CARA MENYIKAPI BURUNG KENARI YANG MABUNG TERLALU LAMA (LEBIH LAMA DARI BIASANYA) / PENYEBAB BURUNG KENARI MABUNG LEBIH LAMA

Damai9 - Kejadian yang mungkin pernah kita alamani selama merawat burung adalah ketika merawat burung pada saat mabung (molting), terutama pada Burung Kenari, dengan masa mabung yang tidak normal seperti kebiasaan burung lainnya yang memang ada masa-masa tertentu yang dialami oleh masing-masing jenis burung.

Untuk burung kenari memang agak sedikit lebih lama jika dibandingkan dengan mabungnya burung jenis lain, seperti murai batu, kacer, cucak ijo, pleci, jalak suren dan burung jenis lain dengan perbandingan jika masa mabung kenari rata-rata antara 4 – 6 minggu, namun ada juga yang hingga 7 minggu, sedangkan burung jenis lain seperti murai batu, kacer, cucak ijo, jalak suren dan lainnya lebih cepat dengan kisaran antara 3, 4, atau sampai dengan 5 mingguan.

Namun apabila masa mabung burung kenari lain dari kebiasaan pada umumnya, dalam arti melebihi batas waktu normal, maka patut dipertanyakan apakah terdapat kesalahan pada perawatan kita setiap harinya ataukah memang ada unsur atau faktor keturunan. Jika memang salah satu dari hal tersebut terjadi maka haruslah lebih sabar dalam merawat burung kenari tersebut selama mabung (molting) tanpa harus menyepelekan kondisi burung tersebut. Dan hal-hal yang perlu dilakukan selama dalam masa perawatan burung kenari saat mabung diantaranya adalah:  

  1. Menutup sebagian besar sangkar (3/4 bagian) dengan keredong, atau boleh juga dengan full keredong namun tetap memberikan udara untuk sirkulasi udara dan pernafasan dan tidak perlu sering-sering dibuka kecuali untuk memberikan makanan dan menggantikan minumannya. 
  2. Mengurangi mandi dan jemur dan hanya secukupnya saja 
  3. Memberikan makanan yang mangandung banyak protein, seperti telur puyuh, kecambah / tauge segar dan juga tidak kalah pentingnya harus diberikan obat-obatan ataupun vitamin yang banyak dijual di took-toko burung untuk mempercepat tumbuhnya bulu-bulu baru setelah selesai mabung. 
  4. Dan selama mabung, letakkan burung /menggantung burung di tempat yang aman, nyaman dan tenang, serta sebisa mungkin dijauhkan dari sesama jenis burung kenari.

Harapan kita atas usaha selama merawat burung kenari yang sedang mabung adalah bulu lama segera rontok dan kemudian digantikan dan tumbuh dengan bulu-bulu baru yang mengakibatkan terjadi kehidupan baru pada burung setetalah mabung. Bahkan ada sebagaian pendapat dari kicau mania yang mengatakan bahwa, memaster burung dengan isian-isisn yang kita harapkan adalah ketika burung pas selesai dari masa mabungnya.

Demikian dan semoga bermanfaat.
Ssalam damai9

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...