MURAI BATU BLACK TILE, BISAKAH SEHEBAT MURAI JENIS LAIN ?

damai-9. Di kalangan kicau mania, siapa sih yang ga tahu dan ga suka Murai Batu ? apalagi jika Murai Batu yang bicarakan adalah Murai Batu yang terkenal dengan sebutan Murai Batu Medan, sekalipun akhir-akhir ini banyak yang mengatakan sebenarnya tidak ada yang namanya murai batu medan karena di sana tidak ada burung khas endemik di tanah Medan itu sendiri. Tapi its ok lah, yang penting pokoknya murai yang paling nyentrik penampilannya, paling asyik gayanya, paling enak dipandangnya, paling merdu suaranya, paling meriah isiannya dan masih banyak paling-paling lainnya yang dimiliki oleh murai batu tersebut terutama selama ini dari sekelas murai adalah yang paling mahal harganya.

Baca juga : Cara Merawat Murai Batu yang Tepat

Tak terkecuali dengan setiap kontes yang diadakan, apalagi jika di adu dengan jenis murai yang terkenal gembung (mohon maaf) ya, pastilah penampilan murai batu yang terkenal galak ini pastilah akan tampil secara maksimal sehingga bisa membuat “Tuannya” merasa bangga dengan burung yang dimilikinya tersebut.

Sepintas tentang murai yang lebih sering tampil dengan cirri khas memekarkan bulu ini, sebenarnya tidak ada yang salah dengan burung ini, justru sebaliknya, seharusnya itulah keunikan dan cirri khas yang dimiliki olehnya, sementara harganya memang paling rendah jika dibandingkan murai jenis lainnya karena memang khalayak kicau mania yang menyebabkan demikian.

Kembali mengenai murai batu, ternyata murai batu blacktile atau yang sering orang mengenal dengan murai batu nias, sebagaimana gambar di atas.

Belum lama sempat berbincang-bincang dengan pemilik murai batu black tile, sebut saja Om Agus, beliau menjelaskan, ternyata burung yang beliau miliki ini memiliki performa yang patut diacungin jempol dan memiliki prospek yang cerah, dengan alasan karena setiap kali disandingkan dengan murai jenis lain bahkan murai batu “Medan” sekalipun, penampilan si Blaktile ini sangat memukau dan berani melawan, tentunya dengan suara beserta isiannya yang lumayan juga.

Artinya, Blacktile pun memiliki performa yang patut dupertimbangakan jika pas dan tepat dalam setingan perawatan setiap harinya.

Demikian dan semoga bermanfaat. Salam damai-9.com

BACA SELENGKAPNYA ...

STRATEGI UNIK MEMIKAT BURUNG LIAR

damai-9. Tidak jarang burung lain yang menyaba ke rumah akibat ocehan bernada panggilan (call) yang disuarakan oleh beberapa burung yang ada dirumah yang kami miliki terutama burung pleci yang memang terkenal melengking dan suara yang ngkristal, daan beberapa kali kesempatan yang sempat terperangkap dan akhirnya menjadi hak milik. Namun sebenarnya masih ragu, benarkah ini menjadi hak milik yang memikat ataukah masih menjadi hak milik atas pemilik sebelumnya. Jika burungnya harga 100 ribu ke bawah sig a masalah, tetapi jika harga burungnya di atas 200 ribu atau bahkan lebih seperti Cucak Ijo, Jalak Suren, Murai batu dan bnurung mahal lainnya, pastilah pemiliknya sangat merasakan kehilangan atas hilangnya burung yang dimilikinya dan telah berpindah di kandang orang lain.

Bukan karena harganya ataupun jenis burung apa yang kita dapatkan namun proses keunikan caranya dan strategi cara mendapapatkannya serta rasa penasarannya itulah yang menjadikan kesukaan tersendiri pada saat ada burung lain yang datang bertamu ke rumah kita untuk bergabung bersama dengan beberapa jenis burung kita lainnya dan setelah masuk ke dalam kandang perangkap kita sehingga kitalah yang merawatnya.

Sebenarnya sih simple saja cara yang dilakukan, tapi mohon maaf gambar kandang dan proses cara merangkap burung belum sempat saya muat di artikel ini, dan hanya burungnya saja yang kami tampilkan sebagaimana pada gambar di atas. Insya Allah di artikel berikutnya akan kami upload cara simple yang saya lakukan.
BACA SELENGKAPNYA ...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...