GAYA KHAS PLECI MANIA

Banyak gaya dan ciri khas Kicau Mania dalam menggandrungi peliharaan miliknya. Untuk kicau mania kelas burung berukuran sedang dan besar bisa dikatakan tidak terlihat perbedaan yang mencolok dalam melakukan gaya khas mereka masing-masing ketika memperlakukan peliharaan miliknya. 

Namun berbeda dengan gaya khas Pleci Mania yang unik dan antik serta merupakan kebanggaan tersendiri ketika burung bisa berkicau dan ngalas, ngerol sementara kandang masih dalam genggaman tangan si pemiliknya sambil diangkat ke atas. Memegang kandang burung pleci apalagi jika milik sendiri memang kenikmatan tiada duanya, sangat indah apalagi jika kondisi burung sudah rajin dengan suara keras, bersih, kristal, rapat dan mantap. Pastilah sambil menikmati kicauan dan ocehan pleci kesayangan dengan gaya khas pleci mania ini sangatlah asyik.










Perlu kesabaran jika burung pleci milik kita belum bisa bernyanyi menghibur kita pada saat kita angkat kandangnya dan hanya cat… cit… ala kadarnya saja. Don’t worry ! be happy tetap sabar, rawat dan sayangilah burung pleci kita tidak perlu ragu dan terburu-buru pasti suatu saat kita bisa melakukan seperti apa yang kita inginkan sebagaimana yang para kicau mania lakukan.

Sumber: gambar diatas diambil dari berbagai sumber di internet dan facebook.

Tetap semangat
Salam damai9  
BACA SELENGKAPNYA ...

RACIKAN MAKANAN DAN MINUMAN UNTUK PLECI AGAR MAKSIMAL TAMPIL SAAT LOMBA BAHKAN JADI JUARA

Banyak tips dari para pakar Pleci Mania (Pleman) yang sudah banyak disampaikan di internet tentang bagaimana cara merawat pleci agar bisa tampil maksimal dan stabil menjelang lomba dan pada saat lomba diadakan.

Banyak komentar Pleman yang mengatakan rawatan burung pleci lebih mahal dari pada rawatan burung mahal sekalipun, artinya jika merawat burung besar seperti Cucaik Ijo, Murai Batu, Kenari, Kacer, Jalak Suren, Pentet ataupun burung ukuran besar lainnya cukup dengan memberikan buah ataupun jangkrik, kroto dan voer, dan sesekali vitamin, namun untuk pleci lebih dari hanya sekedar itu semua.

Mungkin Anda berminat baca .....
Sebagaimana yang telah banyak disampaikan tentang pengalaman rahasia rawatan Pleci oleh Ahli Pleci yang sudah diutarakan di banyak info di dunia perburungan terutama pleci:

Racikan Makanan Campuran untuk burung Pleci agar bisa Tampil Maksimal

1. Voer Malau halus
2. Voer Leopard
3. Tepung Jangkrik
4. Voer ikan
5. Bubur bayi rasa pisang

Masing-masing porsi 1 bungkus kemudian dicampurkan dan diaduk hingga rata dan kemudian tinggal diberikan, tentunya tidak hanya cukup itu saja makanan yang diberikan, tambahkan juga dengan kroto segar setiap hari.

Minuman yang bagus diberikan buat burung Pleci untuk menambah stamina.

Banyak Pleman yang menyarankan sebagaimana yang sudah disampaikan pada artikel sebelumnya yang bisa dibaca disini, komposisi campuran minuman yang diberikan untuk mendongkrak stamina agar tampil maksimal dan stabil, diantaranya adalah:

1. Air larutan yang biasa dipakai untuk panas dalam – 1 botol
2. Buavita rasa apel atau bisa rasa leci – 1 kotak
3. Vita-sol (maaf bukan promosi) – cukup 3-4 tetes
4. Ebod fit (bukan promosi juga) - cukup 3-4 tetes
5. Madu, lebih diutamakan madu kalimantan (asli hutan) – cukup 1/2 sendok makan

Semua dicampur dan kocok hingga tercampur secara merata, dan selanjutnya untuk penyimpanan bisa diletakkan di lemari pendingin agar kualitasnya tetap terjaga, namun perlu diingat ketika akan memerikan kepada burung pelci, tuang ke cepuk minuman dan biarakan selang beberapa menit sekitra 7-8 menit dan kemudian baru masukkan ke kandang.

Campuran minuman tersebut diatas referensi dari seorang pakar Pleci Mania dan salah satu Admin “Media Koloni (Medkol)” dan disempurnakan oleh seorang member Medkol beberapa waktu lalu.  

Namun perlu diingat, racikan makan dan menu campuran minuman tersebut tentunya berlaku untuk pleci yang berkualitas, jika burung Pleci milik anda kondisinya masih bahan dan muda, pastinya dibutuhkan kesabaran dan keuletan dalam merawatnya hingga bisa menjadi burung berkualitas, minimal prospek berkualitas.

Demikian informasi yang bisa disampaikan, selamat mencoba dan semoga berhasil.
Salam damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

TIPS AGAR BURUNG PLECI RAJIN BUNYI, SUARA KENCENG, KRISTAL, NGALAS, NGEPLONG DAN NGEROL SERTA BUKA PARUH ALA LEADER “MEDIA KOLONI”

Kami sangat berterima kasih kepada Admin sekaligus Leader dari perkumpulan penggemar pleci khususnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya “Media Koloni” (Medkol) dalam jejaring social facebook, bahkan tidak sedikit Pleman (Pleci Mania) wilayah sekitar Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (BODETABEK), ikut menjadi member dalam “Wadah” tersebut, lebih dari itu ketika sempat buka FB banyak juga peserta sekaligus anggota diluar Jabodetabek pun ikut serta bergabung, seperti dari Sukabumi, Bandung, Temanggung, Semarang, Solo, Yogyakarta dan banyak pleman dari kota-kota lain yang ikut memeriahkan Medkol.

Bojes Hustin (Admin Media Koloni)
Pada beberapa minggu yang lalu tepatnya pada hari Jum’at malam, 11 September 2015, namun mohon maaf tidak bisa menampilkan gambarnya karena kualitasnya kurang bagus dan gelap. Dengan kesibukanya pribadinya setiap hari sebagai pegawai swasta dan juga kesibukan dalam mengelola Medianya dengan jumlah anggota untuk saat ini mencapai lebih dari 17.000 “yang dapat dicapai hanya dalam waktu yang sangat singkat”, tuturnya, pada saat posting artikel ini (21 Sept 2015), namun beliau masih sempat meluangkan waktu untuk berkunjung ke gubuk kami dalam rangka kunjungan kepada para membernya yang selalu setia dan aktif dalam hal khusunya burung pleci.

Dalam kunjungannya tersebut banyak hal yang disampaikan oleh beliau terkait perkembangan perburungan di Indonesia terutama pesatnya peminat burung Pleci yang hingga saat ini semakin bertambah dan bertambah, seiring perkembangan semakin banyaknya yang ingin berpartisipasi untuk dijadikan sebagai member dalam wadah tersebut, dengan gaya khasnya yang cool, calm, and ………. tetap saja diterima dan tidak pernah menyepelekan member yang sudah bergabung tanpa membedakan satu dengan yang lainnya, dan menurut penuturan Kang Yanto yang juga merupakan salah satu member dari “MedKol” adalah, Medkol itu orangnya enak-enak, saling berbagi  sesuai dengan semboyannya “kita semua bersaudara”.

Ada tips yang sempat disampaikan kepada kami, berkaitan pertanyaan kang Ratno, yang juga member Medkol, perihal rawatan agar pleci bisa berkualitas, diantara jawabannya jika tidak salah dengar yaitu,  air minum hendaknya berikan dengan Larutan “CG”, dicampur  vitasol, Ebod vit, dan mohon maaf ada jenis campuran lain yang sempat lupa, namun ada juga yang diinformasikan oleh kang Yanto dengan memberikan minuman buafita rasa apel yang dicampur dengan madu. Dan menurut mereka dengan cara tadi bisa mendongkrak suara pleci lebih berkualitas dan tetap stabil tentunya kroto dan gizi lainnya juga perlu difikirkan.

Demikian dan selamat mencoba, apabila ada masukan mohon bisa di comment.    
Salam damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

PLECI SEMAKIN TENAR, HARGA PLECI PUN SEMAKIN MEROKET

damai– Ditengah anjloknya harga beberapa jenis burung di pasaran akhir-akhir ini seperti harga Kenari dan Love Bird dan harga jenis burung lainnya, ada yang justru sedang menjadi primadona bagi para pecinta burung yaitu burung Pleci/Kaca Mata sehingga harganya menjadi melesat naik dengan sangat cepat.

