[.doc] CONTOH CV (CURRICULUM VITAE) / DAFTAR RIWAYAT HIDUP DAN CARA MEMBUAT CV YANG BAIK, INDAH DAN MENARIK

Guna melengkapi beberapa Contoh Surat yang pernah kami muat pada artikel sebelumnya, seperti: 
berikut kami sampaikan bagaimana cara mengirim CV dan cara membuat CV yang baik, benar, indah dan menarik.

Beberapa HR Personalia sebuah Perusahaan dimana tempat Anda melamar kerja terkadang tidak terlalu memikirkan konsep dan bentuk serta tampilan dari CV atau Daftar Riwayat Hidup yang Anda ajukan kepada Perusahaan tersebut dan lebih mementingkan isi dari CV yang diterimanya baik melalui email ataupun berbentuk hard copy (via post/courier) tentunya dengan banyak pertimbangan dan lebih terkonsentrasi pada isi terutama prestasi yang tercantum pada CV tersebut.

Tetapi, tidak ada salahnya juga selain prestasi yang Anda miliki namun bentuk CV yang Anda kirimkan juga akan lebih menarik minat untuk membacanya dan kemudian memanggil si pelamar kerja / pengirim CV tersebut. CV yang amburadul menyebabkan HR Personalia malas membacanya apalagi yang terlalu banyak berbelit-belit bahasanya. Kebanyakan para HRD ketika sedang menyeleksi beberapa lamaran yang masuk baik berupa Surat Lamaran, CV, termasuk juga pengalaman kerja dan prestasi yang diperoleh lainnya, akan cenderung lebih mencari yang simple dan enak dilihat.

Beberapa langkah yang harus dilakukan adalah:

1. Tampilan CV

Tampilan Bentuk CV diusahakan simple dan menarik. Menarik disini bukan berarti banyak gemerlapan warna-warni yang menghiasi di sekeliling CV tersebut namun justru yang tidak terlalu banyak warna dan cukup sekalipun memberikan warna agar tidak terkecan monochrome berilah dengan sedikit warna dengan menggunakan warna yang soft saja.

2. Text (Font) Penulisan Lamaran dan CV

Dalam penulisan lamaran pekerjaan, baik yang berupa Surat Lamaran maupun CV/Daftar Riwayat Hidup, pakailah standard font, seperti misalnya Arial, Times New Roman ataupun standar font lainnya dan jagan pernah menuliskan surat lamaran menggunakan huruf yang terlalu banyak model sekalipun secara sepintas terlihat unik dan terkesan indah namun justru bisa menimbulkan rasa malas membaca bagi pihak HRD.

Perlu diingat, tulislah huruf dengan warna dan kondisi kontras seperti misalnya warna hitam dan dengan ukuran standard antara 11-12.   


3.  Pas Foto

HRD akan cenderung memilih gambar foto yang secara kasat mata terlihat menarik. Beruntung bagi Anda yang memiliki wajah menarik secara bawaan, (tampan atau cantik) hehehmmm…,  masih beruntung pula sekalipun tidak memiliki face yang tampan ataupun cantik tapi memilki gaya foto yang photogenic artinya sekalipun tampang pas-pasan tetapi akan terlihat menarik dalam gambar foto yang dibuat.

Nah bagi kalian yang bukan termasuk dalam 2 keberuntungan diatas dalam hal foto, maka sertakan gambar foto dalam CV yang Anda buat dengan kondisi foto yang kontras dan rapi.

4. Ukuran File

Suatu perusahaan terkadang memberikan opsi kepada calon pelamar kerja dalam mengirim CV ada yang melalui email dan juga via post. Jika Anda termasuk yang sering mengirim CV melalui email, maka usahakan mengirim dengan ukuran besaran file sekecil mungkin dan yang paling diprioritaskan saja. Dan sebaiknya yang perlu Anda kirim dalam melamar via email adalah:

-       Surat lamaran
-       CV yang sudah diserta pas foto
-       Transkrip nilai
-       Ijazah

Sementara jika Anda memiliki sertifikat lain-lain yang berbentuk PDF tidak perlu dikirim karena hanya akan memperbesar file yang Anda kirim dan secara otomastis memperberat dan memperlambat ketika HRD membaca attachment file yang Anda kirim, dan sertifikat-sertifikat tersebut cukup disebutkan dan dijelaskan dalam CV saja.  Sementara jika Anda mengirim melalui post, terserah saja, dan semakin banyak dokumen pendukung semakin bagus. 

Contoh-contoh CV Insya Allah akan kami muat pada kesempatan berikutnya.

Semoga bermanfaat
Salam damai9

Request: Apabila artikel ini bermanfaat bagi Anda, silakan like di Facebook atau di Google+. Terima kasih
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...