TIPS MUDIK LEBARAN 2013

JAKARTA SELATAN - Sebentar lagi kita akan merayakan lebaran, terutama bagi yang beragama Islam dan juga bagi yang umat beragama lain yang kebetulan dimana tempat bekerjanya dan tempat tinggalnya berbeda atau terkadang hanya sekedar ingin mengunjungi sanak saudara, orang tua, mertua dan yang lain-lainnya yang kebetulan tempat tinggalnya ada di luar daerah maka akan merasakan rutinitas tahunan yang namanya pulang kampong (mudik) dan tidak sedikit bagi yang beragama selain Islam terkadang ikut serta mengikuti perjalanan mudik (pulang kampong) karena bersamaan dengan libur panjang.
Menu Buka Puasa dan Sahur Selama 1 Bulan 

Mulai hari ini, suhu pulang kampung alias mudik lebaran sudah mulai menghangat. Instansi yang paling repot  tentu Dep’t Perhubungan, PU dan Kepolisian. Aparat terkait tersebut harus mempersiapkan segala sesuatunya agar tidak terjadi hal-hil yang tidak diinginkan pada ritual tahunan dimaksud.

Saya, anda, kita, tetangga dan para penduduk kota maupun pendatang yang merencanakan mudik (pulang kampung) dengan kendaraan pribadi (mobil, motor, bajaj, dll). 

Ada beberapa tips agar perjalanan mudik lebaran kita aman dan nyaman:

1.    Kondisi Fisik Kendaraan dan Perlengkapannya
Pastikan bahwa sebelum mudik anda dan keluarga berada dalam kondisi yang fit. Periksakan kondisi kendaraan anda di bengkel untuk mengecek segala sesuatunya yang harus dipersiapkan.

2.    Alat Komunikasi  (Handphone, BB, dll)
Sebaiknya sebelum berangkat charge HP anda sampai penuh. Untuk daerah/area tertentu yang Anda lewati akan terjadi “blank spot” untuk kartu tertentu, lebih baik jika salah satu anggota keluarga punya HP dengan kartu yang berbeda. Jadi bila terjadi blankspot masih bisa pakai HP satunya lagi.

Berikan no. HP dan telepon di kampung halaman ke tetangga atau RT, Ini dimaksudkan agar Anda bisa dihubungi kalau terjadi sesuatu di rumah Anda.

3.    Tanda pengenal dan nomor telepon
Tempelkan tanda pengenal dan nomor telepon yang bisa dihubungi bila urgent salah satu teman rombongan di kaca belakang mobil /spatboard kendaraan Anda untuk mengetahui bilaman terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4.    Obat-Obatan
Bawa obat-obatan yang biasa digunakan, jangan lupa itu! Terutama untuk anak-anak.

5.    Uang Tunai
Bawa uang tunai secukupnya.

Demikian tips singkat mudik yang bisa saya sampaikan. Tips diambil dari berbagai sumber diinternat 
Semoga bermanfaat 

Selamat Mudik Lebaran 
Semoga Selamat Sampai Kampung Halaman Masing-masing

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1434 H
minal aidin walfaizin
Mohon Maaf Lahir & Bathin 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...