Sebagaimana pada artikel-artikel sebelumnya yang membahas tentang pleci, seperti:
Mungkin Anda minat masteran suara Pleci MP3 silahkan download disini. 

Pengalaman seorang kawan yang memiliki beberapa Pleci di rumahnya dan salah satu diantara Pleci rawatannya pada saat membeli seharga Rp 130 rb + kandang, kondisi rajin namun belum bukpar (buka paruh) dengan merawat sekitar 3 - 4 bulanan, dia berhasil menjualnya dengan harga Rp 450 ribu + kandang + kerodong. Sudah jelas keuntungannya dari hanya menjual 1 ekor pleci.

Memang saat ini Pleci sedang Booming, pemainnyapun berasal dari segala penjuru bukan hanya sekedar dari kalangan bawah namun seluruh kalangan, dan itulah yang mengakibatkan peminat pleci semakin banyak dan semakin ramai karena siapapun bisa memilikinya dan memainkannya, berbeda dengan burung-burung jenis lainnya yang harga bahanannya saja  sudah 1 jutaan keatas, namun perlu digarisbawahi tenarnya Pleci saat ini tidak tertutup kemungkinan suatu saat bisa juga redup sebagaiamana tenarnya burung-burung yang dulu sempat jaya pada masanya seperti Love Bird dan Kenari dan akan digantikan dengan burung lainnya.

Apa sih sebenarnya penyebab cepat naik dan turunnya beberapa jenis burung ini ?

Beberapa kalangan berpendapat, penyebab utamanya adalah EO (Event Organizer) yang sering mengadakan lomba burung baik sekedar latber, latpres, dan juga lomba-lomba burung lainnya. Burung jenis apa yang saat itu sedang mulai ramai dibicarakan orang, makan EO pun akan segara mengejar dan menggelar perlombaan, maka semakin ramailah penggemar jenis burung tersebut.

BTW, manfaatkanlah semaksimal mungkin dengan cara miliki, rawat dan jadikan burung apa yang sedang menjadi trend dengan sungguh-sungguh tentunya dengan cara yang benar dan tepat, maka Insya Allah banyak peluang luas untuk mendapatkan keuntungan yang akan kita dapatkan.

Demikian dan semoga bermanfaat

Salam damai9     
BACA SELENGKAPNYA ...

BERBAGAI CARA MENYIKAPI HARGA BURUNG KENARI YANG SEDANG TURUN HARGA

Ditengah terpuruk dan anjloknya harga burung kenari akhir-akhir ini sebagaimana pernah kami sampaikan juga pada artikel sebelumnya yang bisa dibaca disini

Terutama untuk kenari jenis lokal dan lokal super, banyak pemilik burung menyikapinya dengan berbagai macam cara atas kekecewaan yang diterima akibat turunnya harga kenari tersebut. Sebagian pemilik Kenari menjual cepat-cepat dengan asumsi mumpung harga belum anjlok banget (kementar sekitar Agustus – Oktober 2015), ada juga menstrategikannya dengan cara barter dengan burung lain sekalipun nambah dan banyak lagi cara lain yang dilakukan oleh para pemilik kenari lainnya.

Mungkin anda berminat baca ....

Terkait dengan hal di atas… bertepatan saat jam istirahat, seusai sholat Dzuhur dilanjutkan makan siang di sebuah warung makan, sempat melihat di seberang jalan tepatnya di warung rokok yang kebetulan disampingnya ada seekor burung kenari lokal warna kuning gading kondisi gacor yang menurut pemiliknya rawatan udah lama, kata pemilik kenari “Mau dijual ga laku terus harga ancur banget, padahal waktu beli harganya masih lumayan mahal dulu, mending kita rawat dan nikmati sendiri aja”, celoteh si pemilik kenari, di tempat lainnya di sebuah warung makan yang tidak jauh dari tempat tersebut yang sama-sama memiliki kenari yang juga sudah gacor memiliki alasan yang sama kenapa tidak menjual kenari miliknya.

Mungkin anda ingin download suara burung Kenari, silahkan bisa dilihat disini

Dari sedikit kejadian di atas bisa disimpulkan bahwa, ketika kita mengalami problem yang sama yaitu memiliki kenari yang memang apabila kita jual harganya sangat jatuh, maka salah satu cara untuk bisa menghilangkan rasa kesal, ya sudahlah tinggal kita nikmati sendiri saja tanpa ada beban yang selalu meresahkan kita terkait turunnya harga burung kenari tersebut.

