Dana Minim untuk Membuat Kolam Koi Sederhana

damai-9.com - Sebagaimana yang sudah disampaikan pada artikel sebelumnya terkait dengan hobi ikan, kali ini admin menulis berkaitan dengan pemanfaatan teras kecil depan rumah sekaligus sebagai penyaluran hobi.

Semula berawal dari keinginan untuk terapi atas burung anis kembang yang baru beberapa hari beli yang menurut kawan agar diterapi menggunakan krucukan suara grojogan air, maka dengan ini langsuang saja mencari tempat yang kira2 bisa dibuat untuk terapi tersebut.

Cari-cari tempet ternyata ada usulan dari anak biar sekalian buat taman, akhirnya ada sedikit lahan persis teras yang berukuran lebar sekitar 1 M-an, yang kebetulan sudah ditembok pagar dan bentuknya juga full tembok berbentuk dinding yang sudah halus, dengan kondisi seperti itu langsung saja saya tinggal membuat sekatan dengan sedikit menambahkan campuran damdex sebagai penguat adukan.

Proses pembuatan dilakukan sendiri, karena memang bukan tukang dan sekalian mencoba membuat sendiri, sekalipun hanya panjang 1 M an lama juga membuatnya tentunya karena tanpa tukang otomatis biayanya juga sangatlah minim, yaitu :

- hebel 3 buah @ 6000 =  Rp 18.000

- Pasir 2 karung kecil = Rp 20.000 (pasangan dan plester)

- Semen 15 kg = Rp 15.000

- Damdex – sisaan tinggal pake

- Pralon 2 buah + kran = Rp 50.000

Sehingga Total Rp 103.000, 

Hanya dengan biaya segitu sudah bisa jadi kolam koi walu sangat-sangat simple yang penting jadi. Dan alhamdulillah lumayan untuk sekedar menghilangkan lelah setiap setelah sepulang dari rutinitas sehari-hari. Setelah jadi diisi ikan koi, yaaah…. Lumayan juga.

Demikian dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar