BRANJANGAN, PENGHIBUR YANG ASYIK DAN UNIK

damai-9. Di antara ribuan bahkan jutaan atau puluhan juta pecinta burung, mungkin berapa persen saja dari jumlah tersebut yang menyukai dan hobbi dengan burung Branjangan.

Pengalaman pribadi, sebenarnya enak dan asyik menikmati ocehan burung Branjangan ini. Beberapa saat setelah men-take over dari pemilik sebelumnya, Alhamdulillah sesampai di rumah burung digantang langsung ngeriwik. Padahal menurut beberapa pendapat, Branjangan biasanya susah bunyi jika berpindah-pindah tempat dan memerlukan waktu yang lumayan lama dalam proses adaptasinya. Tetapi kali ini lain-dari pada yang lain. Alhamdulillah.


Sebagaimana yang pernah kami tulis pada artikel sebelumnya dengan cuplikan paragraph berikut, “Sempat beberapa hari lalu ngobrol-ngobrol ringan sambil ngupi dan ngudut… heheheh bersama kawan sesama penghobi burung, kebetulan ada salah seorang diantara mereka adalah pemain burung yang boleh dibilang sudah senior, dan menurut saran beliau ketika saya akan tukar BR yang saya miliki dengan Love Bird yang sudah rajin milik kawan, kata beliau “ga usak dituker” tidak usah ditukar dan mending dirawat saja apalagi kondisi sudah mapan sekalipun belum gacor.

Secara singkat menurut beliau (panggil: Om Wit), BR sekalipun belum rajin bunyi tetapi ketika sudah mau nangkring pada tangkringan bagian atas yang biasanya juga terbuat dari batu apung, itu sudah menunjukkan nilai lebih dan sudah memiliki harga lain apalagi jika sudah bunyi. Karena itulah keunikan burung Branjangan yang menurut beliau. Jangankan sudah rajin dan gacor, sudah mau nangkring diatas dan stand-by pun sudah memiliki nilai lebih.

Itulah sedikit gambaran bahwa memiliki Branjangan ternyata memang unik. Tidak bisa dipaksakan dan butuh keihlasan dan kesabaran.

Ada tips yang diberikan oleh seorang kawan Kicau Mania perihal perawatan Branjangan, menurut beliau, “Kuncinya adalah dengan memberikan ulat hongkong dan jangkrik setiap hari dengan porsi tepat dan penjemuran yang cukup dengan durasi yang lebih lama dari durasi penjemuran jenis burung lainnya, karena Branjangan memang burung yang tahan panas, maka diharapkan burung akan lebih cepat bunyi, ngriwik dan selanjutnya akan ngeplong”.   

Namun semua itu kembali lagi kepada kita sebagai penghobi burung sekaligus pelestari lingkungan terutama yang menyangkut tentang fauna, dan lebih specific lagi terkait dengan burung, alangkah baiknya ketika kita merawat burung, hendaknya disamping kita ambil manfaat dari segi materi, seperti halnya jula maupun beli, namun lebih bernilai lagi jika kita memikirkan seberapa besarkah partisipasi kita atas kelestarian lingkungan kita ini khusunya burung.

Btw, sebenarnya ini burung sebagaimana di gambar, kandangnya masih hak milik si pemilik sebelumnya, untuk itu bagi pembaca yang memiliki kandang Branjangan second barangkali ada yang nganggur, dari pada tidak terpakai bolehlah info sejak tanggal artikel ini kami buat : 26 Juli 2016, bisa telp ke 0856 198 6799 (WA). Demikian dan terima kasih. Salam damai-9.com   

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:


BACA SELENGKAPNYA ...

CARA MERAWAT PLECI UMURAN MUDA AGAR CEPAT NGALAS NGEROL (LASROL)

damai-9. Selamat malam para Kicau Mania semua, khususnya Pleci Mania (Pleman) yang masih tetap setia di jalur yang senada dan seirama… heheh. Sruput kopinya...