Menikmtai indahnya suara terutama burung kenari sebenarnya tergantung kepuasan saja, memang sih, jika kita membeli dan memiliki burung dengan harga mahal kemudian gacor pasti secara mental bisa menjadikan rasa puas tersendiri dibandingkan dengan bila kita memiliki burung dengan harga murah sekalipun itu gacor… cor…. cor… . Untuk itu kembali lagi hanya sekedar perbedaan rasa puas saja yang tertanam di fikiran kita. Peach bro …

Semoga bermanfaat
Salam damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

[VIDEO + YOUTUBE] ANIS CENDANA JINAK DAN BISA BUAT MAINAN

Tayangan Anis Cendana pada VIDEO yang bisa dilihat dibawah ini, menginspirasikan kita bahwa... Oooh.... ternyata Anis Cendana bisa se jinak ini ya.... bisa dibuat mainan pula! heheh..., namum yang selalu menjadi bahan pertanyaan kita adalah mengapa harga Anis Cendana tidak se mahal Anis Bata/Merah, atau Anis Kembang dan Anis Macan, apakah karena kualitas kicauannya ? padahal jika kondisinya sudah sama-sama rajin dan gacor juga tidak terlalu berbeda jauh.   

Okelah, terlepas dari kancah perbedaan harga,  yang pasti dan perlu kita renungkan adalah apabila kita memiliki Anis Cendana, apakah kita bisa membentuk bisa seperti yang tampak pada video ini ? untuk lebih jelasnya silahklan bisa dilihat video di bawah ini:  


sumber dari : https://www.youtube.com/watch?v=Bp_avvTjVCo 
BACA SELENGKAPNYA ...

CARA MERAWAT ANIS CENDANA AGAR CEPAT BUNYI DAN GACOR DAN CARA MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN ANIS CENDANA

Sudah hilir-mudik beberapa artikel tentang burung yang sudah dimuat di blog ini dari burung yang sedang trend hingga burung yang sangat jarang diperbincangkan di forum, ternyata masih ada jenis burung yang sebenarnya lumayan terkenal sekalipun tidak se tenar kawan sejenis lainnya sebagaimana Anis Merah / Bata, Anis Kembang dan Anis Macan bahkan Anis Batu, ternyata Anis Cendana belum sempat dibahas di blog ini.

Namun sebelumnya mohon maaf bagi para senior professional dalam perawatan burung terutama burung ocehan, namun bagi kalangan yang masih awam dengan perawatan burung seperti burung Anis Bata / Anis Merah, Anis Kembang dan juga Anis lainnya, mungkin bisa sedikit membantu.

Dan berikut Tips dan Cara Merawat Anis Cendana agar cepat bunyi, Rajin Ngoceh dan Cepat Gacor adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama adalah pastikan Anis Cendana yang kita miliki berjenis kelamin jantan, cara membedakan jantan dan betina bagi yang sudah faham mungkin tidak masalah, namun yang masih memerlukan akan diuraikan di bawah.
  2. Perawatan harian, sebagaimana burung lainnya burung dikeluarkan pada pagi hari seusai Subuh ketika matahari belum terbit agar pada saat matahari terbit bisa memancing Anis Cendana berlatih ngeplong
  3. Selanjutnya burung dimandikan setiap pagi sekitar jam 7an dengan semprot, atau bisa juga sediakan cepuk mandi yang bisa diletakkan di kandang karena burung jenis Anis Cendana juga termasuk burung yang suka mandi jika disedikan air, untuk itu jika burung sudah mandi cepuk kembali diambil, namun perlu diingat sebelum dimandikan terlebih dahulu berikan kroto 1 sendok the dan juga cacing tanah cukup 2 ekor saja
  4. Setelah dimandikan, angin-anginkan sekedar 5-10 menit dan kemudian lakukan penjemuran selama kurang lebih 1-2 jam
  5. Sediakan makanan yang cukup, berupa voer yang berkualitas
  6. Berilah makanan tambahan (EF: Extra Food) berupa jangkrik setiap pagi/sore 4 – 5 ekor, bisa ulat hongkong cukup 2-3 ekor sehari.
  7. Dan yang tidak kalah penting buatlah suasana disekitar rumah diusahakan ramah dan aman serta nyaan bagi burung, seperti misalnya; ketika gita gantung seusai dimandikan kondisi cuaca tidak terlalu panas mungkin tidak masalah, namun mungkin berbeda ketika kondisi matahari udah siang hari yang mengakibatkan burung kepanasan maka hendaknya pindah dan carilah tempat yang lebih teduh agar burung lebih terasa nyaman.

