SEMAKIN RAMAI DAN SEMAKIN MEMBAHANA, PEMINAT PLECI DI JAKARTA

Sudah banyak artikel tentang burung pleci yang sudah diutarakan di blog ini sebelumnya.

Memang semakin maraknya penggemar burung pleci atau yang banyak orang menyebut dengan pleci mania, baru-baru ini sebuah event yang diadakan di sekitar ITC Fatmawati tepatnya di Gedung Yellow Pages yang digagas oleh para pleci mania kawasan sekitar dengan sponsor sebuah produk elektronik ternama di Indonesia.

Peserta sekitar 30-40 orang, sekalipun acara digelar tidak terlalu ramai atau sekedar undangan se kawasan sekitar gedung tersebut namun para pemilik pleci sangat antusias mendatangai dan mengikuti dengan seksama, kata salah seorang peserta “Itung-itung ngopi gratis sambil kumpul-kumpul sesama pleci mania dan saling berkenalan”

Menurut pendapat salah satu peserta, bahwa di ajang ini tidak dilakukan penilaian terhadap seluruh burung pleci atas prestasi masing-masing burung yang dimiliki oleh masing-masing, dan bukan termasuk dalam kategori perlombaan dan hanya sekedar kumpul bareng saja. “Ga ada salahnya kita kumpul-kumpul, yang penting kan silaturrahmi” kata peserta yang lain.




Dan ini membuktikan bahwa semakin hari semakin banyak pecinta pleci dari berbagai daerah khususnya di Jakarta Selatan dan khusnya di kawasan Cipete Utara ini.

BACA SELENGKAPNYA ...

DIJUAL AYAM KATE SEPASANG SIAP BERTELUR

SOLD OUT! DIJUAL AYAM KATE - Saya berniat menjual Ayam Kate silangan serama sepasang sudah siap bertelur, kondisi sehat dua-duanya, warna sesuai tampak digambar, dijual atas instruksi istri, soalnya bau katanya... hehehe... barangkali ada yang berminat ngelanjutin ngerawat silahkan pantau, masih bisa nego atau bisa juga barter sama burung kicauan, silahkan tawarkan saja barangkali cocok dan sesuai... Harga Rp 225 ribu (Nego). 



Berminat silahkan bisa langsung pantau di Jl. Damai 5, Cipete Utara - Jakarta Selatan, dekat ITC Fatmawati, atau bisa menghubungi di : 0878 8088 2672, WA : 085 691 639 668 Pin. BB : 546c7f0c dengan Syukur. 

Terima kasih


BACA SELENGKAPNYA ...

CARA MERAWAT BURUNG TLEDEKAN GUNUNG YANG BARU BELI DARI PASAR BURUNG (PENGALAMAN PRIBADI)

damai9 - Setiba di rumah setelah membeli burung Tledekan Gunung, tampak pada gambar yang Alhamdulillah sampai sekarang masih sehat dan sudah nge-voer dan sudah mulai rajin nyuling ….. hehehe.

Pada awalnya sehari setelah membeli sebenarnya ada perasaan khawatir karena selama tiga hari burung belum mau makan selayaknya burung lainnya, sekalipun dari beberapa jenis makanan sudah dipisahkan ditempat masing-masing, seperti kroto, ulat hongkong, jangkrik kecil beberapa ekor, voer malau campur kroto, air mineral dalam cepuk kecil untuk minum dan air dalam cepuk agak besar untuk mandi, dan selama tiga hari tersebut hanya 1-2 ekor ulat yang termakan, namun disisi lain air yang di cepuk besar lah yang selalu habis buat mandi, sore hari sepulang bekerja cepuk diisi lagi, setelah kandang digantang seketika itu burung juga langsung madi, jadi ternyata air habis karena buat mandi.



Dan alhamdulilah pada hari keempat burung sudah mulai makan dengan porsi lumayan, jangkrik yang kita siapkan 4 ekor sempat dimakan 2 ekor, kroto juga sempat dimakan sebagian dan demikian juga ulat hongkong 1-2 ekor.

Pada hari kelima, sengaja saya siapkan kroto dengan topsong mini yang saya campur dengan 4 tetes air diaduk rata agar bisa sedikit lunak dan kroto pun bisa menempel pada voer, dan Alhamdulillah sepulang dari kerja sempat saya pantau, ternyata kroto yang sedikit tercampur dengan voer juga sudah mulai dimakan.

