CIRI-CIRI PLECI OVER BIRAHI DAN CARA MENURUNKAN OVER BIRAHI PLECI

damai– Bebera perilaku jenis burung terutama burung pleci pada kisaran umur 6 bulan ke atas biasanya dan seharusnya sudah mulai menunjukkan performanya yang dibuktikan dengan mulai rajin berkicau, baik berupa sekedar negriwik halus atau yang lebih sering kita dengar dengan sebutan wiklus ataupun kriwikan kasar atau wiksar dan bahkan ngalas, ngerol dan negplong.

Rajinnya burung berkicau tidak lepas dari yang namanya kondisi birahi pada burung tersebut, jika dalam mensetting burung Pleci milik kita dengan settingan pemberian makanan, minuman dan EF serta perawatan lainnya yang tepat seperti mandi dan jemur serta pengembunan sehingga bisa mengkondisikan burung pada level burai dengan tepat dan pas, maka burung akan menjadi rajin berkicau tidak hanya sekedar wiklus dan wiksan namun bisa menjadi gacor, ngalas ngerol, bukpar dan lain sebagaian dengan kondisi stabil dan nagen. untuk itu sangat dibuthkan kejelian dan kecermatan tersendiri pada saat melakukan setingan sebagaimana yang sudah dijelaskan dengan tepat dan akurat.

Kita biasanya akan merasa kebingungan dan gundah ketika Pleci miliki kita gacor tapi karena terlalu over birahi yang ditandai dengan selalu loncat-laoncatan dan bahkan ngerabak dalam kandang sehingga kurang asyik untuk dinikmati, maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah bagaimana caranya menurunkan kondisi birahi pada level over menjadi normal kembali, karena menurut beberapa pendapat dari para pleci mania, over birahi (OB) disebabkan karena kelebihan EF yang kita berikan sehingga akan berdampak secara langsung pada pleci milik kita, maka dengan kondisi tersebut harus diturunkan kondisi OB nya pada level yang tetap, tetapi perlu diingat bukan berarti dalam upaya menurunkan OB harus dengan mengurangi dan bahkan sama sekali tidak memberikan EF, tetap berikan EF tetapi pada kondisi yang tepat.

Ada bebera pendapat untuk menurunkan kondisi OB pada Pleci dengan memberikan ketimun, yang disinyalir akan secara cepat meredkanan dan memulihkan kondisi over birahi oada Pleci.

> Ciri-Ciri Pleci Over Birahi:
- Sering loncat-loncatan dan gelisah sekalipun kondisi makanan dan EF tersedia.
- Menggetarkan sayap seraya mengeluarkan suara ciriiririri… cirriririr….ciciririr… seperti akan musuh.
- Sepintas terkadang makan lebih rakus  
- Apabila bertemu dengan Pleci lain suka menggoyangkan kepala dan ngeriwik halus.

> Adapun Cara mengatasi Pleci Over Birahi adalah sebagai berikut:
- Sering dimandikan, atau jika tidak sempat karena harus melakukan aktifitas lain, berikan cepuk ukuran besar untuk mandi sendiri.
- Kurangi pemberian EF seperti UH, UK dan juga Kroto atau bisa juga diatur pemberian EFnya jika biasanya setiapa hari maka berikan jedah waktu untum pemberiannya.
- Berikan buah-buahan seperti; ketimun, papaya, dll.
- Lakukan koloni dengan pleci lain, beberapa Pleci Mania tidak menyarankan  untuk tidak disandingkan dengan “Untulan” tapi banyak juga yang melakukan dengan cara didekatkan dengan untulan karena cara ini sangat efektif.
- Pengembunan juga sangat bermanfaat untuk mengkondisikan Pleci lebih stabil.

Demikian dan semoga bermanfaat, maaf jika ada kesalahan.

Salam damai9

Apabila artikel ini dirasa bermanfaat bagi Anda, silakan like di Facebook atau di Google+. Terima kasih
BACA SELENGKAPNYA ...

ANIS KENING / KUNING PUN BISA GACOR DAN CARA MERAWAT ANIS KENING / ANIS KUNING AGAR CEPAT GACOR

damai– Suasana rumah riuh dengan kicauan berbagai jenis burung, sekalipun hanyalah burung-burung yang bukan bernilai mahal dilengkapi dengan tetanggal yang mempunyai koleksi banyak Pleci yang tidak kalah ramainya jika saat pagi hari dikeluarkan.

