CARA MERAWAT MURAI BATU AGAR TETAP FIT SAAT MUSIM HUJAN

damai- Seperti pada artikel lainnya tentang bagaimana cara merawat burung agar tetap fit di saat musim hujan, tidak berbeda jauh dengan jenis burung pemakan serangga lainnya, sebagaimana perawatan burung kacer, kenari dan juga burung lainnya.  

Berikut adalah beberapa cara untuk mengantisipasi dan mengkondisikan agar burung Murai Batu tetap fit selama musim hujan:

  1. Jika pada musim kemarau setiap pagi dan sore burung kita mandikan bahkan setelah di mandikan pun terkadang burung masih nyebur ke cepuk mandi dengan sendirinya, namun pada musim hujan agar mengurangi volume mandi, bahkan ketika kita akan memandikan pada keramba mandi agar dikurangi volume airnya serta melihat kondisi cuaca pada saat akan memandikannya.
  2. Penambahan extra food (EF), agar ditambahkan porsi penambahan porsi jangkrik dari sebelumnya pagi 5 ekor sore 5 ekor misalnya, menjadi 7-8 ekor setiap pagi dan sore, jika biasanya tidak pernah diberi ulat hongkong, maka pada saat  musim hujan bisa diberikan 2-3 ekor pagi dan sore dan juga tetap berikan kroto.
  3. Pemberian MultiVitamin merupakan faktor yang sangat dianjurkan terutama manfaat vitamin yang menyangkut agar burung tetap fit selama musim hujan, banyak direkomendasikan oleh  pakar kicau mania seperti yang banyak di muat di internet.
  4. Usahakan, apabila kita termasuk orang yang dalam kesehariannya di rumah, ketika muncul sinar matahari kapanpun munculnya, segerakan jemur burung walau hanya sebentar.
  5. Pada saat hujan turun, apabila di luar rumah cuaca dingin dan burung terlihat kedinginan, lebih baik burung dimasukkan ke dalam rumah agar lebih hangat dan apabila setelah dimasukkan ke rumah burung masih juga terlihat diam saja, memekarkan bulu-bulunya dan mata terpejam, alangkah lebih baiknya lagi burung dikeredong, bahkan ada salah satu murai batu mania sangking hati-hatinya dia menggunakan keredong untuk murai batu kesayangannya dengan keredong berbahan wool (selibut tebal) ... maaf belum sempat upload gambarnya gambar segera menyusul.
Dan ada juga beberapa kawan yang sempat meracik jenis makanannya dengan campuran yang berbahan dasar bahan-bahan yang bisa menghngatkan tubuh, seperti dicampur dengan sedikit jahe bakar kemudian dihaluskan yang di campurkan ke makanan yang berupa voer dengan porsi cukup sekedar sebagai penghangat saja.

Demikian semoga bermanfaat.
Salam damai9


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...