Di hari keenam sama dengan yang saya lakukan pada hari kelima, namun air hanya saya kasih 3 tetes pada campuran kroto dan topsong mini dengan porsi voer dan campuran kroto yang sama.

Dan hari berikutnya sama seperti hari sebelumnya, hingga akhirnya sudah mulai terlihat dari kotorannya bahwa burung sudah mulai ngevoer (maaf mau upload gambar kotoran tapi ga enak). Dan ketika sudah terlihat jelas sudah ngevor maka untuk meringkas tempat makan, akhirnya voer, kroto sengaja setiap hari 1/2 cepuk saya berikan karena dalam proses pertumbuhan dan penjinakan, ulat hongkong 2 kali sehari cukup 2-3 ekor  saya jadikan 1 cepuk, dan selalu saya berikan jangkrik ukuran kecil 3 ekor setiap pagi dan sore.

Demikian sekedar share dan semoga bermanfaat
Salam damai9


ARTIKEL LAIN TENTANG TLEDEKAN:
BACA SELENGKAPNYA ...

[.doc] CONTOH SURAT PERJANJIAN SEWA / RENTAL MOBIL PRIBADI SECARA SIMPEL

Sudah lumayan lama tida memuat artikel tentang contoh dan sample Surat, baik itu surat perjanjian, surat keterangan ataupun contoh surat lainnya. 

Kali ini admin menambahkan sedikit artikel berkaitan dengan surat perjanjian, barangkali ada yang membutuhkan yaitu tentang perjanjian sewa / rental mobil.

dan berikut adalah contohnya:

SURAT PERJANJIAN SEWA MOBIL

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, selanjutnya disebut pihak Penyewa:

Nama                            : Ahmad Zaki
Alamat                          : Jl. Mawar Ujung No. 9, Cipete Selatan, Jakarta Selatan
Nomor KTP                   : 12151200012566                                    
Telpon                          : 021 - 12535697
Tujuan sewa mobil         : Liburan
Pemakaian                    : Mulai tanggal 10 Maret 2014 s/d 12 Maret 2014

No. Jenis Kendaraan Jumlah pemakaian
(hari)
Biaya Sewa
/hari
Total Discount Total
1 Toyota Innova 3               450,000        1,350,000                   -               1,350,000

Dengan ini saya menyatakan bahwa :

1.       Bersedia membayar lunas biaya tersebut di atas paling lambat pada saat menerima kunci, apabila pemakaian melebihi jangka waktu sewa, maka dikenakan biaya tambahan sesuai tarif dan dibayarkan pada saat pengembalian kunci.
2.       Bersedia merawat, menjaga serta memanfaatkan dengan baik mobil yang saya sewa.
3.       Tidak menggunakan mobil untuk yang melanggar hukum seperti membawa narkoba, buronan, teroris, barang curian, merampok, dsb.
4.       Jika terjadi kecelakaan pada saat masa sewa, maka saya tidak akan menuntut tentang asuransi pengemudi dan penumpang.
5.       Pada saat pengembalian mobil, kondisi kendaraan dan bahan bakar sama pada posisi awal pemakaian. Dan apa bila tidak sesuai, maka tanggung jawab tersebut dibebankan kepada penyewa.

Demikian surat perjanjian ini saya buat dengan sebenar-benarnya.
  
Kelengkapan
Sebelum Sewa
Setelah Sewa
Ada
Tidak
Ada
Tidak
Kunci kontak

X



STNK

X



Ban serep

X



Dongkrak

X



Kunci roda

X



AC

X



Tape

X



Jam
Keluar pukul ………………… WIB
Masuk pukul ………………… WIB


Jakarta, 10 Maret 2014

PEMILIK,




Maulana
PENYEWA,




Ahmad Zaki

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:

BACA SELENGKAPNYA ...

MASIH BANYAK PENGHOBI BURUNG YANG TETAP SETIA DAN TEKUN

Akhir-akhir ini sepertinya ada sebagian penghobi burung yang sebagian kecil tetap masih setia menggeluti bidang burung dan bercabang ke hobi lain yaitu batu akik /batu permata, dan ada pula yang sempat berpindah ke lain hati dan focus pada hobi batu tersebut karena memang akhir-akhir ini sedang marak-maraknya, dan yang jadi pertanyaan kita adalah, mengapa pada mulanya sangat tekun menggeluti bidang burung tetapi pada akhirnya berpindah ke batu ? jawabannya adalah sangat simple, dengan alasan yang sangat popular yaitu sangat menguntungkan walaupun tanpa harus mengeluarkan biaya untuk perawatannya (asalkan rajin nggosok aja… !!!), tetapi ada juga yang tetap masih setia dengan hobi burung karena dengan berbagai alasan selain bisa dinikmati keindahan bentuk serta keindahan warnanya namun yang paling mendasar dan utama adalah yang pasti dapat dinikmati keindahan suara kicauannya, shingga masih banyak orang yang tetap setia dalam beternak dan memelihara burung ini sekalipun terkadang tetap ada sambilannya berupa hobi di bidang lain.     

