CARA MERAWAT BURUNG KACER DI SAAT MUSIM HUJAN AGAR TETAP SEHAT FIT

damai- Pada awal atau pertengahan bulan Oktober lalu di sebagian daerah atau wilayah sempat terjadi hujan dengan intensitas yang mungkin belum terlalu besar, namun akhir-akhir  ini sudah mulai sering terjadi hujan dan mungkin akan terjadi selama musim penghujan ini selesai yaitu sekitar bulan Maret nanti, sehingga secara tidak langsung akan berpengaruh pada burung yang kita miliki termasuk juga burung Kacer.

Ada beberapa cara untuk mengantisipasi dan mengkondisikan agar burung Kacer tetap fit selama musim hujan:
  1. Jika pada musim kemarau setiap pagi dan sore burung kita mandikan bahkan setelah di mandikan pun terkadang burung masih nyebur ke bak mandi, namun pada musim hujan agar mengurangi  volume mandi.
  2. Penambahan extra fooding (EF), seperti penambahan porsi Jangkrik 2-3 ekor setiap pagi dan sore, perbanyak porsi ulat hongkong, dan juga bisa tambahkan kroto.
  3. Pemberian MultiVitamin 
  4. Usahakan, apabila kita termasuk orang yang dalam kesehariannya di rumah, ketika muncul sinar matahari kapanpun munculnya, segerakan jemur burung walau hanya sebentar.
  5. Pada saat hujan turun, apabila di luar rumah cuaca dingin dan burung terlihat kedinginan, lebih baik burung dimasukkan ke dalam rumah agar lebih hangat dan apabila setelah dimasukkan ke rumah burung masih terlihat diam saja, memekarkan bulu-bulunya dan mata terpejam, alangkah lebih baiknya lagi burung dikeredong.



Semoga Bermanfaat
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...