REJEKI GAK KEMANA ! DAPAT NANGKEP BURUNG SANGER, REJEKI ?

Bermula dari sekedar ngajak jalan anaknya, namun pepatah yang sekarang lagi booming adalah, “Yaa inilah rejeki anak sholeh, heheheh". Kali ini bukan rejeki anak sholeh tetapi sebaliknya, rejeki bapak yang sayang sama anaknya.   

Tidak jauh dari tempat tinggalnya, sekedar ngajak jalan-jalan karena kebetulan anaknya yang masih balita ini minta ayahnya untuk menemani bermain keluar rumah, tiba tiba di tempat dimana bapaknya ngajak anaknya bermain, seekor burung Sanger, burung yang hampir serupa burung gereja ini datang menghapirinya. Tanpa perlawanan berarti burung langsung ditangkap si ayahnya anak ini sebut saja Mas Yanto.

Selama 2 hari perawatan, menurut ayah dari anak yang biasa dipanggil Ferdi ini menceritakan burung yang dia boleh dapat ini ternyata sudah lumayan rajin, dan menurut belia kalo dijual bisa Rp 700 – Rp 900 ribuan, “yaa kalo dijual murah aja sih Rp 600 rebu gampang”, kata dia menambahkan ceritanya.
Burung yang sering dijadikan master burung kenari ini memang unik, karena secara jenis hampir mirip dengan kenari, blackthroat, dan burung jenis finch lainnya. Kenapa bisa mahal, karena Sanger adalah burung impor, sehingga memang rata-rata sebagaian burung impor yang belum terlalu banyak dibudidayakan di Indonesia biasanya harganya masih mahal. Mungkin dulu kita sempat ingat harga kenari local dengan kondisi baru mulai ngeriwik saja Rp 400 – 500 ribu, demikian juga Love Bird, anakan baru berumur 1 bulan saja harganya Rp 600 ribuan tapi tidak bisa dipungkiri karena sangking gampangnya menernakkan kedua jenis burung tersebut yang menyebabkan harganya cepat anjlok dan mungkin ini juga akan terjadi pada burung Sanger, Blackthroat dan juga burung impor lainnya jika cara proses penernakannya berhasil dan mudah sebagaimana kenari dan love bird.

BACA SELENGKAPNYA ...

CARA MERAWAT BURUNG BLACKTHROAT AGAR RAJIN BUNYI DAN CEPAT GACOR

Sebelum kita uraikan disini, lebih dulu kita perlu mengenal burung Blackthroat ini adalah merupakan salah satu burung impor tepatnya berasal dari Afrika.

Sepintas secara fisik burung ini seperti burung Kenari namun ukuran sedikit lebih kecil dibandingkan dengan kenari dan kebanyakan para penghobi sengaja merawat burung ini untuk dijadikan sebagai masteran burung kenari sehingga ketika burung kenari berhasil termaster dan merekan suara blackthroat, maka bisa menambah nilai tinggi ketika Kenari diikutsertakan dalam berbagai jenis perlombaan burung yang diadakan.

