AGAR PENTET BERSUARA KERAS

damai-9.com - Berbagai cara dilakukan untuk dapat menemukan dan manjidkan suara pentet jadi keras sehingga terkesan galak dan ganas. Namun demikian banyak yang beberapa pemilik pentet atau cendet atau orang jawa bilang plentet ini seringnya yang kita temukan dan kita dengar adalah suara pentet yang tidak terlalu plong suaranya. 

Menurut Om Herry, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar pentet bisa bersuara kencang: 

1.     Pertama, sebagai persiapan, masak air jahe yang dimemerkan dengan perbandingan 1 jari jahe dengan 2 gelas air pitih dan dimasak hingga menjadi 1 gelas kemudian dinginkan hingga menjadi dingin. Mengapa harus air jahe? Kita gunakan air jahe agar burut bisa hangat ketika minin dan sebagai gurah. 

2.     Sambil menunggu air rebusan aior jahe dingin, jemur burung pada pagi menjelang siang hari sekitar pukul 10 – 11 atau jam 12 siang tanpa diberi cepuk minum, sehingga burung terlihat membuka2 paruh karena kehausan. 

3.     dan yang ketiga masukkan cepuk minum yang sudah diisi air jahe yang dingin ke dalam kandang, dengan asumsi burung akan minum karena kehausan sekalipun bukan berupa air putih, karena terpaksa burung akan meminumnya, sehingga pada saat itu burung akan merasakan hangat pada tubuhnya setelah minim air jahe tersebut yang berfungsi sebagai gurah. 

4.     Lakukan hal yang sama setiap hari selama 4 – 6 hari. 

Setelah melakukan hal demikian biasanya burung akan berangsur memiliki suara yang keras karena sudah mulai terbuang lendirnya. 

Demikian semoga bernanfaat. Sdalam damai-9

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar