CARA MEMBEDAKAN MURAI BATU MEDAN, ACEH, NIAS, LAMPUNG, BORNEO, DLL, DILIHAT DARI WARNA DAN KOMPOSISI BULU EKOR, APAKAH VALID ?

damaiApa kabar kawan kicau ? semoga selalu dalam keadaan sehat dan happy selalu. Kali ini akan sedikit disampaikan tentang pendapat di berbagai sumber di internet yang banyak tertuliskan artikel yang menerangkan tentang perbedaan Burung Murai Batu, apakah itu Murai Batu Medan, Aceh, Nias, Lampung Super, Lampung, Pasaman, Kalimantan (Borneo) dan sebagainya.

Menururt beberapa sumber, berikut adalah perbedaan jenis murai batu dilihat dari bentuk dan warna bulu pada ekor: 

1. Murai Batu Medan

Murai Batu Medan : warna bulu ekor terbagi 2 putih dan hitam pada 4 helai sebelah kanan dan 4 helai bagian kiri dengan belah miring atau serong, hingga membentuk huruf V / U, dan ekor selebihnya berwarna hitam seluruhnya, dengan panjang ekor berkisar antara 16 – 30 cm. lidi bulu lentur dan tidak kaku. Suara kicauan paling mantab diantara beberapa jenis murai lainnya, bagi kicau mania yang faham murai menurut beberapa pendapat, sekalipun hanya dari suaranya sudah bisa dikenal jika itu suara murai batu medan dan jenis ini yang paling sering kita temukin di berbagai ajang perlombaan burung jenis murai karena biasanya murai Medan yang paling memiliki karakter yang paling mantab.

2. Murai Batu Aceh / Nias


Murai Batu Aceh / Nias : bulu ekor seluruhnya berwarna hitam dengan panjang ekor berkisar antara 16 – 27 cm, terkadang orang menyebut dengan istilah murai black tile (si ekor hitam), lidi bulu lumayan tebal dan besar jadi terkesan kaku.

3.     Murai Batu Lampung


Murai Batu Lampung: warna putih keseluruhan pada pada dua 2 helai bagian kanan dan kiri ekor, dan 1 helai bagian kiri dan 1 helai bagian kanan warna terbelah menjadi dua warna (hitam dan puith) sedangnya bagian tengan seluruhnya warna hitam, panjang ekor berkisar antara 12 – 23 cm. lidi terkesan kaku tidak selentur sebagaimana MB Medan. Suara kicauan lumyan patut diperhitungkan dan banyak juga beberapa ajang perlombaan yang diadakan terdapat kategori murtai lampung dan lampung super.

4.     Murai Batu Kalimantan (Borneo)




Murai Batu Borneo: warna putih keseluruhan pada 2 helai ekor bagian kanan dan 2 helai bagian kiri, dan selebihnya bagian tengah berwarna hitam, panjang ekor berkisar antara 12 – 17cm. warna bagian dada biasanya lebih cerah agak kekuning-kuningan jika dibandingkan dengan jenis murai lainnya, dan apabila dilombakan biasanaya dada akan membusung, makanya sangat jarang sekali kita temukan di lapangan ketika ada perlombaan kategori murai biasanya murai borneo tidak diikutsertakan, kecuali ada kelas tersendiri.

Pada dasarnya kalo sekedar buat kicauan di rumah cukup lumayan, namun kembali lagi karena rumor di kalangan penghobi burung sudah terkesan tidak meiliki nilai plus makan orang juga kurang tertarik untuk memilikinya. Namun kembali kepada kita masing-masing.  

Dari contoh dan penjelasan diatas dan yang menjadi pertanyaan kita adalah, apakah semua pernyataan di atas bisa dijadikan sebagai patokan secara keseluruhan bahwa yang memiliki ciri-ciri demikian adalah sesuai yang disebutkan ? Permasalahannya sebagaimana yang salah seorang kicau mania yang juga faham dengan berbagai jenis murai batu menjelaskan, “semua itu belum bisa dipastikan” kata Pak Wit, kita ambil contoh yang paling ringan saja, murai Borneo, tidak semua Murai Batu Borneo berekor pendek karena ada juga yang memiliki ekor lebih dari 20 cm dan ada juga murai borneo dengan warna dada hamper mirip dengan lampung.

Demikian juga beliau juga mengatakan secara ekor tampar murai medan, namun setelah bunyi dan di trek ternyata nggelembung, maka menrut beliau jika burung murai yang kita miliki belum pernah kita coba trek dengan murai lainnya, maka masih ragu untuk memastikan jenis murai yang kita miliki, terkecuali jika memang ketika kita membeli memang asli membeli dari tempat yang memang sangat bisa dipercaya, seperti dari peternakan ataupun kawan deket kita.  

Yang pasti semua kita kembalikan kepada keyakinan kita dan kefahaman kita masing-masing atas mutrai yang kita miliki, yang pasti semoga murai yang kita miliki adalah murai yang terbaik untuk kita … heheheheh.
Demikian sekilas info dan semoga bermanfaat

Salam damai9  
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...