Untuk mengurangi gantangan, terfikirkan mencoba untuk melepas ataupun jika ada yang berminat untuk barter salah satu gantangan yang baru sekitar 1 bulanan merawat namun suaranya lumayan keras dan prediksi akan rajin.

Anis Kening. Dari berbagai jenis Anis, Anis Kening memang tidak sepopuler dibandingkan dengan jenis Anis-Anis lainnya seperti Anis Merah, Anis Kembang, Anis Macan, Anis Cendana dan juga Anis-Anis yang lain, tetapi sebagaimana prediksi awal yang saya sampaikan, ternyata ketika saya mencoba posting untuk dipromosikan barangkali ada yang berminat untuk melanjutkan perawatannya ternyata dari salah satu pembaca ada yang memberikan komentar mengenai burung Akis Kening / Anis Kuning yang menyebutkan “Tetangga saya punya gacorr banget…kalo malem,,pagi,,,brisik banget burung ginian” itulah comment dari seorang pembaca yang mengatakan bahwa Anis Kening juga ternyata bisa gacor.     

Terlepas dari gacor atau tidaknya dan juga perbedaan varian kicauan suaranya bagus atau tidak ataupun bervariasi atau tidak, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba memiliki jenis burung yang sebenarnya bagus tetapi karena belum terkenal secara umum di kalangan kicau mania, maka biasanya dari beberapa kicau mania sangat sedikit sekali yang berani mencoba untuk membeli dan merawat burung yang belum banyak dikenal tersebut sekalipun harganya tidak terlalu mahal.

Berbeda dengan burung yang sudah terkenal, apalagi jika memang dari sejak jaman dulu sudah terkenal, maka bisanya sekalipun variasi kicauannya tidak terlalu banyak seperti Robin tetap saja banyak juga yang mencarinya dan berani membayar dengan harga mahal apalagi jika termasuk kategori burung jaman dulu (legenda) dengan variasi suara yang lumayan bagus dan keras seperti Wambi, Cucak Rowo, Poksay dan lain sebagainya maka sekalipun harganya mahal dimanapun orang akan mencarinya. Dan sebenarnya tidak menutup kemungkinan burung-burung yang saat ini kurang beruntung dan tidak se terkenal burung-burung tersebut suatu saat mungkin bisa jadi menjadi burung yang diingat di masa yang akan datang selain burung burung yang memang sedang terkenal saat ini seperti Murai Batu, Cucak Ijo, Kacer, Jalak Suren, Kenari dan juga burung lainnya.

Adapun cara merawat Anis Kening agar cepat gacor adalah tidak berbeda jauh dengan perawatan burung lainnya, seperti; kebersihan kandang, mandi dan jemur, pemberian makan dan minum yang sangat perlu diperhatikan terutama untuk minumannya karena jenis Anis termasuk burung yang mengkonsumsi banyak air tidak terkecuali Anis Kuning/Anis Kening, porsi makan juga banyak apalagi jika sudah ngevoer, 1 cepuk pun bisa habis dalam sehari, berikan juga kroto cukup 2-3 hari sekali, ulat hongkong, ulat bambo, dan sangat dianjurkan adalah dengan memberikan cacing tanah jika sempat setiap hari minimal 2 ekor cacing.  

Demikian semoga bermanfaat
Salam damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

CARA MEMBEDAKAN ANIS MERAH / ANIS BATA / PUNGLOR MERAH JANTAN DAN BETINA

Memang kurang sedap, kurang puas dan kecewa berat rasanya apabila kita memiliki burung yang pada saat beli baik di pedagang burung, beli di media sosial ataupun dari pemilik langsung tetapi si penjual ataupun pemiliknya sebelumnya tidak jujur dengan kondisi burung yang sebenarnya.

Ada pengalaman seseorang perihal burung Anis Merah ketika membeli ke pemiliknya langsung, si pemilik menjelaskan bahwa Anis Merah miliknya sudah teler, untuk membuktikan bahwa Anis miliknya tersebut teler diperlihatkanlah video pada saat telernya, namun karena faktor stress ataupun alasan lainnya kata si pemilik kalo Anis miliknya baru mandek beberapa minggu yang lalu dan segala macam alasan yang disampaikan.

Satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah, benarkan Anis Merah yang dijual saat itu benar Anis Merah yang ada di video yang dia stel tersebut ataukah bukan ? caranya, perhatikan apakah kandang sama antara yang di video dengan yang ada sekarang, jika beda perlu dicurigai, kedua fisik dan warna burung, mirip atau tidak, kaki udah nyisik atau belum dan lain sebagainya.

Kenapa pemilik beralasan burung Anis Merahnya lagi mandeg bunyi ?, karena bisa jadi sebenarnya bukan burung jantan dan memang sebenarnya tidak bunyi, sementara yang diperlihakan di video memang burung yang mau dijual dan bisa jadi hanya video yang ambil dari internet. Untuk itu akan diberikan penjelasan sedikit tentang bagaimana cara membedakan Anis Merah Jantan dan Betina.

Kendati secara fisik Anis Merah yang sudah berumur sangat sulit dibedakan mana yang jantan dan betinanya namun ada beberapa patokan yang bisa di jadikan pedoman untuk membedakan jenis kelamin jantan dan betinanya.

~ Warna merah Anis Merah / Anis Bata jantan lebih kontras dan jelas dibandingkan dengan betina yang agak sedikit kusam, begitu juga warna hitamnya untuk jantan lebih pekat sedangkan betina agak sedikit kusam. Namun perbedaan ini tidak bisa menjamin 100% keabsahannya.

~ Ada juga yang membedakan Anis Merah dengan cara meraba pada bagian supit pada kaki bagian paha untuk jantan lebih rapat jika dibandingkan betina yang lebih renggang dan lebih lentur.

~ Secara sifat Anis Merah jantan terlihat mengangkat-angkat kepala jika bertemu sesama jenis. Sedangkan betina tidak. Jika sedang birahi Anis Merah betina jika bertemu si jantan yang sedang berkicau  atau teler, maka dia akan menggetar-getarkan sayap dan mendongak sambil mengeluarkan suara kiciran.

Pendapat tentang perbedaan jantan dan betina di atas tidak sepenuhnya bisa dipastikan kebenarannya hanya saja sebagai gambaran, namun untuk kepastiannya menurut saran seorang kawan jika menginginkan Anis Merah mending yang sudah jadi saja dan yang pasti sudah terlihat secara langsung burung yang akan kita beli.

Demikian dan semoga bermanfaat
Salam damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

MADURASA DAN VITAMIN UNTUK KECERDASAN ANAK, RAMUAN MUNIMAN PAS DAN COCOK UNTUK PLECI “CIKO” (PLECI PESISIR / KACIAL) MILIK OM YANTO

damai– Berbagai cara dilakukan untuk menjaga stamina dan kualitas serta performa pleci agar berpenampilan Joss saat tampil agar terlihat mempesona dan menggiurkan dengan banyak variasi isian. Banyak eksperimen yang dilakukan oleh seorang Pleci Mania (Pleman) yang memiliki lebih dari 10 jenis pleci ini dengan berfikir secara logika seorang manusia.

Mengingat semakin banyaknya peminat burung Pleci, menjadikan banyak ide bermunculan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan performa burung kesayangan.

Sudah terbiasa dan cara yang dilakukan, seperti pengembunan pada pagi hari setelah subuh bahkan ada juga yang melakukan proses pengembunan pada malam hari sekitar pukul 12 malam, kemudian proses mandi, penjemuran, pemberisahan kandang dan perawatan lain sebagainya dan yang lebih sering dilakukan oleh para pleci mania adalah berkaitan dengan pemberian makan dan minuman serta asupan gizi untuk penambah stamina si burung, oleh karena itu dengan berbagai percobaan yang dilakukan, ternyata trik dan cara dibawah ini lumayan manjur dan mujarab hingga mencetak Pleci yang siap gantang.