Malam hari menjelang tidur, iseng-iseng mencoba menulis untuk nambah artikel barang kali ada Pleman yang sedang mencari informasi tentang bagaimana caranya membentuk dengan cara  merawat dan mensetting pelci di umuran yang masih relatif muda bisa cepat ngalas dan ngeroll (Lasrol). Biasanya di kisaran 3 bulanan pleci sudah bisa memanggil2 (call : baca “kol” bukan “kal” ya… heheh), karena pada umur tersebut secara fisik sudah sempurna, artinya seluruh badan pleci sudah tertutup dengan bulu-bulu umuran remaja secara keseluruhan, pleci juga sudah bisa terbang dengan sempurna dan sudah bisa cuap-cuap dengan fasih apalagi jika didukung dengan setingan yang benar dan tepat, dan pastinya sudah bisa makan sendiri, maka dengan setingan yang tepat bisa menjadikan Pleci yang memiliki prospek cerah dan berprestasi pada saat umuran dewasa nantinya.


Setalah baca-baca informasi di sebuah grup khusus Pleci yang lebih fokus pada tips & trik yang membahas tentang perawatan pleci secara keseluruhan, info lomba dan koloni, performance pleci dan lain sebagainya yang bisa dijadikan sebagai rujukan bagi para penggemar pleci di seluruh penjuru nusantara, maka tergerak untuk membantu share kepada halayak ramai tidak terkhusus pada Pleman namun termasuk juga kicau mania lainnya yang barangkali berminta untuk mencoba merawat pleci dengan umuran muda tersebut. Banyak pakar dan suhu yang menyampaikan pendapat dan pengalamnnya tentang bagaimana cara merawat Pleci agar berhasil dan sukses dengan cara yang tepat, termasuk juga adalah cara merawat Pleci di umuran muda agar cepat Lasrol.

Pada dasarnya betul juga, jika kita memiliki Pleci di umuran yang masih muda tetapi sudah lasrol ngapain harus menunggu hingga umuran dewasa ? tetapi jangan salah, tetap saja yang lebih dewasa jika perawatannya tepat tentunya akan lebih memiliki nilai lebih dibandingkan dengan yang umuran masih muda. Dan akan lebih sempurna lagi adalah jika di umuran muda saja sudah bagus dan memiliki prospek bagus, tentunya jika dalam perawatannya hingga dewasa sesuai dengan yang disarankan oleh para pakar,maka akan lebih JOSS lah pleci ketika masih mudah sudah memiliki prestasi tersebut.

Sebagaimana pada gambar Screen Shoot, di sebuah postingan FB ada yang menanyakan melalui postingannya tersebut, apakah pleci umuran muda bisa ngalas dan ngerol (lasrol) ? lalu beberapa member grup tersebut ada yang comment, diantara salah satunya adalah comment berupa jawaban berupa saran dan tipsnya, yaitu dengan cara memberikan “kristal” pada cepuk minumannya, tentunya dengan porsi yang sesuai. Ada juga pendapat lain yang menganjurkan dengan memberikan setiap harinya dengan full kroto dan ulat hongkong (UH) secara rutin, tentunya proses lain seperti memandikan dan penjemuran mutlak harus dilakukan, maka dengan cara tersebut akan bisa membuat burung pleci umuran muda lebih cepat ngalas dan ngerol. Demikian sekedar share, semoga bermanfaat. Salam damai-9.com   

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:

BACA SELENGKAPNYA ...

JENIS LOVEBIRD YANG PALING DICARI SAAT INI DAN PERTENGAHAN 2016

damai-9. Selamat siang Lovebird Mania semua. Menjelang waktu sholat Dzuhur, sejenak menyempatkan diri untuk mencoba menulis sedikit artikel tentang Jenis Lovebird Yang Paling Banyak Dicari Saat Ini sebagaimana judul artikel yang kami tulis.

Baca juga: Lovebird "Bohay" Turun Perdana Langsung Nyabet Juara 1, Bagaimana Perawatannya ?

Saat ini Lovebird memang sedang menjadi trend, pembahasan mengenai burung paruh bengko ini saat ini paling menyeluruh dari segenap kalangan, dari kalangan terbawah hingga kalangan paling atas, sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan Love Bird apalagi jika warnaya termasuk warna langka dan jarang, sedang banyak disoroti oleh para pencintanya termasuk juga setiap kali ada postingan terkait love bird yang harganya lebih murah pastilah akan segera mendapat comment dan response dari para pembaca yang menginginkannya.