Baca juga : Cara Merawat Burung Kenari Agar Cepat Gacor

Adapun Cara Merawat Burung Blackthroat Agar Cepat Bunyi dan Gacor, tidak berbeda jauh sebagaimana perawatan terhadap burung Kenari, sebagai berikut:
  1. Pada pagi hari setelah sholat subuh burung dikeluarkan dan buka keredongnya untuk diangin-anginkan sampai sekitar pukul 7.00 an
  2. Pada pukul 7.00 atau ketika sinar matahari sudah mulai terasa hangat, mandikan burung dengan cukup menggunakan spray atau bisa juga siapkan cepuk agar burung mandi sendiri.
  3. Setelah dimandikan, burung dijemur cukup 1 – 2 jam atau kalo kondisi mendung bisa ditambah lebih lama, setelah kira-kira cukup, angkat dan tempatkan kembali burung pada teras rumah sampai sore hari sambil lakukan langkah 4 dan 5 dibawah ini.
  4. Jangan lupa bersihkan kandang, ganti air minum dengan menggunakan air yang sudah matang atau bisa juga dengan air mineral dan berikan juga makanan yang berkauliatas berupa campuran yang terdiri dari milet, biji sawi, dan biji-bijian lain yang berkualitas yang cukup bagus untuk Blackthroat dan juga berikan sawi putih segar.
  5. Berikan Extra Food (EF) berupa 1 butir telor puyuh rebus, cukup 2 hari sekali atau bisa juga selingi dengan memberikan buah apel merah ataupun jenis apel lainnya karena dalam apel terdapat kandungan zat yang sangat bermanfaat untuk burung.
  6. Pada sore hari, jika perlu burung madikan kembali atau jika tidak juga taka pa-apa dan sebelum maghrib masukkan burung dalam rumah dalam kondisi dikeredong.
Perlu digarisbawahi bahwa runtutan tata cara perawatan di atas berdasarkan brung normal seperti biasanya, sebagaimana yang juga pernah dimuat pada artikel sebelumnya perihal karakter burung yang bisa dibaca disini, terkecuali jika kondisi burung yang memang memiliki karakter yang berbeda maka kualitasnya pun tidak bisa disamakan dengan burung yang memang sudah memiliki kualitas dan karakter yang bagus. 

Demikian semoga bermanfaat
Salam damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

JADWAL IMSAKIYAH TAHUN 1436 HIJRIYAH (2015 M) SELURUH KOTA DI INDONESIA / JADWAL PUASA RAMADHAN 1436 H

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh

Alhamdulillahi Robbil’alamiin, Allahumma Sholli 'Ala Sayyidina Muhammad. 

Tidak terasa, kita sudah berada di bulan Romadhon, alhamdulillah masih diberikan kesempatan melaksanakan Ibadah puasa yang mana seluruh amal ibdah yang kita lakukan di bulan ini dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT, semoga kita diberikan panjang umur oleh Allah SWT dan diberikan kesehatan oleh Allah SWT serta diberikan rizqi oleh Allah SWT, sehingga kita dapat melaksanakan ibadah puasa dengan penuh khusyu’, lancar serta ibadah puasa yang akan kita laksanakan nanti mendapatkan ridho dari Allah SWT. Amiin.

Untuk itu bagi yang membutuhkan informasi perihal Jadwal Imsakiyah Ramadhan tahun 1436 H atau 2015 M untuk Daerah Jakarta dan sekitarnya, silahkan klik untuk perbesar gambar di bawah ini:


dan Jadwal Imsakiyah untuk seluruh kota-kota di Indonesia bisa dipilih menurut daerah masing-masing silahkan klik disini sebagai panduan (bisa diprint). 

Nah selama bulan Ramadhan, terkadang kita bingung menu apa saja yang kita inginkan selama 1 bulan tersebut, dan bagi yang membutuhkan daftar menu untuk diinformasikan kepada istri di rumah, masakan dan resep buka puasa dan sahur selama satu bulan, silahkan bisa dibaca dan download disini

Demikian sekedar share dan semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh
Salam damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

MURAI BATU BORNEO PUN HARGANYA SEMAKIN MAHAL

Beberapa waktu lalu kami pernah memuat artikel yang menjelaskan bahwa “Kini Saatnya Murai Batu Borneo Bisa Unjuk Kebolehan” yang bisa juga dibaca disini.

Memang betul dan betul pada saat ini pun saat artikel kami tulis (4 Juni 2015) harga Murai Batu Borneo (MBB)yang semula sangat rendah dibandingkan dengan harga murai batu jenis lainnya apa lagi jika dibandingkan dengan Murai Batu Medan yang memang sangat mahal apalagi jika sudah gacor dan juga pernah diturunkan ke ajang perlombaan dan menang harganya bisa berbeda beberapa kali lipat jika dibandingkan dengan MBB.



