CARA MEMBEDAKAN LOVEBIRD BABY / BALIBU DENGAN DEWASA

damai-9. Dunia burung terutama LoveBird semakin hari semakin moncer dan selalu menjadi trending topic dimana-mana. “Balibu” diantaranya. Sebutan balibu adalah kependekan dari bawah lima bulan artinya lovebird dengan usia dibawah lima bulan pun sudah banyak dilombakan untuk kelas seumurannya tentunya.

Sebagian besar banyak yang mengartikan balibu adalah umur lovebird di bawah lima bulan namun di lapangan ada juga yang berpendapat bisa juga lovebird yang berusia di bawah enam bulan.

Kali ini bukan membahas masalah persepsi dari balibu tersebut namun lebih cenderung admin fokuskan pada Bagaimana Car Membedakan Lovebird Balibu dan Yang Dewasa.  

Bagi Lovebird Mania yang sudah senior sudah barang tentu faham sudah jelas bisa membedakan antara lovebird yang usia muda (baby / balibu) dengan yang sudah berumur dewasa. Namun tidak demikian dengan pecinta burung yang terkenal dengan burung cinta ini tentunya sebagian masih ada yang belum mengerti dan mengetahui bagaimana cara membedakan anatara yang balibu dengan yang sudah berumuran dewasa tersebut.

Untuk mengetahui perbedaan Lovebird Balibu dan Dewasa berikut penjelasan singkatnya, sebagaimana terlihat pada gambar:

BALIBU

- Paruh terlihat masih bersih dan belum terdapat bercak-bercak luka akibat gesekan paruh ke tangkringan atau besnda di sekitar kandang.
- Kelopak mata lebih kelihatan segar dan belum berkerut dan muka juga terlihat imut.
- Kaki biasanya masih ada trotol warna hitam dan belum pecah-pecah.




Adapun yang DEWASA:

- Paruh biasanya sudah terdapat goresan dan bercak-bercak luka akibat gesekan paruh ke tangkringan atau benda di sekitar kandang, demikian juga warna paruh juga kelihatan kusam. 
- Kelopak mata jika pada Lovebird usia dewasa biasanya terdapat kerutan dan muka juga terlihat agak garang 
- Demikian juga kami, bagi LB dewasa biasanya sudah terdapat pecah-pecaha dan warnanya sudah menjadi abu-abu pudar agak keputihan.

Demikian dan semoga bermanfaat.