INDAHNYA KEBERSAMAAN SESAMA PLECI MANIA

damai-9. Banyak group dan komunitas sebagai media silaturrahmi untuk saling mengenal dalam kancah perburungan di Indonesia baik di Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan sekitarnya maupun di daerah-daerah lain di luar Jakarta. Seperti ada beberapa komunitas burung seperti MBI (Murai Batu Indonesia) yang pasti semua kicau mania tahu, komunitas Anis Merah, Anis Kembang, Cucak Ijo, Love Bird, Pentet, Jalak Suren, Robin, dan banyak komunitas burung lain yang masioh banyak lagi.

Baca juga : Gaya Khas Pleci Mania

Termasuk diantara komunitas-komunitas burung yang saat ini sedang booming adalah komunitas pleci, seperti PCMI (Pleci Mania Indonesia), KPI (Komunitas Pleci Indonesia), KPK (Komunitas Pleci Kemandoran), MEDKOL (Media Koloni), dan masih banyak lagi komunitas Pleci lainnya yang mohon maaf tidak dapat kami sebutkan karena terbatasnya pengetahuan kami selaku admin www.damai-9.com, namun mohon maaf pada saat kami berkumpul bersama, ngupi sambil makan ruti. Ada desas desus bahwa Medkol sedang goyah tetapi kurang jelas asal muasalnya, tetapi sebaiknya kita ambil hikmahnya dan sebenarnya yang lebih penting lagi adalah jalinan silaturrahmi dan kepercayaan diantara sesama angota (member) agar komunitas tersebut tetap tegak berdiri sebagai naungan bagi para membernya, dan hendaknya utamakan kepentingan komunitas dari pada kepentingan pribadi personel member. Begitu juga dengan jalinan silaturrahmi masing-masing komunitas burung lainnya yang kita ikuti agar tetap berusaha kita pertahankan tetap konsisten dan berkesinambungan. Karena dengan adanya wadah yang pasti akan membawa banyak manfaat bagi para anggotanya.

Pada masa jayanya Medkol, sangat selaras dan terlihat sekali kebersamaannya sebagaimana tampil di gambar. Ciri khas gaya pleci mania yang lain dari pada yang lain, mengakibatkan ada perbedaan dan kelebihan tersendiri dengan gaya angkat kandang yang sangat unik dan menjadi cirri khas Pleci Mania sangat diidamkan oleh kebanyakan pleci mania pada khususnya dan penggemar burung jenis lain pada umumnya.

Keasyikannya adalah pada saat angkat kandang, burung pleci yang ada di dalamnya berkicau dengan ayiknya, gacor serta mantab, itulah kenikmatan yang tiada ternilai harganya, sangat-sangat indah untuk dinikmati, makanya jika burung mahal lainnya harganya jutaan hingga puluhan junta rupiah, namun pleci dengan modal bahan sekitar Rp 50 ribu, namun ketika kondisi susah mantab harganya hingga Rp 90 jutaan, ingat pleci Kayana ? itulah bukti pleci burung yang dibilang murah tetapi harga mewah.

Selayaknya sebagaimana yang dilakukan oleh komunitas pleci-pleci ini dapat diikuti juga oleh kemunitas burung lainnya.


Demikian sekilas info dan semoga bermanfaat. Salam samai-9.com 

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:

BACA SELENGKAPNYA ...

BRANJANGAN AKAN KEMBALI RAMAI, MENURUT ISU

damai-9. Di hari Sabtu karena memang bagi saya hari libur dan mungkin juga bagi sebagian besar kicau mania yang lain juga banyak yang libur di hari tersebut dan sekaligus hari minggunya. Bertepatan dengan sebuah acara yang diadakan oleh satu sekolah di daerah di Jakarta Selatan yang posisinya kebetulan pas di depan rumah, tiba tiba ada seorang kawan datang ke rumah sekedar silaturrahmi sambil menunggu giliran tampil dalam acara tersebut, sambil ngobrolin ngalor ngidul. Selayaknya seorang kicau mania pastinya yang ditanyakan adalah tentang burung peliharaan; “punya burung apa di rumah ?, burung apa aja ? ciblek yang dari ane masih ada ga ? murainya udah gacor belum ? dan lain sebagainya.


Sepanjang obrolan berlangsung, sempat ada bahasan perihal burung yang saat ini sudah mulai lagi, burung yang sempat jaya dan sangat terkenal pada jamannya ketika itu, bersamaan dengan tenarnya burung lain seperti anis, poksay, wambie, dan beberapa jenis burung lainnya yang beberapa tahun belakangan. Adalah burung branjangan yang sempat agak sedikit redup, namun belakangan ini mulai merebak kembali dengan adanya komunitas yang didirikan oleh beberapa orang penggagas yang menginginkan agar Branjangan tenar kembali. Keunikan dan suaranya khasnyalah yang menjadikan para penggemar burung tetap selalu memilih burung dengan ukuran kecil ini tetap eksis dan akan selalu menjadi pilihan banyak penggemar burung, beberapa kawan juga sempat membahas bahwa branjangan bakal booming kembali.

Terlepas dari masalah booming atau anjloknya musim burung yang sedang menjadi trend biasanya lebih cenderung oleh pihak Event Organizer (EO) dan tentunya didukung sepenuhnya oleh para pecinta burung Branjangan pada khusnya. Maka jika keduabelah pihak saling mendukung pastilah akan terjadi kesinambungan kerjasama yang erat sehingga bisa menjadikan sebuah komunitas yang semula sepi manjadi ramai kembali berkat kebersamaan dalam membangun sebuah komunitas, dan pada khususnya Komunitas Branjangan.  

Semoga burung jenis apapun yang kita miliki dan kita rawat, tidaklah hanya kita rawat karena menginginkan demi kepentingan materi secara semata namun lebih dianjurkan bila merawat burung karena keinginnan untuk melestarikan burung tersebut sehingga tidak terjadi kepunahan di alam bebasnya.

BACA SELENGKAPNYA ...

CARA BETERNAK (BREEDING) LOVE BIRD AGAR BERHASIL DAN SUKSES – OMSET MENGGIURKAN

damai-9. Antar sesama penghobi burung tidak akan jauh-jauh ketika sedang bertamu, bersilaturrahmi ataupun sekedar ketemu di jalan, selain salam yang diucapkan biasanya yang ditanyakan perihal burung rawatannya. Begitu juga yang kami lakukan saat berkunjung ke salah seorang kawan kicau mania di daerah sekitar Gandaria City Mall yang kebetulan beliau memiliki peternakan Love Bird yang baru beberapa bulan digelutinya namun hasilnya Alhamdulillah cukup lumayan. Dengan modal hanya 3-4 pasang Love Bird (6-8 ekor) kondisi sudah jodoh, dalam waktu sekitar 4-5 bulan sudah mendapatkan hasil yang lumayan. Pada saat kami berkunjung tersebut, satu hari sebelumnya beliau (sebut saja Om Ch Ayi) sudah sempat menjual burung yang masih anakan hasil ternakannya yang baru berusia sekitar ½ bulan seharga Rp 250 - Rp 300 ribu /ekor, tergantung dari jenis indukannya. Tapi mohon maaf sayangnya tidak sempat ambil gambang sebagai bukti dokumantasi atas keberhasilannya. Namun tidak apalah, semoga lain waktu bisa silaturrahmi kembali dan bisa mendokumntasikannya sebagai penyemangat kita untuk ikut serta dalam breeding agar bisa berhasil.


Ngmong punya omong, kami tanyakan bagaimana proses rawatannya dari awal mulai hingga menghasilkan keturunan yang sangat menyenagkan karena sudah bisa dibilang berhasil dalam artian sukses dalam melakukan proses breeding-nya tersebut, karena menurut informasi dari beberapa kawan yang suda mencoba breeding, banyak juga yang gagal dalam proses penjodohan, gagal juga dalam masa pengeraman telur hingga menetas, proses pelolohan anakan Love Bird (LB) yang disebabkan oleh beberapa faktor  yang terjadi pada masing-masing pembreeding pemula yang kurang beruntung hingga bisa lulus dan sukses.

Ada tips dan formula sederhana serta tahapan-tahapan yang dilakukan oleh Om Cah Ayi yang disampaikan kepada kami selaku admin yang kami informasikan kepada pembaca setia damai-9.com

Tahapannya adalah sebagai berikut:

1. Setelah mengetahui Love Bird berjodoh yang ditandai dengan sring berduaan, suap suapan, kaya manusia aja… heheh, disamping makan pokoknya berupa milet, berikan makanan berupa kangkung yang dicacak pendek sekitar ½ cm dengan tujuan agar menambah bi*ahi (*=r) untuk merangsang LB agar segera ka*in (*=w)

2. Setelah terlihat melakukan ka*in, berikan toge segar, tujuannya adalah untuk memberikan asupan protein agar spe*ma (*=r) berkualitas sehingga bisa menghasilkan telur yang berkualitas pula

3. Pada saat indukan betina sudah bertelur bisanya akan lebih sering di dalam gelodok dan si jantan standby dan berjaga-jaga diatas gelodok, atau bahkan apabila di dalam glodoknya lebih lama bisa diprediksi sedang dalam tahap mengerami. Usia mengerami umumnya sekitar 14 – 17 hari. Pada saat itulah di upayakan agar suasana sekitar kandang berada dalam keadaan nyaman, maka kandang dianjurkan ditutup dengan kain lebar, seperti spanduk, sprei bekas ataupun kain sarung yang sudah tidak terpakai, tujuannya adalah untuk memberikan ketenangan agar indukan betina fokus pada proses pengeramannya tersebut.

4. Nah, yang ditunggu-tunggu adalah “netas”. Jika terlihat sudah menetas, berikan jagung muda segar setiap hari untuk makan indukan betina pada khususnya dan juga pada indukan jantan, selain untuk setamina kedua indukan, dianjurkan agar kedua indukan meloloh anak-anak LB setelah jedah beberapa hari sejak menetas.

Jika tahapan-tahapan di atas sudah dan dapat terlaksana maka Insya Allah kita berhasil. Untuk proses berikutnya lakukanlah sebagaimana tahapan tahapan yang sudah dilakukan.

Demikian tips yang dapat disampiakan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba dan semoga berhasil.  Salam damai-9 

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:
Cara Mengatasi Love Bird Over Birahi dan Ciri-cirinya
Love Bird Kesayangan
Harga Love Bird Terupdate 2016
Violet, Pastel Vio, Love Bird Warna Pilihan
Love Bird Selalu Full Gantangan di Setiap Lomba
Cara Beternak Love Bird Secara Simpel
BACA SELENGKAPNYA ...

UCAPAN TERIMA KASIH DAN INFORMASI PERUBAHAN NAMA DOMAIN

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamu’aliakum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Sahabat pembaca www.damai9.blogspot.com yang berbahagia, Alhamdulillah dan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kami sampaikan atas kunjungan dan kesetiaan sahabat pada blog kami hingga saat ini. Semoga silaturrahmi kita selalu mendapat ridho dari Allah SWT. Berkenaan dengan perkembangan teknologi, kami ingin menginfomasikan kepada sahabat semua selaku pembaca www.damai9.blogspot.com yang kami kelola sejak beberapa tahun yang lalu, bahwa mulai saat ini per artikrel ini kami tulis (27 Mei 2016 pukul 09.45) blog kami berubah menjadi www.damai-9.com  

Kami mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya atas partisipasi sahabat semua terutama terkait dengan semua artikel yang kami tulis di blog ini, tentunya berkat sahabat semua yang telah sudi membaca artikel-artikel kami yang kami tulis sehingga dapat menjadikan blog kami sebelumnya mendapatkan kunjungan yang Alhamdulillah cukup banyak, tanpa sahabat sekalian, tidaklah berarti apa-apa. Disamping itu kami juga mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya apabila selama kami menulis dan memuat artikel yang kurang berkenan di hati pada sahabat sekalian, kami sadar betul bahwa tingkat keprofesionalan kami masih sangat dangkal sehingga sudah bukan hal yang aneh lagi jika terdapat kesalahan di sana sini, untuk itu kami mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya dan kami memberikan kesempatan kepada para sahabat sekalian jika ingin menyampaikan kritik dan saran mohon agar diemailkan saja ke asyukur099@gmail.com

Kami juga menyampaikan mohon maaf kepada para sahabat sekalian, pada setiap artikel yang kami tulis memang sengaja kami tidak memuat kolom untuk memberikan komen, dikarenakan pada awal kami membuat blog ini, banyak pihak yang menyalahgunakan kolom kementar tersebut, untuk menyampaikan backlink atau link yang berisikan promosi hal-hal yang tidak sepantasnya ditulis di sebuah komen ataupun blog ini. Untuk itu sekali lagi kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, demikian juga bagi para sahabat yang membutuhkan beberapa artikel yang kami muat terutama artikel yang berkaitan dengan Surat Menyurat, sahabat bisa mengirimkan email kepada kami sehubungan dengan kebutuhan saudara, usurat makanah dan jenis surat apakah yang saudara buthkan, kami dengan senang hati akan mengirimkan draft surat dalam bentuk Microsoft Word kepada saudara ke email saudara secara gratis.

Silahkan tulis email ke asyukur099@gmail.com permintaan saudara perihal Surat Menyurat yang saudara butuhkan.

Tidak lupa kami mengucapkan Selamat Menyongsong datangnya bulan suci Romadhon 1437 Hijriyah yang tinggal beberapa hari lagi, semoga kita senantiasa diberikan panjang umur, diberikan sehat wal afiat dan rizqi yang cukup, yang halan, yang barokah untuk mempersiapkan datangnya bulan yang Mulia tersebut sehingga kita dapat melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh tanpa halangan suatu apapun.

Demikin yang dapat kami sampaikan, terima kasih atas segala kerjasamanya dan Allah SWT selalu meridhoi kita semua. Aamiin

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh. Salam damai-9
BACA SELENGKAPNYA ...

DAPAT BURUNG BANDANGAN, SEBENERNYA MILIK SIAPA SIH, SENANGKAH KITA ?

Diantara kita mungkin punya pengalaman pernah menemukan burung, atau minimal pernah dengar temannya dapat burung bandangan, ataupun pernah menjebak atau memikat burung yang dengan tiba-tiba datang ke sekitaran rumah kita. Tahukah anda ? milik siapakah burung yang kita pikat tersebut. Ketika dapat burung bandangan kita akan merasakan senag dan gembira karena seolah-olah dan merupakan kepuasan tersendiri karena bisa memiliki burung tanpa harus mengeluarkan uang sedikitpun, apalagi jika burung tersebut termasuk burung-burung yang sedang trend pada  saat itu dan memiliki nilai jual lumayan tinggi.


Hati nurani kita yang paling dalam pasti mengatakan dengan sadar bahwa burung yang kita dapatkan dari menjebak terbesut adalah bukan milik kita seutuhnya, apalagi jika burung tersebut dalam kondisi jinak, bukan burung endemic kawasan dimana kita tinggal, sebagai contoh kita tinggal di Jakarta, burung kebanyakan yang ada di sekitaran Jakarta secara umum paling Trocokan, Kutilang, Kipasan, kolibri, Gereja, tekukur, cabean, di beberapa daerah terkadang ada juga ciblek, dan lain sebagainya. Tiba-tiba suatu ketika ada burung terbang ke sekitaran rumah kita, sebagai contoh burung murai kemudian kita pikat dan terjebak masuk ke kandang pikat kita. Senang kita, bangga kita, puas kita, berhasil kita. Di sisi lain jika kita tinggal di Jakarta, kita tahu persis bahwa murai tersebut bukanlah burung liar yang hidup di sekitar perkebunan dan taman-taman yang ada di sekitaran Jakarta, kita pasti yakin betul jika burung tersebut milik orang yang terlepas, maka selayaknya yang kita lakukan adalah memberitahukan kapada orang lain, kawan kita, barang kali ada yang memiliki burung yang terlepas tersebut, pastilah bagi si pemilk akan merasa kehilangan atas lepasnya burung tersebut, begitu juga jika kita yang menemukan dan kita kembalikan ke dia pastilah akan sangat berterimah kasih dia kepada kita. Namun ada pengecualian jika burung yang kita dapat termasuk jenis burung aneh yang tidak kita fahami dan bukan merupakan burung trend, bisa jadi karena memang burung yang sengaja dilepaskan oleh pemiliknya.

Berat memang untuk melakukan hal seperti itu bagi kita. Tapi kita sebagai kicau mania harusnya patut bisa dijadikan sebagai contoh tauladan yang baik bagi kicaumania lainnya. Dan mungkin jika hal itu terjadi pada kita,  bagaimana perasaan kita jika kehilangan burung yang kita sayangi, apalagi proses saat mendapatkan atau membeli burung tersebut dengan susah payah, uang pas pasan, dari kondisi bahan hingga sudah jadi, tiba-tiba terlepas, sudah barang tentu sedih pastinya yang kita rasakan. Nah itulah hal yang sama yang dirasakan si pemilik murai yang terlepas yang kita dapatkan tersebut.

Pengalaman pribadi: pernah dapat burung Pleci bandangan, pernah juga menerbangkan dan melapas pleci dengan sengaja, menerbangkan dan melepaskan burung anis batu, burung kaso-kaso dan beberapa burung lain yang sempat kami beli namun kurang berkenan merawatnya yang akhirnya kami lepaskan agar berkembang di alam bebasnya. Pernah kacer lepas dan sempat dikembalikan oleh orang yang menemukannya karena faham pemiliknya.

Pengalaman pribadi lain, membeli burung “love bird” dari kawan yang boleh dapat dari bandangan yang sempat terbang ke sekitaran rumahnya dan kemudian dijebak dan kena, sebagai di gambar, ituah burung love bird bandangan yang kami beli. Pada saat sebelum kami bayar, sudah coba kami sarankah untuk coba beritahukan ke orang lain di sekitar rumah barangkali ada yang memiliki love bird model seperti itu terlepas, namun ternyata hingga beberapa minggu tidak ada yang mengaku merasa kehilangan dan akhirnya dijual dan kami beli.


Sekedar share pengalaman dan perasaan, semoga manfaat. Salam damai9
BACA SELENGKAPNYA ...

USAHA PENANGKARAN MURAI BATU BORNEO AKIBAT SALAH BELI

Apa kabar kawan semua ? semoga tetap selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Aamiin.

Kali ini artikel yang akan kami tulis sedikit berbeda konteks tetapi pada dasarnya tetap sama. Sekalian ngetes laptop yang baru saja diganti keyboardnya karena sempat ada beberapa tuts / tombol huruf yang rusak beberapa minggu lalu sekalin juga buat bahasan di artikel. Setelah tahu bahwa sebagian tombol pada keyboard laptop ada yang tidak berfungsi, tadinya ingin sekedar dibersihkan dan mencoba untuk membetulkan sendiri, namun takutnya daripada buang-buang waktu dan nantinya semakin rusak, ujung-ujungnya tetap tidak bisa terpakai mending diganti dengan keyboard baru saja.

Kerusakan sebenarnya belum terlalu lama tetapi karena masih bisa terpakai dengan menstrategikan fungsi tombol lain agar laptop tetap bisa dipakai maka tetap saja dimanfaatkan dan tetap dipakai buat ngetik, sekalipun terasa kurang nyaman dan mengganggu kinerja.

Pada suatu hari di jam “nguli”, kebetulan ada kawan yang mau ke mangga 2 untuk membetulkan laptop salah satu bossnya, dengan lantaran itu, dalam hati berkata “wah sekalian aja nitip untuk dibelikan keyboard laptop yang rusak nih”. Dan Alhamdulillah dari semula rencananya berniat untuk membeli dengan cara online dengan harga yang bervariasi dan pastinya kita mencari perbandingan harga dan tentunya mencari harga yang termurah dan dengan kualitas yang sama, Alhamdulillah setelah titip sama kawan ternyata harganya jauh dibawah harga semua vendor yang ada ketika akan bertransaksi secara online, Alhamdulillah…

Kembali pada pembahasan awal …

Berawal pada saat membeli burung Murai Batu di pasar burung, sempat dibohongi penjualnya yang katanya jantan tetapi ternyata betina. Sebenarnya bukan murni kesalahan si penjual, tetapi termasuk kesalahan kita selaku pembeli, mengapa pada saat kita akan membeli mencermati dan fahami terlebuh dahulu burung yang akan kita beli sehingga andaikan si penjual berniat membohonginpun kita tidak akan tertipu.

Tetapi tidak masalah, kita syukuri saja dan kita ambil hikmahnya. Apa hikmahnya ?, kita jadi lebih jeli dan antisipasi jika suatu saat kita akan membeli burung di kemudian hari akan lebih berhati-hati dan harus lebih faham terhadap apa yang akan kita beli tersebut.

Murai batu Borneo, betina pula, yang pada saat membeli kata si penjualnya adalah jenis Lampung dengan jenis kelamin jantan, namun ternyata sebagaimana yang saya tulis, murai tersebut adalah murai jenis borneo dan berjenis kelamin betina. Pasti ada hikmah dibalik pengalaman ini, artinya berkat pengalanan ini kita akan semakin tahu tentang jenis masing-masing  burung yang akan kita beli. 


Yang namanya kecewa, sudah barang tentu menjadikan berubah segalanya, dari tadinya semangat menjadi kurang bergairah, cuman namanya nasi sudah menjadi bubur, apa mau dikata, yang ada kita nikmati dan rawat saja dengan sepenuh hati. Yang pasti itulah pengalaman, cukup sebagai bahan renungan buat kita.

Disisi lain ketika sedang ramainya penangkaran dan naiknya harga murai batu untuk semua jenis termasuk juga murai batu borneo yang saat ini sudah lumayan bisa dipertimbangkan kepemilikannya jika dibandingkan dengan sekitar 2 tahun yang lalu harga murai batu borneo yang sudah gacor saja cumin Rp 350 – Rp 500 ribu, namun untuk saat ini bahan kondisi bahan muda hutan sekitar Rp 700 ribu dan kondis gacor harganya sekitar Rp 1 juta ke atas, maka tidak ada salahnya jika untuk mencoba ditangkarkan saja. Semoga niat ini terwujud dengan tujuna tidak hanya sekedar mencari penghasilan secara materi namun lebih dianjurkan untuk kelestarian burung dari kepunahan di alam aslinya.

Demikian dan semoga bermanfaat. Salam damai9.
BACA SELENGKAPNYA ...

LOVE BIRD KESAYANGAN, BUKAN KARENA HARGA, BUKAN KARENA PRESTASI, HOBI YA TETEP HOBI

damai– Sebuah hobi apabila kita pandang secara umum memang tidak bias diprediksi, pada saat kita lagi senang-senangnya dengan barang yang kita senangi pastilah kita akan selalu memandangi dan mempehatikannya setiap saat tetapi di kala kita sedang dalam pikiran tidak terfokus pada hal tersebut maka kitapun akan mengacuhkannya bahkan pada level dan kndisi tertentu dengan sergap kita ingin menjual barang yang kita miliki tersebut bahkan jika memang pada saat kita menginginkan untuk menjualnya dengan harapan agar segera terjual namun tidak kunjung ada orang yang menawarnya maka dengan segala rasa putus harapan terkadang hal yang paling mudah adalah dengan memberikan kepada orang lain atau jika barang itu adalah burung maka dengan cara menerbangkannya kea lam bebas.

Tak ubahnya sebagaimana pengalaman priadi yang pernah saya lakukan pada saat membeli burung Anis Batu menurut penuturan si penjualnya nama burung tersebut, karena pada saat membeli belum faham jenis-jenis burung apa saja yang memang benar2 banyak penggemarnya sehingga asal beli saja dengn resiko yang kurang begitu faham juga, bukan masalah harga tetapi yang paling penting adalah pegalaman yang bisa dijadikan sebagai pendidikan dan pembelajaan agar lebih tahu untuk langkah selanjutnya ketika kita akan membeli burung yang kita niatkan.

Tidak berbeda jauh dengan yang satu ini, bukan karena panjangnya ekekan, bukan karena suaranya yang merdu, bukan karena mahal ataupun murahnya pada saat membeli dan lain sebagainya, namun, kembali lagi pada masalah hobi dan kesukaan, yang namanya suka tidak bisa dijadikan perbandingan dengan apapaun bahkan harga tinggi sekalipun.

Love Bird, dari segi warna pasti bukan termasuk burung yang harganya jutaan apalagi belasan juta, ekeknyapun standard saja, dan yang pasti tidak ada kelebihan lain yang dimilikinya, namun mengapa selaku pemiliknya, saya sangat menikmati lovebird yang satu ini sekalipun ada beberapa love bird lain yang kami rawat di rumah. Itulah yang namanya hobi dan kesukaan. Namun perlu digarisbawahi adalah “untuk saat ini” tidak tahu untuk kedepannya. Yang pasti sayangilah dengan sepenuh hati burung kesayangan kita selagi kita sedang suka dengannya, karena bisa jadi suatu saat kita tidk suka lagi sama dia.

Dan kesimpulannya adalah, apapun burung yang kita miliki terlepas dari harga burung, trend burung, selera orang lain, keunikan burung, performance dan prestasi burung, keindahan warna burung dan lain sebagainya, jika memang kita tidak suka untuk saat itu, tidak ada yang bisa memaksakan untuk menyukainya bahkan diberipun terkadang tidak mau… hehehe, “kalo dikasih Murai Medan prestasi ya pasti mau laaaah…. Hahahahaha” la ini, ngasih burung kutilang, siapa yang mau… ? tapi kadang ada yang mau juga sih… (just intermezzo..). Demikian sekedar cerita saja. Salam damai9.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:
Cara Mengatasi Love Bird Over Birahi dan Ciri-cirinya
Love Bird Kesayangan
Harga Love Bird Terupdate 2016
Violet, Pastel Vio, Love Bird Warna Pilihan
Love Bird Selalu Full Gantangan di Setiap Lomba

Cara Beternak Love Bird Secara Simpel
BACA SELENGKAPNYA ...

JADWAL PUASA RAMADHAN 2016 / 1437 H. DAN KOTA-KOTA BESAR DI INDONESIA

damai-9. Bagi umat muslimin tinggal berapa hari lagi akan kedatangan tamu agung bulan yang mulia yaitu bulan suci Ramadan. Sudah sepatutnya jika kita sebagai seorang mulsim hendaknya senang dengan datangnya bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan tersebut karena sudah jelas dinyatakan dalam hadits. Rasulullah SAW bersabda, “Man farikha bidukhuli Romadhona, dakholal jannah” yang artinya: Barang siapa yang senang dengan datangnya bulan suci Romadhon, maka akan masuk syurga. Maknanya adalah, jika kita senang dan gembira dengan datangnya bulan Ramadhan kita dimasukkan ke syurganya Allah SWT, tentunya diiringi dengan melaksanakan ibadah puasa sesuai dengan tuntunan dan ajaran yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Demikian pula Rasulullah SAW juga bersabda, “Man shoma Romadhona imanan wahtisaban, ghufiro lahu ma taqoddama min dzambihi” yang artinya: Barang siapa yang berpuasa di bulan Romadhon dengan penuh keimanan dan hanya mengharap ridho Allah, maka akan diampuni segala dosa-dosanya yang terdahulu.

Baca juga : Menu Buka Puasa dan Sahur Selama Sebulan

Bagi kita sesama kicau mania, mari kita bersama-sama melaksanakan puasa semampu kita, jangan karena burung peliharaan kita ga puasa trus kita tuannya ikut-ikutan ga puasa …. Hahaha.

Btw, bagi yang membutuhkan Jadwal Puasa terutama khususnya untuk Wilayah DKI Jakarta silahkan klik gambar dibawah ini untuk memperbesar.


Jadwal Puasa Ramadhan 2016 : DKI Jakarta dan Sekitarnya


Jadwal Puasa Ramadhan 2016 : Banda Aceh dan Sekitarnya


Jadwal Puasa Ramadhan 2016 : Bandung dan Sekitarnya


Jadwal Puasa Ramadhan 2016 : Bekasi dan Sekitarnya


Jadwal Puasa Ramadhan 2016 : Jambi dan Sekitarnya


Jadwal Puasa Ramadhan 2016 : Padang dan Sekitarnya


Jadwal Puasa Ramadhan 2016 : Palembang dan Sekitarnya


Jadwal Puasa Ramadhan 2016 : Pekalongan dan Sekitarnya


Jadwal Puasa Ramadhan 2016 : Pontianak dan Sekitarnya


Jadwal Puasa Ramadhan 2016 : Semarang dan Sekitarnya


Jadwal Puasa Ramadhan 2016 : Surabaya dan Sekitarnya


Jadwal Puasa Ramadhan 2016 : Tangerang dan Sekitarnya


BACA SELENGKAPNYA ...

JENIS BURUNG YANG PALING TREND SAAT INI (AWAL – PERTENGAHAN 2016)

damai– Jika pada artikel sebelumnya yang saya tulis tentang Jenis-Jenis Burung yang Dicari Saat ini, maka kali ini mengupdate artikel tersebut adalah tentang Burung-burung yang paling Trend saat ini per aretikel ini ditulis (Mei 2016).

Bagi para penggemar burung (kicau mania) mungkin sudah banyak tahu dan faham burung apa saja yang lagi trend sekarang ini, namun bagi para pemula mungkin belum tahu burung apa saja sih yang yang sedang menjadi trend sehingga tida salah burung apa yang ingin dia beli agar tidak melenceng jauh dan salah beli.

Dan berikut adalah beberapa jenis burung yang paling trend saat ini:    

1. PLECI (KACA MATA)

Jika pada artikel sebelumnya pleci menduduki artikel di No. 3, maka kali ini berdasarkan survey, Pleci menduduki No. 1 berdasarkan peminta. Burung yang satu ini sekalipun bentuk badannya kecil dengan warna bulu yang hampir bisa dibilang tidak ada warna jenis lain kecuali hanya kuning dan hijau lumut dan sedikit hitam, berbeda jika dibandingkan dengan kenari yang sangat beragam warnanya dari mulai kuning, orange, putih, coklat, variasi wanra coklat dan kuning, putih dan banyak warna lainnya, burung ini sekarang juga lagi dalam banyak yang paling digemari oleh banyak orang. Sekalipun kecil, karena dengan keunikan suara ocehannya burung ini pada saat sekarang sangat  sering diikutsertakan dalam lomba burng kicauan. Harga: Saat berkisar antara Rp 100 ribu (bahan dan muda) - Rp 900 ribuan, Rp 1 Juta, 2 Juta, 5 Juta, 10 Juta dan bahkan ada yang mencapai harga Rp 90 juta.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:
  
2. LOVE BIRD / LAKBET

Tidak bisa dipungkiri, burung yang satu inipun sudah merambah terkenal sejak beberapa tahuan yang lalu, namun pada beberapa tahun atau beberapa bulan lalu, Lober sempat terjun Bebas dan kini mulai merambah normal kembali dengan harga yang lumayan tinggi, secara sepintas ukuran burung hampir sama dengan burung parkit namun perbedaan harganya sangatlah jauh. Dengan suara yang unik burung ini bisa menarik para penghobi burung untuk ikut memeliharanya baik memang sengaja untuk memiliki untuk dijadikan burung perlombaan ataupun hanya sekedar sebagai hewan peliharaan saja.

Harga tidak semahal pada saat tenarnya dulu yang anakannya saja mencapai R 600 ribu untukj jenis standard, namun kali ini dengan uang Rp 250 ribu sudah bisa memeiliki burung ini dengan umuran sekitar 2 – 3 bulanan.

Namun adan jenis tertentung yang harganya bisa mencapai puluhan Juta, sepeti Love Bird Biola.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:


3. CUCAK IJO

Sesuai dengan namanya Burung Cucak Ijo memiliki warna dominan hijau dan sedikit warna hitam pada kepala dan paruh. Banyak terdapat di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, dan Kalimantan. Burung ini hidup berkelompok di Hutan, dan terbang dari satu pohon ke pohon lainnya yang tinggi.