Sebagaimana yang kami lihat juga di sebuah iklan di bawah ini dan juga bisa diklik disini, memang harga MBB tidak ada yang dibawah 1 juta rupiah walaupun harga itu sebenarnya masih bisa dinego, tetapi menandakan bahwa murai batu tetap masih bisa eksist dan tetap bertahan pamornya ditengah harga-harga burung jenis lainnya yang saat ini semakin menurun seperti kenari, love bird dan juga beberapa burung lainnya.

Terlepas untuk dilombakan atau sekedar untuk perawatan sendiri, MBB cukup indah untuk menghibur si  pemiliknya, sementara jika pada saat dilombakan MBB mbagong pada dasarnya hal seperti itu hanyalah penilaian dari EO ataupun juri saja yang mengakibatkan nilai MBB menjadi merosot. Secara naluri apa salahnya sih MBB mbagong kok dinilai jelek padahal itu hanyalah sifat dan cirri khas dari MBB.

Itulah sekedar share tentang Murai Batu Borneo walaupun kurang memiliki nilai dimata para pecinta burung namun hingga saat ini masih tetap banyak kicau mania yang  masih merawat dengan setia.

Salam damai9


ARTIKEL LAIN TENTANG MURAI BATU:


  
BACA SELENGKAPNYA ...

KENARI OMBYOKAN MURAH BERKUALITAS

Memang sudah selayaknya ketika kita membeli burung dengan kondisi sudah rajin bunyi bahkan gacor pastilah akan lebih mahal jika dibandingkan dengan burung dengan kondisi yang masih bahan ataupun bukan bahan tetapi tidak rajin bunyi apa lagi gacor, kecuali orang butuh uang alias BU biasanya harganya dibawah standard atau bisa jadi orang menjual dengan harga murah dan terburu-buru, nah yang ini harus hati-hati asal usul burung dan patut dipertanyakan dari mana asal burung yang dibawanya …. hahahah.

Nah kali ini sedikit kisah pengalaman kawan yang sempat membeli burung kenari di pasar burung di pedagang kenari yang masih ombyokan dengan harga sangat murah hanya Rp 75 ribu. Tidak ada salahnya kita membeli kenari yang masih di ombyok, tetapi kalo bisa pilihlah kondisi burung yang menurut kita bagus. Memang banyak yang berpendapat, kenari akan terlihat berkualitas ataupun bisa dibilang sudah bunyi jika posisinya sendiri bukan dalam gerombolan atau ombyokan, dan bagi seorang pedagang sangat sedikit sekali kemungkinannya untuk memilih satu-satu untuk mengetahui mana yang sudah bagus. Nah ketika kondisinya seperti itu, maka kesempatan kita untuk bisa mencoba mencari manakah yang sudah berumur lumayan dan berkualitas itulah yang bisa kita pilih.

Pengalaman kawan sebagaimana yang disebutkan diatas, seusai membeli, sesampai di rumah di rawat selayaknya perawatan burung yang baru dibeli dari pasar burung sebagaimana pada artikel sebelumnya yang sudah pernah kita sampaikan yang juga bisa dibaca disini.

Tidak terlalu lama dalam merawat burung yang baru dibeli tersebut hanya selang sekitar 7-10 hari burung sudah rajin ngeriwik kasar dan juga sudah rajin ngerol walaupun masih dengan rol yang pendek-pendek, artinya dengan jarak waktu hanya sekitar 1 mingguan dari harga 75 ribu burung sudah bisa dijual dengan harga 200 ribu bahkan lebih, itu jika ingin dijual, tetapi jika ingin dirawat sendiri juga tidak ada salahnya.

Kesimpulannya adalah, ternyata banyak juga burung kenari yang dalam kondisi masih ombyokan namun berkualitas dan tergantung kita cara memilihnya.

Selama mencoba hunting dan semoga bermanfaat
Salam damai9  


ARTIKEL TERKAIT KENARI LAINNYA
BACA SELENGKAPNYA ...