Adapaun ramuan minuman yang diberikan adalah merupakan campuran dari berbagai bahan yang dianggap sebagai nutrisi penambah stamina yang bisa mensupport pleci tampil secara maksimal diantaranya yang pertama adalah Madu (madurasa) sebagai penambah setamina dan energi untuk pleci, kedua Minyak Ikan rasa buah, bisa juga berupa vitamin dalam bentuk sirup yang biasanya diberikan untuk anak sekolah yang berfungsi untuk menambah kecerdasan pada otak anak sehingga mudah menyerap segala sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitar dan bisanya lebih sering diperuntukkan untuk menambah kecerdasan pada anak sekolah sehingga dapat dengan mudah memahami dan menyerap dengan cepat mata pelajaran yang disampaikan oleh gurunya, lalu bagaimana reaksinya ketika vitamin tersebut diberikan kepada burung Pleci ? Menurut penuturan Om Yanto, sebagaimana seorang anak ketika diberikan vitamin tersebut akan dapat berpengaruh terhadap mempermudah pemahaman dalam proses belajar anak demikian juga ketika diberikan pada burung maka burung akan dengan mudah menerima segala bunyi terutama suara burung lain yang kita tujukan untuk dijadikan sebagai master si Pleci agar bisa terrekan oleh Pleci dengan harapan Pleci bisa memiliki variasi suara burung lain yang kita inginkan sehingga bisa memberikan nilai lebih pada Pleci milik kita berkat banyaknya variasi kicauan yang kita masterkan, dan yang Ketiga, berikan juga air gula dengan komposisi seimbang, karena dengan memberikan air gula banyak kandungan kalori di dalamnya sehingga menambah kekuatan dan tenaga yang dimiliki oleh si Pleci.

Ramuan diatas hanya komposisi minumannya saja, sementara untuk makanan tetap harus diberikan seperti voer berkualitas ataupun voer racikan sendiri, kroto, ulat hongkong dan lain sebabagainya.

Demikian dan selamat mencoba, semoga sukses

Salam damai9

Apabila artikel ini dirasa bermanfaat bagi Anda, silakan like di Facebook atau di Google+. Terima kasih
BACA SELENGKAPNYA ...

RAMUAN MINUMAN UNTUK PLECI AGAR MEMILIKI PERFORMA SEMAKIN JOSS

Mengingat semakin banyaknya peminat burung yang berukuran tidak lebih besar dari jempol tangan orang dewasa ini, menjadikan banyak ide bermunculan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan performa burung dengan sebutan Pleci ini.

Sangat banyak cara yang dilakukan, mulai proses penjemuran, pengembunan dan perawatan lain dan yang lebih sering dilakukan oleh para pleci mania adalah adalah berkaitan dengan pemberian makan dan minumannya serta asupan gizi dan penambah stamina si burung.

Pengalaman seorang kawan sebut saja Om Ratno yang sempat me-lego Pleci miliknya seharga Rp 600 selepas Latber dan kebetulan performa pleci miliknya lumayan bisa diperhitungkan dan bisa dikategorikan Pleci yang memeiliki prospek bagus. Sebelumnya Om Ratno membarter sesama Pleci dari seorang kawan sesama penggemar Pleci dengan kondisi masih belum siap tampil, namun berkat keuletan dan kesabarannya dengan memberiklan asupan gizi dan tambahan EF serta ramuan jamu-jamuan yang bisa menambah performa pleci semakin gencar. Tetapi setelah ditelusuri, tidak terlalu banyak yang beliau berikan dan ada sedikit rahasia yang beliau sampaikan yaitu dengan menggantikan minumannya dengan cairan Big Cola rasa lemon. Lantan ada pertanya dari si pembeli yang berani membayar Pleci miliknya tersebut, “Serius Om ?”, “Ya serius”, jawab Om Ratno, namun karena rasa keingintahunnya si pembeli dan agar lebih yakin, diambillah cepuk yang ada di dalam sangkar pleci kemudian meminumnya untuk membuktikan bahwa air minum untuk pleci tersebut adalah benar-benar dari Big Cola rasa Lemon tersebut.

Catatan !

Tetapi, Om Ratno memberikan tambahan penjelasan “Tidak semua jenis Pleci akan berpenampilan dengan performa bagus sekalipun diberikan minuman bersoda tersebut, karena beda jenis Pleci beda juga cara melakukan perawatannya”. Tutup om Ratno saat memberikan pendapat pada saat percakapan yang membahas tentang Bagaimana Cara Agar Pleci Memiliki Performa yang Joss.

Demikian semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Salam damai9

Kawan Kicau Mania, apabila artikel ini dirasa bermanfaat bagi Anda, silakan like di Facebook atau di Google+. Terima kasih
BACA SELENGKAPNYA ...

