan yang kita pelihara sehingga kita lebih diberkahi dan dipermudah dalam mencari rizqi.

Mohon maaf jika ada kesalahan penafsiran.

Semoga bermanfaat,
Salam damai9

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:

BACA SELENGKAPNYA ...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...