Memang tidak bisa dipungkiri, di tengah maraknya demam batu akik, tetapi tetap saja jika memang sudah hobi tidak bisa digoyang lagi dan masih tetap saja consist pada hobi tersebut. Banyak diantara kita yang masih tetap setia dalam hobi burung ini.

Sekalipun koleksi burung yang sudah ada sudah banyak mulai Kenari, Ciblek, Pleci, Tledekan, Branjangan, Zebra Finch, dan masih banyak jenis lainnya, tetapi terkadang masih tetap saja mencari jenis burung lainnya.



Kembali lagi pada kita masing-masing, hobi mana yang kira-kira memang cocok dengan pribadi kita, burungkah, batukah, atau yang lain kah ? jangan sekedar hanya ikut-ikutan dan yang paling penting adalah dengan hobi yang kita tekuni jangan sampai mengganggu keperluan keluarga baik dari segi materi maupun non-materi, karena imbasnya jika memang tidak ada kecocokan antara kita sengan pasangan kita dan kita egois dengan memaksakan kehendak kita saja, maka yang ada akibatnya bisa berakibat hubungan rumah tangga kita akan menjadi kurang harmonis.

Untuk itu, kita pertimbangkan matang-matang dengan hobi dan kegemaran mana yang akan kita jalani dan kita tekuni dengan tetap mempertimbangkan dan atas persetujuan dari pasangan kita.

Demikian dan semoga bermanfaat
Salam damai9

Artikel Terkait Lainnya:
BACA SELENGKAPNYA ...

GEROMBOLAN BETET DI KAWASAN HOTEL SHANGRI-LA SEBAGAI PEMANDANGAN ALAM YANG INDAH DAN ALAMI

Layaknya di alam bebas tempat dimana mereka berkumpul (berkoloni), burung-burung ini terutama yang mendominasi adalah gerombolan betet dengan asyik dan enaknya menikmati santapan sebagaimana makanan ala makanan di alamnya, seperti biji-bijian yang dihasilkan oelh pohon akasia, buah kelapa sawit dan jenis makanan biji-bijian lainnya yang semapat ditanam oleh pihak pengelola hotel Shangri-La dan pengelola gedung Wisma 46 ini bagaikan menyiapkan untuk betet-betet dan burung-burung jenis lain ini berdatangan untuk menyantap makanan yang seakan-akan sudah disiapkan untuk mereka.



Taman hijau di kawasan Wisma BNI 46 dan taman di sekitar hotel Shangri-La di kawasan Jakarta Pusat yang luasnya sekitar 1 hektar ini setiap hari pada pagi hari sekitar pukul 07.00 dan pada sore hari sekitar pukul 15.00 selalu di datangi oleh kerumunan burung betet yang jumlahnya sekitar 15 – 20 ekor untuk mencari makanan di sekitar kawasan tersebut. Selain betet ada juga burung jenis lain yang sempat datang ke tempat ini seperti remetuk laut, tekukur, prenjak, kutilang, trucukan, ciblek namun untuk ciblek hingga artikel ini ditulis sudah tidak terdengar lagi suara kicauannya, mungkin sudah dijebak oleh penduduk/warga setempat, dan sempat pula terlihat cucak ijo yang mungkin burung lepas milik orang … hehehe…


Indah memang ketika kita bisa menikmati pemandangan alam yang murni benar-benar asli alam, terdengar kicauan burung yang membuat suasana semakin unik dan sejuk serta indah dinikmati apalagi bagi pecinta burung, adalah merupakan moment yang sangat indah untuk dinikmati.

Terlepas dari cerita diatas tentunya apabila kita memang benar-benar seorang pecinta burung, pastilah kita akan lebih peduli dengan kehidupan burung di alam liar daripada hanya sekedar memikirkan keuntungan besar dari bisnis burung yang kita miliki tanpa memikirkan kelestarian burung di alam bebasnya. Maka hendaknya akan lebih utama dan sangat bermanfaat terhadap kelestarian burung di alam bebas apabila kita ikut melestarikan burung dengan cara menangkarkan dengan lokasi penangkaran yang lumayan luas untuk sambil dinikmati keindahan suara kicauannya juga. Namun hal ini kita kembalikan kepada kita masing-masing tergantung kesadaran dan tersedianya fasilitas yang kita miliki.