BURUNG KACA MATA (PLECI) PEMBAWA KEBERUNTUNGAN

Disela-sela libur kerja tepatnya di hari Sabtu setelah selesai melakukan tugas rumah tangga atau sekedar bantuin istri di rumah tugas apa saja yang harus dikerjakan, terkadang selesai melakukan tuga suka iseng dan berfikir “Enaknya kemana ya? tiba-tiba terfikir “Ah coba main ke pasar burung aja, kali aja ada yang nyangkut, apaan gitu” hehehe…

Sedikit cerita unik dan asyik untuk coba saya share ke Blog.

Sesampai di pasar burung tepatnya di stand jenis burung umum, ada seorang membawa tentengan ukuran kandang kecil dengan model standard dengan kondisi dikerodong, ternyata isinya burung pleci yang oleh si pemiliknya berniat untuk dijual. Tak lama kemuadian seorang pengunjung coba menawar dan terjadilah negosiasi antara si penjual dan pembeli, oleh si penjual burung ditawarkan 100 ribu, si pembeli nawar 50 ribu, singkat cerita burung deal dengan harga Rp 65 ribu plus kandang seadanya.

Selanjutnya, strategi pintar yang di lakukan si pembeli karena memang kondisi burung pada saat itu terpantau sudah ngerol dan ngalas, kemudian oleh si pembeli dipindahkan ke kandang yang lumayan bagus sehingga tampak lebih menarik minat apabila ada orang lain yang berminat juga, tidak lama kemudian ada pengunjung lain yang ternyata benar adanya seketika itu juga berminat untuk membayarnya tanpa sepengetahuan bahwa sebenarnya burung pleci itu yang baru dibeli dari penjual lain yang harganya hanya 65 ribu, setalah menyimak sejenak dan memperhatikan beberapa saat, si penjual sudah berani nawar Rp 250 ribu (burja) alias burung saja tanpa kandang. Oleh si pemilik baru mintanya 300 ribu, kata si pemilik baru “300 dah silahkan, soalnya burung udah cakep banget nih…” dan selanjutnya terjadi nego, namun belum sampai terjadi deal dengan pembeli kedua ini kami sudah harus pergi dari stand tersebut karena harus mencari yang lain, sebagaimana kejadian pada waktu sebelumnya yang pernah sedikit lumayan juga buat saya pribadi pada saat lagi mencai trucukan dan ternyata ada yang ingin menjualnya, selebihnya bisa dibaca disini

Kembali pada kejadian diatas yang hanya berlangsung sekitar 50 menit ini, menginspirasikan kita bahwa memang rejeki itu tidak kemana “kata orang siiiih…., artinya dengan membeli burung pleci seharga 65 ribu + kandang lumayan, mungkin kalo dihargai sekitar 20 ribuan lah artinya berarti harga pleci hanya seharga 45 ribu dan itu sama saja harga pleci bahan, namun ketika dijualnya kembali seharga yang selas saja sudah 250 ribu, berarti dalam waktu kurang dari satu jam si penjual kedua sudah jelas mendapat untung sebesar Rp 200 ribuan, itulah rizqi dan rizqi tidak akan kemana… hehehe.

Demikian sekedar share dan tidak ada salahnya bila kita ingin mencobanya, tapi maaf perlu diingat belum tentu hal ini akan bisa terjadi pada kita, hahaha… semoga bermanfaat.

Salam damai9 

ARTIKEL TERKAIT BURUNG PLECI LAINNYA

BACA SELENGKAPNYA ...

DAFTAR HARGA BURUNG DI JAKARTA DAN SEKITARNYA PERTENGAHAN 2015

Bagi penggemar burung di kawasan Jakarta, banyak pasar burung di kawasan ini dengan kwalitas dan harga yang tidak terlalu berbeda jauh (khusus Jakarta), seperti harga burung di Pasar Kebayoran Lama, Pasar Burung Pramuka, Pasar Burung di Kawasan Taman Barito (Kebayoran Baru), Pasar Burung Cililitan, Pasar Burung Jatinegara, Pasar Burung di Pasar Keramat Jati, Pasar burung di Kawasan pasar Ciledug, dan masih banyak lagi penjual-penjual burung (toko burung) di perkampungan kawasan di daerah Jakarta dan sekitarnya, yang menawarkan berbagai jenis burung dengan berbagai harga.   


Pada dasarnya kisaran harga di kawasan Jakarta seperti beberapa pasar yang disebutkan di atas tidak terlalu terpaut jauh, jika pada sekitar pertengahan 2014 harga burung sebgian besar naik namun untuk akhir-akhir ini ada kecenderungan harga turun secara drastis, diantaranya yaitu burung kenari, jika sebelumnya harga anakan kenari local umur 3 bulanan masih bisa tembus 200 ribu namun untuk kali ini pada saat surevei di pasar kebayoran lama harganya cuman Rp 75 ribu, itupun milih. Namun ada beberapoa burung yang harganya sedang melonjak yaitu berbagai jenis burung pleci, karena memang saa ini peminatnya sedang banyak dan ada juga beberapa jenis burung yang harganya masih cukup stabil. 

Berikut daftar harga sekitar pertengahan 2015:

Anis Bambu                                                               100.000     -       150.000
Anis Cendana                                                            200.000     -       300.000
Anis Kembang (tergantung kondisi)                          300.000     -       450.000
Anis Merah (tergantung kondisi)                               600.000     -       800.000
Beo (stabil)                                                                 700.000     -       900.000
Betet                                                                                            -
Blackthroat                                                                600.000     -       850.000
Branjangan (bakalan)                                                 100.000     -       200.000
Bubut                                                                           40.000     -         70.000
Ciblek Alang-alang (bakalan – dewasa)                      30.000     -       125.000
Ciblek Gunung (bakalan)                                             30.000     -         50.000
Ciblek Kristal (bahan semi ngevoer)                          200.000     -       300.000
Ciblek Kristal (jadi)                                                   500.000     -       600.000
Ciblek Sawah                                                               30.000     -       150.000
Ciblek Semi (bahan)                                                     35.000     -         50.000
Ciblek Semi (jadi dan sudah ngevoer)                       150.000     -       250.000
Cililin                                                                         350.000     -       700.000
Cucak Biru                                                                 250.000     -       400.000
Cucak Gunung / Cucak wilis                                       50.000     -         75.000
Cucak Ijo (bahan - jadi)                                             450.000     -      800.000
Cucak Ijo Mini                                                           250.000     -       300.000
Cucak Jenggot (bakalan - sudah jadi)                        200.000     -       350.000
Cucak Rante / Ranti                                                   200.000     -       300.000
Cucak Rawis                                                                65.000     -         90.000
Cucak Rowo                                                           3.000.000     -     5.000.000
Cucak wilis                                                                  75.000     -         85.000
Decu                                                                           100.000     -       300.000
Gelatik Bali /pasang                                                   125.000     -       150.000
Gelatik Batu (tergantung kondisi)                               85.000     -       125.000
Gelatik Wingko                                                            75.000     -       125.000
Gereja (ada yg sampai 150 rb /psg)                              5.000      -         10.000
Huwamei (Wambi) tergantung kondisi dan usia                   -     -                  -
Jalak Bali (kawan pernah beli anakan 1 bln)         3.500.000      -                  - 
Jalak Hongkong                                                      1.200.000     -     1.750.000
Jalak Kapas                                                                  50.000     -         75.000
Jalak Kebo (bahan – jadi)                                            75.000     -       250.000
Jalak Nias Dewasa                                                     150.000     -       250.000
Jalak Suren Jawa Bakalan (loloh)                              350.000     -       500.000
Jalak Suren Jawa Bakalan (Voer basah)                    500.000     -       650.000
Jalak Suren Jawa Dewasa (Gacor)                             800.000     -     1.300.000
Jalak Suren Malaysia                                                  300.000     -       350.000
Kacer Jabar (tergantung umur, kondisi)                     350.000     -       700.000
Kacer Jabar tangkapan (pedagang dadakan)             150.000     -       250.000
Kacer Jatim (tergantung umur dan kondisi)              450.000     -       800.000
Kacer Jatim bakalan (trotol)                                       450.000     -       550.000
Kapas Tembak dewasa                                              150.000     -       180.000
Kenari lokal (usia 3 bulanan) – betina                          60.000     -         85.000 
Kenari lokal (usia 3 bulanan) – jantan                          60.000     -         90.000