Pembahasan terkait Lovebird, memang, jika kita cermati dan kita lihat sesekali pada saat kita melewati di sebuah jalan dimana tampak lahan yang tidak terlalu luas yang sengaja oleh beberapa personnel disetting untuk dijadikan sebagai ajang untuk menunjukkan prestasi burung peliharannya. Tampak diantara rentetan kandang yang digantang, tidak sedikit kandang berbentuk kapsul berukuran sedang yang secara umum bisa dipakai untuk burung Lovebird, dari sini kita bisa melihat bahwa secara otomatis jika Lovebird dibawa ke tempat/lapangan yang sedang diadakan lomba pastilah 90% untuk diikutsertakan dalam lomba yang diadakan tersebut. Maka dari itu, sudah barang tentu semakin banyak peminat Lovebird, semakin banyak pula pemilik Lovebird. Semakin banyak pemilik Lovebird, semakin banyak pula perserta lomba burung terutama khusunya kelas Lovebird yang akan terisi.

Di pertengahan tahun 2016 ini, beberapa jenis Lovebird selain Lovebird impor yang berharga Rp 8 jutaan Rupiah per ekor umuran masih muda dan semakin dewasa harga lebih mahal apalagi jika memiliki prestasi, ada pula Lovebird lokal yang paling banyak dicari dengan harga standard diantaranya adalah Lovebird warna Violet dan sejenisnya, seperti warna Patel Violet, Blue, Dark Blue, Dark Violet, Pastel Cobalt, Cobalt Violet dan lain sebagainya.   

Maka dari itu, setiap trend yang sedang berkembang bisa menaikkan harga dan pamor burung yang pada saat itu sedang banyak dibicarakan oleh para pecinta Lovebird khususnya pad apecinta burung secara keseluruhan pada umumnya.

Sebagai contoh berikut Lovebird harga mahal dengan harga kisaran 8 jutaan:

BACA SELENGKAPNYA ...

CARA MENAIKKAN DAN MENURUNKAN PLECI OVER BIRAHI / AGAR PLECI PADA KONDISI BIRAHI NORMAL

damai-9. Menurut pendapat dari beberapa pakar Pleci Mania (Pleman), Pleci akan rajin bunyi baik ngeriwik kasar ataupun ngeriwik alus, ngerol dan ngalas serta ngeplong secara stabil dengan posisi stand by (nagen) adalah pada kondisi birahi yang normal. Dan menurut pendapat lainnya membetulkan dengan pendapat tersebut seraya menambahkan, bahwa pleci jika pada kondisi kurang birahi akan mengakibatkan kurang rajin dan hanya sekedar wiklus saja, itupun lebih sering terdapat jedah yang kurang beraturan, demikian juga jika pleci over birahi, pleci akan lebih sering mengeluarkan suara panggilan (call : dibaca “kol” bukan “kal”) … heheh, untuk itu dibuthkan perawatan yang tepat agar pleci tetap dalam kondisi birahi normal.  

Sebelum melanjutkan pembahasan, karena artikel ini kami tulis masih dalam suasana lebaran dan memang baru sempat aktif lagi setelah beberapa hari off, maka kami selaku Admin dari www.damai-9.com mengucapkan: 

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H"

"Taqobbalallahu Minna Wa Minkun" 
Ja'alanallahu minal a'idiin wal faizin kullu aamin wa antum bikhoir
mohon maaf lahir dan bathin atas segala kesalahan yang di sengaja ataupun yang tidak disengaja, teriring do'a semoga kita menjadi orang yang kembali suci dan Allah menjadikan kita sebagai orang-orang bertaqwa. 

Kembali pada pembahasan di atas, memang pada kondisi tertentu terkadang kita bingung dengan pleci yang kita miliki, apakah over birahi ataukah kurang birahi.

Bagi kalangan kicau mania khususnya pleci mania yang sudah senior hal di atas bukanlah merupakan hal yang sudah untuk ditanggulangi, namun jika pengalaman tersebut terjadi pada pemilik pleci yang belum begitu faham bagaimana cara  mengkondisikan agar pleci pada kondisi birahi yang stabil, untuk itu perlu cara dan perawatan tepat dalam menyikapi keadaan tersebut.

