TIPS DAN TRIKS MERAWAT TLEDEKAN ALA "KICAU NGALAM" YANG SEMPAT MENJUARAI HINGGA 4 KALI PIALA RAJA

Pengalaman seorang pemilik Tledekan Gunung yang sempat melombakan Tledekan miliknya dan sempat menjuarai dalam setiap perlombaan tersebut hingga 4 kali kejuaraan berturut-turut pada gelaran piala Raja yang dilaksanakan.


Ternyata beberapa kiat yang dilakukan oleh si pemilik Tledekan ini sangatlah sederhana. 


Bagaimana cara merawat burung Tledekan hingga mendapatkan juara sampai 4 kali berturut-turut adalah sebagai berikut:

  1. Pertama pada sekitar pukul 05.00 pagi (subuh) burung dikeluarkan untuk diangin-anginkan di teras dan dibuka kerodongnya hingga jam 07.00 sambil diberikan jangkrik sebanyak 3 ekor.
  2. Kemudian pada jam 07.00 burung dimandikan dengan spray atau bisa juga sediakan cepuk yg agak besar barangkali burung juga ingin mandi sendiri.
  3. Setelah dimandikan, lakukan penjemuran secukupnya dan tergantung karakter burung, terkadanag ada juga tledekan yang tidak suka dijemur dan berikan kroto full 1 cepuk atau kalo untuk saat ini sekitar Rp 5000 - 7000 rupiah dan berikan sekaligus sambil dikerodong kembali.
  4. Pada sore hari kerodong dibuka kembali dan diangin-anginkan serta diberikan jangkrik sebanyak 3 ekor.
  5. H-3 menjelang burung dilombakan berikan jangkrik pagi 5 ekor dan sore 5 ekor dan juga diberikan ulat hongkong sebanyak 5 ekor saja. 
  6. Pada pagi hari menjelang dilombakan burung harus dimandikan dan berikan jangkrik 5 ekor, ulat hongkong 5 ekor dan kroto full cepuk.
untuk lebih jelasnya, silahkan bisa dilihat pada tayangan video dibawah ini: 





Demikian tayangan video yang kami muat agar bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk kita dalam berawat burung dan Tledekan pada khususnya.

Semoga bermanfaat
Salam damai9

sumber dari: https://www.youtube.com/watch?v=Aa381LlNRdY 


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...