[VIDEO] PLECI ISIAN FULL KENARI, MANTAB

Sebagaimana pada artikel sebelumnya yang membahas tentang masteran untuk burung Pleci sebagaimana penggalan paragraf berikut:

"Pada dasarnya Pleci adalah burung yang sangat cerdas, isian apa saja bisa terrekan olehnya, coba kita dengarkan pada saat pleci ngeriwik, suara apa saja ada, sekalipun belum kita master dengan isian suara burung yang kita inginkan. Di alam liar pelci sudah terdapat banyak isian seperti kutilang, ciblek, prenjak, tengkek, plentet / cendet, ciblek pari, glatik dan masih banyak lain lagi isian yang lain".

Namun untuk bisa terisi oleh suara burung yang kita inginkan dan suara tersebut bukan merupakan burung yang hidup di alam bebas seperti kenari, maka hendaknya kita harus memasternya secara routin baik dengan suara kenari dalam bentuk MP3 ataupun secara langsung dengan burung kenari yang sudah gacor agar Pleci milik kita bisa terisi suara Kenari.

Untuk men-dowload suara burung kenari sebagai masteran Pleci dan juga suara burung lainnya silahkan bisa klik DOWNLOAD SUARA BURUNG MP3.

Seperti tayangan video di bawah ini, Pleci dengan isian suara full kenari yang patut diacungin jempol.  


sumber:https://www.youtube.com/watch?v=e_dRIBNu3Ow 
BACA SELENGKAPNYA ...

KENARI SEBAGAI MASTER PLECI YANG HANDAL DAN MENJANJIKAN DISAMPING SUARA BURUNG LAINNYA

Banyak tips dari para pakar Pleci Mania (Pleman) yang sudah banyak disampaikan di internet tentang bagaimana cara merawat pleci agar bisa tampil maksimal dan stabil menjelang lomba dan pada saat lomba diadakan.

Ada beberapa komentar Pleman yg mengatakan rawatan burung pleci lebih mahal dari pada rawatan burung mahal sekalipun, artinya jika merawat burung besar seperti Cucaik Ijo, Murai Batu, Kenari, Kacer, Jalak Suren, Pentet ataupun burung ukuran besar lainnya cukup dengan memberikan buah ataupun jangkrik, kroto dan voer, dan sesekali vitamin, namun bisa jadi perawatan untuk pleci bisa lebih mahal dari pada perawatan burung-burung di atas.


Sebagaimana yang telah banyak disampaikan tentang pengalaman rahasia rawatan Pleci oleh Ahli Pleci yang sudah diutarakan di banyak info di dunia perburungan terutama pleci.

Artikel kali ini bukan membahas mengenai cara merawat dan bagaimana seharusnya perawatan terhadap burung pleci yang harus dilakukan, namun aka lebih fokus pada cara memaster Pleci dan burung apa saja yang cocok untuk dijadikan sebagai isian Pleci.

Pada dasarnya Pleci adalah burung yang sangat cerdas, isian apa saja bisa terrekan olehnya, coba kita dengarkan pada saat pleci ngeriwik, suara apa saja ada, sekalipun belum kita master dengan isian suara burung yang kita inginkan, biasanya ketika di alam liar pelci sudah terdapat banyak isian seperti kutilang, ciblek, prenjak, terkadang tengkek, plentet / cendet, ciblek pari dan masih banyak lain lagi isian yang lain.

Ketika pleci sudah dalam kondisi perawatan orang maka kesempatan pemiliknyalah yang dengan leluasa untuk memberikan isian burung pelci yang dimiliknya tersebut. Banyak diantara pleci yang sudah dalam rawatan pemiliknya diisi dengan berbagai jenis suara burung mahal seperti Murai Batu, Kacer, Cucak Ijo, Cililin dan lainnya namun yang lebih dominan suaranya sangat terlihat isiannya jika suara Kenari bisa termaster oleh si Pleci, karena suara ngerol kenari ketika masuk ke Pleci dan disuarakan oleh Pleci akan sangat unik, antik dan mantab, karena itu pula beberapa pengalaman Pleci yang memiliki isian kenari banyak yang mendapatai juara pada saat ajang perlombaan diadakan. Namun tentunya divariasikan juga dengan suara burung lainnya sebagaimana suara-suara burung di atas yang bisa menjadikan Pleci akan semakin Joss dan mantab.

Demikian dan selamat mencoba
Salam damai9

Kawan Kicau Mania, apabila artikel ini dirasa bermanfaat bagi Anda, silakan like di Facebook atau di Google+. Terima kasih
BACA SELENGKAPNYA ...