Kenari AF (usia 3 bulanan)                                        300.000     -       350.000
Kenari F1                                                                1.000.000     -                  -
Kepodang (Bahan)                                                     300.000     -       400.000
Kepodang (Dewasa dan sudah jadi)                          500.000     -       600.000
Kolibri Kelapa                                                              30.000     -       100.000
Kolibri Ninja                                                              200.000     -       400.000
Kopi kopi                                                                     80.000     -       100.000
Kutilang                                                                       25.000     -         50.000
Kutilang Emas / Sutera                                                45.000     -         70.000
Lovebird Dewasa Kacamata                                      150.000     -       250.000
Manyar                                                                         20.000     -         30.000
Murai Air                                                                   100.000     -       150.000
Murai Batu Aceh Dewasa                                       1.200.000     -     1.800.000
Murai Batu Jambi/Borneo - muda                              500.000     -       800.000
Murai Batu Lampung Bakalan (tgkpn hutan)           850.000     -   1. 550.000
Murai Batu Medan, tangkapan hutan                     1.500.000     -     2.000.000
Murai Batu Medan, dewasa SV, penangkaran       2.000.000     -     2.500.000
Murai Batu Medan, dewasa, voer                          2.500.000     -     3.000.000
Murai Batu Nias                                                     1. 350.000     -     1.600.000
Parkit Sepasang (siapan) tergantung warna               100.000     -       150.000
Pentet/Plentet/Cendet                                                150.000     -       400.000
Perkutut Bangkok                                                           Nego    -       Nego
Perkutut lokal katuranggan (belum gacor)                   50.000     -         70.000
Perkutut lokal katuranggan (gacor)                                Nego     -  
Perkutut Mutiara                                                          50.000     -         70.000
Platuk                                                                           70.000     -       150.000
Pleci buxtoni lokal                                                       50.000     -         80.000
Pleci dada abu mata putih jatim                                   50.000     -         80.000
Pleci dada kuning jatim (sudah ngeroll)                    250.000     -       400.000
Pleci kuning lokal ombyokan                                       25.000     -         40.000
Pleci kuning mata putih body besar                             50.000     -         65.000
Poksay Mandarin (tergantung usia fisik)                   100.000     -       250.000
Poksay Hongkong (tergantung usia)                          600.000     -   1.000.000
Poksay Jambul (tergantung usia)                               600.000     -   1.000.000
Prenjak                                                                         30.000     -         80.000
Puter /per pasang                                                          60.000     -       130.000
Robin Pancawarna                                                     500.000     -       750.000
Sanger                                                                        600.000     -     1.000.000
Serindit                                                                        80.000     -       150.000
Sikatan                                                                         40.000     -         60.000
Siri-siri                                                                          75.000     -       200.000
Sri Gunting / Siring Gunting                                      100.000     -       200.000
Srigunting Kantil                                                       150.000     -       350.000
Tekukur                                                                        20.000     -         30.000
Tekukur Kuk 2, 3                                                           Nego     -  
Tengkek                                                                       40.000     -         60.000
Tledekan Gunung                                                      200.000     -       250.000
Tledekan Laut / Selendang Biru                                100.000     -       200.000
Trucukan (bahan)                                                         20.000     -         50.000
Trucukan (sudah jadi dan gacor)                               100.000     -       300.000
Walet /pasang                                                             100.000     -       125.000

Demikian dan semoga bermanfaat,

Jika terdapat kesalahan mohon dikoreksi.
Salam Damai9

ARTIKEL TERKAIT PLECI LAINNYA
ARTIKEL TERKAIT KENARI LAINNYA
BACA SELENGKAPNYA ...

