CARA MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN ANIS MERAH / ANIS BATA / PUNGLOR MERAH

damai9 - Sudah banyak penggemar burung kicauan yang menginformasikan tentang perbedaan jenis kelamin dari beberapa jenis burung terutama untuk burung ocehan.

Bagi kicaumania yang sudah professional tidak sulit membedakan jenis kelamin Anis Merah / Anis Bata jantan dan betina, namun bagi kicaumania pemula mungkin agak sedikit belum fahan cara mengetahui perbedaannya, dan bagaimana cara membedakannya. Dan diantara perbedaan jenis kelamin Anis Merah / Anis Bata Jantan dan Betina adalah:

Dari segi fisik:

  1. Warna merah Anis Merah / Anis Bata (AM/AB) jantan lebih kontras dan jelas dibandingkan dengan betina yang agak sedikit kusam, begitu juga warna hitamnya untuk jantan lebih legam dan hitam pekat sedangkan betina agak sedikit kusam. Namun perbedaan ini tidak bisa menjamin 100% keabsahannya. 
  2. Jarak supit pada kaki bagian paha untuk jantan lebih rapat jika dibandingkan betina yang lebih renggang dan agal lembek.

Dari segi penampilan dan sifat:

AM/AB jantan terlihat mengangkat-angkat kepala jika bertemu sesama jenis. Sedangkan AM/AB betina tidak demikian. Jika sedang birahi, AM/AB betina jika bertemu si jantan jantan yang sedang berkicau  atau teler, maka dia akan menggetar getarkan sayap dan mendongak sambil mengeluarkan suara kiciran.

Demikian dan semoga bermanfaat
Salam damai9 


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...