CARA MERAWAT BURUNG TLEDEKAN GUNUNG YANG BARU BELI DARI PASAR BURUNG (PENGALAMAN PRIBADI)

damai9 - Setiba di rumah setelah membeli burung Tledekan Gunung, tampak pada gambar yang Alhamdulillah sampai sekarang masih sehat dan sudah nge-voer dan sudah mulai rajin nyuling ….. hehehe.

Pada awalnya sehari setelah membeli sebenarnya ada perasaan khawatir karena selama tiga hari burung belum mau makan selayaknya burung lainnya, sekalipun dari beberapa jenis makanan sudah dipisahkan ditempat masing-masing, seperti kroto, ulat hongkong, jangkrik kecil beberapa ekor, voer malau campur kroto, air mineral dalam cepuk kecil untuk minum dan air dalam cepuk agak besar untuk mandi, dan selama tiga hari tersebut hanya 1-2 ekor ulat yang termakan, namun disisi lain air yang di cepuk besar lah yang selalu habis buat mandi, sore hari sepulang bekerja cepuk diisi lagi, setelah kandang digantang seketika itu burung juga langsung madi, jadi ternyata air habis karena buat mandi.



Dan alhamdulilah pada hari keempat burung sudah mulai makan dengan porsi lumayan, jangkrik yang kita siapkan 4 ekor sempat dimakan 2 ekor, kroto juga sempat dimakan sebagian dan demikian juga ulat hongkong 1-2 ekor.

Pada hari kelima, sengaja saya siapkan kroto dengan topsong mini yang saya campur dengan 4 tetes air diaduk rata agar bisa sedikit lunak dan kroto pun bisa menempel pada voer, dan Alhamdulillah sepulang dari kerja sempat saya pantau, ternyata kroto yang sedikit tercampur dengan voer juga sudah mulai dimakan.

Di hari keenam sama dengan yang saya lakukan pada hari kelima, namun air hanya saya kasih 3 tetes pada campuran kroto dan topsong mini dengan porsi voer dan campuran kroto yang sama.

Dan hari berikutnya sama seperti hari sebelumnya, hingga akhirnya sudah mulai terlihat dari kotorannya bahwa burung sudah mulai ngevoer (maaf mau upload gambar kotoran tapi ga enak). Dan ketika sudah terlihat jelas sudah ngevor maka untuk meringkas tempat makan, akhirnya voer, kroto sengaja setiap hari 1/2 cepuk saya berikan karena dalam proses pertumbuhan dan penjinakan, ulat hongkong 2 kali sehari cukup 2-3 ekor  saya jadikan 1 cepuk, dan selalu saya berikan jangkrik ukuran kecil 3 ekor setiap pagi dan sore.

Demikian sekedar share dan semoga bermanfaat
Salam damai9


ARTIKEL LAIN TENTANG TLEDEKAN:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...