Cocak ijo masih bertahan dari zaman ke zaman dengan harga yang masih bertahan pula sekitarn Rp 700 ribu kondisi masih bahan dan sekitar Rp 1 jutaan untuk burung yang sudah lumayan jadi. Tergantung jenis dan asalnya pula harga bisa membedakan burung ini.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:
  
4. MURAI BATU

Burung murai batu adalah burung berkicau cerdas terbaik yang sangat banyak penggemarnya. Burung murai batu disukai karena elegan dari penampilan dan suaranya serta gayanya yang gagah dengan penampilan mempesona serta hebatnya lagi bisa menirukan suara burung-burung lainnya tanpa meninggalkan suara khasnya. Dan hingga saat ini juga termasuk burung yang tetap digandruni dan masih menduduki peringkat tinggi tanpoa tergeser sedikitpun,

Bahkan dengan semakin naiknya Murai batu jenis Borneo maka semakin naik pula trend Murai batu.

Jenis-jenis burung Murai Batu dan asal Murai Batu yang banyak dikenal di Indonesia adalah Murai Batu Medan (Sumatera), Murai Batu Aceh, Murai Batu Lampung, Murai Batu Lahat, Palangka, Murai Batu Jambi dan Murai Batu Kalimantan (Borneo). Suara Murai Batu sangat merdu dan bervariasi. Murai Batu terutama yang sangat terkenal yaitu murai batu Medan adalah salah satu burung penyanyi terbaik yang diakui oleh dunia.

Dari segi harganyapun bervariasi. Kisaran harganya pun masih stabil tergantung jenis dan asalnya: Rp 600 ribu - Rp 3,5 juta dan jika sudah gacor, sudah ikut kontes dan bahkan mendapat kategori juara harga bisa sampai Rp 40 juta bahkan bisa lebih

ARTIKEL TERKAIT:


5. JALAK SUREN

Demikian pula untuk Jalak Suren. Jalak Suren berukuran sedang sekitar 24 cm. Bulunya berwarna hitam dan putih. Bagian yang berwarna putih seperti dahi, pipi, garis sayap, tunggir dan perut. Sedangkan bulu di dada, tenggorokan, dan tubuh bagian atas berwarna hitam (coklat pada remaja). Iris mata burung jalak suren berwarna abu-abu. Kulit tanpa bulu disekitar mata berwarna jingga. Paruhnya berwarna merah dengan ujung putih. Sedangkan kaki berwarna kuning. Suaranya seperti teriakan yang ribut, sumbang dan riang. Biasanya burung yang hidup dalam kelompok kecil ini menghuni daerah terbuka dekat pemukiman di dataran rendah. Kebanyakan mencari makan di atas tanah, yaitu cacing dan satwa kecil lainnya. Bergabung dalam kelompok ketika beristirahat pada malam hari.

Jalak Suren ada 2 jenis yaitu Jalak Suren Jawa dan Jalak Suren Malaysia, di pasarn harga Jalak Suren Jawa lebih mahal dan lebih memiliki variasi kicauan dibandingkan Jalak Suren Malaysia.

Harga Jalak Suren Jawa : bantara Rp 400 ribu (bahan dan bakalan) - Rp 1.200 ribuan (tergantung kualitas) sedangkan Jalak Suren Malaysia antara Rp 250 ribu hingga Rp 500 ribu (kondisi sudah rajin dan gacor).

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:

Sedangkan beberapa jenis burung lainnya, seperti; Kacer, Kenari yang sempat menjadi trend dan termasuk burung yang paling diunggulkan dalam berbagai perlombaan pada saat sedang jaya-jayanya, tetapi saat ini harus bersedia untuk mengalah mundur karena kalah trend dengan pendatang baru lainnya. Namun tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti akan terkenal kembali sebagaimana yang terjaji pada Love Bird saat ini.

Begitu juga burung lainnya seperti; Pentet, Branjangan, Ciblek, Prenjak, berbagai Jenis Anis, Cipow, berbagai jenis Poksay, Tledekan, dan lain-lainnya tetap menjadi burung yang masih dicari orang namun tidak se tenar burung yang menjadi trend saat ini. Namun untuk Branjangan pada khususnya, sempat beberapa minggu ini ada info bahwa Branjangan mulai beranjak naik berkat terdapat komunitas branjangan yang dibentuk oleh para penggemar Branjangan.

Tidak terkecuali burung legendaris seperti; Robin, Panca Warna, Wambi, Poksay tertentu, Cucak Rowo, tetap masih menjadi burung yang tidak bisa dilupakan dalam sejarah perburungan.

Dan yang masih menjadi saran buat penghobi burung sekalipun sebenarnya memiliki banyak ocehan dan bisa memeriahkan suasana di pagi hari adalah burung Kutilang yang hingga saat ini masih dianggap sebagai burung musuh terutama bagi pemilik Murai batu dan juga burung-burung lainnya.

Demikian dan semoga bermanfaat. Salam damai9
BACA SELENGKAPNYA ...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...