Demikian dan semoga bermanfaat
Salam damai9 

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:
BACA SELENGKAPNYA ...

TIPS DAN TRIKS MERAWAT TLEDEKAN ALA "KICAU NGALAM" YANG SEMPAT MENJUARAI HINGGA 4 KALI PIALA RAJA

Pengalaman seorang pemilik Tledekan Gunung yang sempat melombakan Tledekan miliknya dan sempat menjuarai dalam setiap perlombaan tersebut hingga 4 kali kejuaraan berturut-turut pada gelaran piala Raja yang dilaksanakan.


Ternyata beberapa kiat yang dilakukan oleh si pemilik Tledekan ini sangatlah sederhana. 


Bagaimana cara merawat burung Tledekan hingga mendapatkan juara sampai 4 kali berturut-turut adalah sebagai berikut:

  1. Pertama pada sekitar pukul 05.00 pagi (subuh) burung dikeluarkan untuk diangin-anginkan di teras dan dibuka kerodongnya hingga jam 07.00 sambil diberikan jangkrik sebanyak 3 ekor.
  2. Kemudian pada jam 07.00 burung dimandikan dengan spray atau bisa juga sediakan cepuk yg agak besar barangkali burung juga ingin mandi sendiri.
  3. Setelah dimandikan, lakukan penjemuran secukupnya dan tergantung karakter burung, terkadanag ada juga tledekan yang tidak suka dijemur dan berikan kroto full 1 cepuk atau kalo untuk saat ini sekitar Rp 5000 - 7000 rupiah dan berikan sekaligus sambil dikerodong kembali.
  4. Pada sore hari kerodong dibuka kembali dan diangin-anginkan serta diberikan jangkrik sebanyak 3 ekor.
  5. H-3 menjelang burung dilombakan berikan jangkrik pagi 5 ekor dan sore 5 ekor dan juga diberikan ulat hongkong sebanyak 5 ekor saja. 
  6. Pada pagi hari menjelang dilombakan burung harus dimandikan dan berikan jangkrik 5 ekor, ulat hongkong 5 ekor dan kroto full cepuk.
untuk lebih jelasnya, silahkan bisa dilihat pada tayangan video dibawah ini: 





Demikian tayangan video yang kami muat agar bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk kita dalam berawat burung dan Tledekan pada khususnya.

Semoga bermanfaat
Salam damai9

sumber dari: https://www.youtube.com/watch?v=Aa381LlNRdY 


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:

BACA SELENGKAPNYA ...

CAMPO TROUPIAL, BURUNG YANG AHLI MENIRUKAN, LINCAH, MANTAB DAN BERGAYA

Sudah sekian lama baru sempat update artikel mengenai burung karena harus mengerjakan pekerjaan utama yang harus diselesaiakan, kali ini damai9 hanya ingin men-share video satu species burung yang mungkin sangat jarang kita temukan di Indonesia bahkan mungkin belum pernah kita dengar dan juga belum pernah kita temukan di kawasan wilayah Indonesia ini. Campo Troupial, itulah namanya.

Burung yang satu ini jika di lihat secara postur hampir sama dengan kacer, namun lebih memiliki ciri khas yang sangant memukau jika kita bisa meilikinya, dengan suaranya yang sangat indah dan merdu dan lebih uniknya lagi burung ini bisa menirukan suara nyanyian sebagaimana yang sering kita dengar dan sangat tidak asing yaitu bisa menirukan lagu "Happy Birhtday" dengan sempurna sebagaimana yang bisa kita lihat di tayangan video di bawah ini:  


Sebenarnya, mungkin burung lokal seperti Kacer, Jalak Suren, dan juga burung lainnya bisa menirukan suara siulan si pemiliknya jika kita rawat dan kita ajari dengan sabar, karena sepertinya sebagaiman yang sudah disampaikan diatas karakter burung ini hampir mirip dengan burung kacer dan sejenisnya.

Demikian dan semoga bermanfaat

sumber dari : https://www.youtube.com/watch?v=VSaScBQxjUs

ARTIKEL VIDEO TERKAIT LAINNYA:

BACA SELENGKAPNYA ...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...