KENARI SEBAGAI MASTER PLECI YANG HANDAL DAN MENJANJIKAN DISAMPING SUARA BURUNG LAINNYA

Banyak tips dari para pakar Pleci Mania (Pleman) yang sudah banyak disampaikan di internet tentang bagaimana cara merawat pleci agar bisa tampil maksimal dan stabil menjelang lomba dan pada saat lomba diadakan.

Ada beberapa komentar Pleman yg mengatakan rawatan burung pleci lebih mahal dari pada rawatan burung mahal sekalipun, artinya jika merawat burung besar seperti Cucaik Ijo, Murai Batu, Kenari, Kacer, Jalak Suren, Pentet ataupun burung ukuran besar lainnya cukup dengan memberikan buah ataupun jangkrik, kroto dan voer, dan sesekali vitamin, namun bisa jadi perawatan untuk pleci bisa lebih mahal dari pada perawatan burung-burung di atas.


Sebagaimana yang telah banyak disampaikan tentang pengalaman rahasia rawatan Pleci oleh Ahli Pleci yang sudah diutarakan di banyak info di dunia perburungan terutama pleci.

Artikel kali ini bukan membahas mengenai cara merawat dan bagaimana seharusnya perawatan terhadap burung pleci yang harus dilakukan, namun aka lebih fokus pada cara memaster Pleci dan burung apa saja yang cocok untuk dijadikan sebagai isian Pleci.

Pada dasarnya Pleci adalah burung yang sangat cerdas, isian apa saja bisa terrekan olehnya, coba kita dengarkan pada saat pleci ngeriwik, suara apa saja ada, sekalipun belum kita master dengan isian suara burung yang kita inginkan, biasanya ketika di alam liar pelci sudah terdapat banyak isian seperti kutilang, ciblek, prenjak, terkadang tengkek, plentet / cendet, ciblek pari dan masih banyak lain lagi isian yang lain.

Ketika pleci sudah dalam kondisi perawatan orang maka kesempatan pemiliknyalah yang dengan leluasa untuk memberikan isian burung pelci yang dimiliknya tersebut. Banyak diantara pleci yang sudah dalam rawatan pemiliknya diisi dengan berbagai jenis suara burung mahal seperti Murai Batu, Kacer, Cucak Ijo, Cililin dan lainnya namun yang lebih dominan suaranya sangat terlihat isiannya jika suara Kenari bisa termaster oleh si Pleci, karena suara ngerol kenari ketika masuk ke Pleci dan disuarakan oleh Pleci akan sangat unik, antik dan mantab, karena itu pula beberapa pengalaman Pleci yang memiliki isian kenari banyak yang mendapatai juara pada saat ajang perlombaan diadakan. Namun tentunya divariasikan juga dengan suara burung lainnya sebagaimana suara-suara burung di atas yang bisa menjadikan Pleci akan semakin Joss dan mantab.

Demikian dan selamat mencoba
Salam damai9

Kawan Kicau Mania, apabila artikel ini dirasa bermanfaat bagi Anda, silakan like di Facebook atau di Google+. Terima kasih
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...