Sebagai salah satu cara untuk memancing agar Anis Cendana mau berbunyi hendaknya dilakukan pemasteran dengan sesama burung Anis Cendana yang kondisinya sudah rajin, atau bisa juga dimaster dengan menggunakan suara burung Anis Cendana dalam bentuk MP3, silahkan download disini.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Anis Cendana

Beberapa pakar telah banyak menyampaikan paparannya perihal cara membedakan jenis kelamin Anis Cendana yang memang agak susah untuk membedakan antar jantan dan betinanya, namun sebagaimana jenis Anis lainnya ada yang bisa dijadikan sebagai patokan dalam membedakannya, diantaranya:
  • Secara fisik pada saat berdiri jantan lebih tegak dan kaki lebih rapat sedangkan betina lebih terkesan jongkok
  • Untuk jantan, body lebih ramping dan tudak bulat
  • Warna bulu jantan lebih terang dan kontras
  • Jika dicermati mata Anis Cendana jantan lebih belok (melotot) sedangkan betina tidak

Dan mungkin ada perbedaan lainnya yang mohon maaf kami kurang faham dan tidak bisa kami pastikan.

Demikian dan terima kasih
Salam damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

CARA MERAWAT CIBLEK BAHAN YANG BARU BELI AGAR CEPAT NGEVOER (2)

Sebenernya artikel tentang Bagaimana cara merawat Burung Ciblek bahan yang baru beli agar cepat ngevoer sudah dibahas pada artikel sebelumnya sebagaimana yang bisa dibaca disini, namun tidak ada salahnya dimuat kembali dengan versi sedikit berbeda.

Sebagian kicaumania mungkin pernah mengalami kegagalan dalam merawat burung ciblek bahan yang baru beli, baik dari pasar burung, dari toko burung maupun dari sesama kawan penghobi, dan tidak bisa bertahan lama. Karena pada beberapa burung bahan yang baru dibeli, khususnya burung  Ciblek sangat rentan sekali dan jarang bertahan lama ketika sudah kita rawat di rumah, dan burung Ciblek bisa hidup dan tahan lama menurut pendapat beberapa kicau mania apabila sudah mau makan voer (ngevoer), namun demikian tidak mudah memproses burung Ciblek yang baru beli bisa segera ngevoer.

Mungkin Anda minat .... silahkan klik
Salah satu cara dan trik serta tips agar burung Ciblek bahan mau makan voer dan cepat ngevoer adalah dengan mencampurkannya dalam 1 kandang selama sekitar 1 mingguan dengan ciblek lain yang sudah ngevoer sehingga keinginan si ciblek bahan ketika melihat kawannya makan voer, akan meniru dengan apa yang dilakukan oleh kawan sekandang tersebut sehingga akan lebih mudah dan lebih cepat ngevoer.

Adapun cara lain yang dikalukan dalam membentuk agar ciblek cepat ngevoer diataranya:

  1. Pada awalnya burung diberi makan sebagaimana makanan normal sebagaimana di alam bebasnya selama 2-3 hari
  1. Pada hari ke-4, bertahap makanan kesuakaan ciblek seperti kroto diberikan campuran voer halus dengan berikan 2-3 tetes air dan diaduk pada cepuk makannya jika dilihat kotoran sudah terlihat bahwa burung sudah makan voer, maka pisahkan makanan secara terpisah, tempat voer, kroto, minuman, jangkrik kecil, dll.
Jika kita berhasil dalam merawatanya dari sejak kita membeli, proses ngevoer hingga menjadi jinak, apalagi jika yang kita beli adalah jenis kelamin jantan, maka selain merupakan kepuasan tersendiri bisa memproses burung ciblek bisa ngevoer, tentunya bisa mendatangkan keuntungan lain yang cukup lumayan.

Kalkulasi ringan saja, jika kita membeli Ciblek Semi kondisi bahan harga Rp 30-35 ribu dalam waktu sekitar 1-2 minggu sudah ngevoer dan kita jual Rp 100 ribu saja, sudah jelas keuntungan yang kita dapatkan adalah Rp 70 ribu, jika dikalikan berapa ekor …. maka, lumayan laaaah….. heheheh, untuk itu perlu kesabaran dan keuletan serta keahlian khusus dalam merawat Ciblek bahan ini.

Selamat mencoba dan semoga berhasil
Salam damai9
BACA SELENGKAPNYA ...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...