ADA APA DENGAN BURUNG TRUCUKAN ? NILAI HISTORIES BURUNG TRUCUKAN

Berawal dari sekeluar setelah selesai baca wirid dan beberapa dzikir sehabis sholat subuh di Musholla dekat rumah yang berjarak sekitar 50 meteran, terdapat pohon rambutan di belakang musholla di mana tempat kami biasa melakukan sholat berjamaah khususnya sholat subuh (kalo pas subuh ke musholla…. hehehe) terdengar ropelan suara Burung Trucukan yang sangat merdu, indah dengan ropelan panjang hingga menjelang terbit matahari pagi yang memang sangat enak untuk didengarkan, begitu juga ada beberapa pohon jenis lain di sekitar musholla tersebut yang berjarak sekitar 30 meteran, tampak pula burung Trucukan lain yang ikut serta meramaikan suasana pagi yang sejuk dan segar itu, tidak ketinggalan pula burung Trucukan/trocokan milik saudara yang setiap hari memang selalu digantang di depan rumah yang jaraknya tidak berbeda jauh sekitar 30an meteran, demikian juga ikut memeriahkan suasana pagi.

Seketika itu terbesit pikiran, kenapa tidak coba-coba aja beli trucukan sekalipun murah tetapi enak jika terdengar pada pagi hari, padahal sebelumnya pernah punya dan diterbangkan karena beranggapan hanya buang-buang waktu, tenaga dan biaya saja sementara trucukan tidak ada nilai jualnya, apalagi sudah ngurusin burung lain seperti kenari, cucak ijo, kacer, jalak suren yang jelas ada harganya, namun ternyata setelah dipikir-pikir bukan masalah harga ketika kita punya sesuatu walaupun murah tetapi memiliki nilai historis tersendiri buat si pemiliknya.

Sebagaimana alasan diatas dengan semangat kuat sekalipun hanya seekor burung Trucukan, kebetulan pas hari libur berangkatklah ke pasar burung untuk mencaoba mencari burung yang memang sudah diniatkan dari awal. Sesampai di pasar burung, tiba-tiba ada di depan stand kenari ombyokan ada beberapa kandang burung yang dikeredong, sepertinya burung yang sengaja mau dijual oleh perorangan bukan pedagang di pasar tersebut, dan benar setelah kami lihat-lihat ternyata salah satunya adalah burung trocokan sudah jadi dan menurut si pemiliknya dijual karena sudah bosan ngerawat, “Kebetulan ane lagi nyari trocokan nih” kata saya. Seketika itu pula terjadi transaksi burung trocokan + kandang yang masih cukup bagus jika beli dalam kondisi baru sekitar 90 ribuan, dan Alhamdulillah 1 set burung + kandang tersebut hanya disuruh bayarin semula Rp 70 ribu namun ternyata kata penjualnya masih bisa kurang, dan akhirnya deal seharga Rp 55 ribu, dengan kondisi burung sudah tinggal menikmati keindahan suaranya di pagi hari dan melanjukan perawatannya saja. Lumayan….


Oh ya perlu kami sampaikan pula, barang kali ada yang berminat ingin menjual atau mencari burung bisa diinformasikan kepada kami www.damai9.blogspot.com dengan mengisi kolom komentar atau bisa email ke doel_099@yahoo.com atau bisa juga diinfokan ke : 085691639668 (WA & Line), untuk kemudian iklan tersebut kami tayangkan di blog ini, jangan lupa cantumkan nama, alamat dan juga nomor telpon yang bisa dihubungi, dan perlu diingat apabila terjadi transaksi, sepenuhnya tanggung jawab antara penjual dan pembeli, bukan merupakan tanggung jawab kami karena kami hanya sebagai perantara saja.

Demikian dan terima kasih
Salam damai9

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:
BACA SELENGKAPNYA ...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...