Dan berikut adalan beberapa cara untuk menkondisikan-agar pelcio tetap dalam kondisi stabil: 

♦ Untuk mengkondisikan agar pleci pada taraf birahi normal berikan buah pisang atau bisa juga dengan buah sawo
♦ Jika burung masih tetap terlihat pasif, kurang gesit dan lincah menndakan kurang birahi, maka untuk menaikkan birahi pleci, berikan Ulat Hongkong (UH) atau bisa juga dengan Ulat kandang (UK). Baca juga : Manfaat Ulat Hongkong Untuk Pleci
♦ Jika setelah pemberian UH atau UK burung terlihat gesit dan terlalu nggrabak maka kemungkinan burung pada kondisi birahi yang berlebihan, maka jika kondisinya demikian perlu waspada, langkah peredaman atas pleci over birahi yaitu dengan memberikan buah ketimun. Selama pemberian buah ketimuan, jika kondisi burung sudah terlihat stabil, maka hentikan pemberian ketimun dan ganti dengan buah lainnya seperti pisang kapok.
♦ Secara normal, berikan kroto cukup 3 kali saja dalam seminggu. Baca juga : Manfaat Kroto untuk Pleci

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:

Semoga bermanfaat. Salam damai-9.com



BACA SELENGKAPNYA ...

BENARKAH PLECI BUXTONI SEDANG TREND ? PERAWATAN PLECI BUXTONI AGAR CEPAT NGALAS, NGEPLONG DAN BUKA PARUH

Trend hobi burung memang sering berubah-ubah sesuai dengan suasana dan mute pemilik burung itu sendiri dan juga tak lepas dari pihak Event Organiser sebagai penyelenggara yang secara otomatis bisa menaikkan atau menurunkan pamor si burung, sehingga secara otomatis bisa berimbas pada trend burung yang sedang inn saat itu.


Begitu juga dengan Burung Pleci Buxtoni. Jika beberapa waktu lalu burung ini tidak terlalu dipertimbangkan oleh para penggemar pleci (pleci mania), kini berbanding terbalik, sebagian besar pleci mania yang belum memiliki buxtoni, kali ini banyak yang mencari buxtoni untuk dijadikan sebagai tambahan koleksi pleci yang dimilikinya, adapun bagi pleci mania yang memang sudah memiliki buxtoni, secara special biasanya akan melakukan perawatan untuk boxtoninya secara lebih khusus dan lebih extra perhatian dibandingkan dengan pleci jenis lainnya. Itulah yang namanya Trend. Apakah ini mungkin karena lagi booming-nya Buxtoni ? Dan yang unik sesama pecinta buxtoni ada selogan khusus yang bisa dijadikan ingatan “Salam dasi Kuning”, itulah sekilas tentang buxtoni.

Begitu juga jika trend pleci jenis lain sedang inn, maka semua orang terutama pleci mania akan coba hunting dan mencari-cari jenis pleci yang sedang ramai dibicarakan orang tersebut pada saat itu.

Ada pun perawatan Buxtoni agar cepat Gacor; Ngalas, Ngeplong dan Buka Paruh adalah sebagai berikut:

♦ Perawatan dimuali sejak pagi di Subuh hari. Segera keluarkan burung untuk proses pengembunan, karena pengembunan sangat bermanfaat buat burung dan yang penting adalah burung digantang di posisi tinggi dengan sistim sendiri-sendiri atau andaikan ada yang lain yang diembunkanpun juga jaraknya harus berjauhan, tidak seperti sedang di koloni. Tujuannya agar burung mau mengeluarkan suara aslinya, sebagaimana burung liar lainnya terutama trucukan jika pagi hari setelah subuh pasti rajin ngeropel satu sama lain yang berjauhan posisi


♦ Sekitar jam 6.30 an atau jam 7 an, burung bisa dikoloni dengan burung pleci lainnya sekalian satu per satu kandang dibersihkan dan mandikan burung, ganti atau tambah voer, ganti buah yang masih segar, pemberian EF sesuai settingannya

♦ Pemberian EF yang teratur dan stabil sesuai setingan bisa mempercepat Pleci Ngalas, Ngerol, Ngeplong (Buka Paruh) sesuai yang diinginkan.

♦ Setelah dimandikan, jemur kembali Pleci hingga sekitar jam 10 an jika kodisi matahari benar-benar panas, namun bila cuaca tidak terlalu panas bisa ditambah lagi proses penjemurannya.



ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:
- VIDEO Pleci Isian Full Kenari

Demikian artike yang bisa disampaikan dan semoga bermanfaat. salam damai-9
BACA SELENGKAPNYA ...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...