CARA MERAWAT CIBLEK GUNUNG AGAR CEPAT BUNYI DAN GACOR

damai-9. Salam Kicau Mania. Sudah lama tidak memuat artikel yang berkaitan dengan perawatan burung agar cepat bunyi dan selebihnya menjadi burung yang diharapkan menjadi gacor. Sekalipun agak sedikit terlambat, tidak salahnya saya kami sampaikan bagaiman cara merawat Ciblek Gunung agar cepat bunyi dan gacor.   

Tidak berbeda dengan beberapa artikel yang membahas tentang tips cara merawat burung kicauan baik yang diperuntukkan hanya sekedar hobi maupun yang sengaja dipelihara diperuntukkan sebagai burung lomba. Seperti pada artikel yang sebelum-sebelumnya dan juga tidak berbeda jauh dengan artikel yang disampaikan oleh para master burung kicauan yang ikut menyampaikan tips yang sangat akurat mengenai tata cara bagaimana cara merawat dan membentuk burung kesayangan kita agar rajin berkicau dan gacor.

Burung dengan ukuran kecil ini dengan suara yang sangat nyaring dan lenting, sehingga sering burung ini dijadikan sebagai burung master yang bagus untuk burung-burung jenis kicauan lainnya, seperti untuk master burung kenari, murai batu, branjangan, cucak hijau dan lainnya.

Dan berikut adalah Cara Merawat Ciblek Gunung agar rajin bunyi dan gacor:

1. Pertama pemilihan jenis kelamin, tentunya biasanya yang lebih banyak variasi kicauannya adalah yang jantan, untuk membedakan jenis kelamin ciblek jantan dan betina silahkan bisa dibaca akan dibahas pada artikel berikutnya.
2. Mandikan burung pada jam 7/ 8 pagi cukup dengan di semprot halus lalu lanjutkan penjemuran cukup + 2 jam setiap hari.
3.  Berikan jangkrik kecil 3 ekor pagi dan sore, ulat hongkong diberikan sebanyak 6-8 ekor pagi dan sore, dan juga berikan kroto cukup 2 - 3 seminggu. Berikan voer lembut dan dicampur dengan susu bubuk. 
4.  Ketika mancantelkan burung di teras hendakna jauhkan dari burung sejenis atau burung predator seperti cendet/pentet. 
5.  Dekatkan dengan burung betina/burung muda maksimal 2 x seminggu selama 1 - 2 jam, untuk memancing agar mau mengeluarkan suara sedikit demi sedikit.

Dan lakukan hal yang sama sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas dengan rutin setiap hari, khusus point memandikan dan penjemuran lihat kondisi cuaca, jika tidak memungkinkan cukup tambahkan dengan EF berupa ulat hongkong 2-3 ekor.  

Sebetulnya kunci dari pada perawatan harian burung adalah tergantung dari setelan harian yang kita biasakan untuk burung kicauan kita, dan setelan itulah yang dijadikan sebagai patokan dari perawatan burung setiap harinya.

Atrtikel Terkait Lainnya Tentang Ciblek: