CARA MERAWAT CIBLEK BAHAN YANG BARU BELI AGAR CEPAT NGEVOER (2)

Sebenernya artikel tentang Bagaimana cara merawat Burung Ciblek bahan yang baru beli agar cepat ngevoer sudah dibahas pada artikel sebelumnya sebagaimana yang bisa dibaca disini, namun tidak ada salahnya dimuat kembali dengan versi sedikit berbeda.

Sebagian kicaumania mungkin pernah mengalami kegagalan dalam merawat burung ciblek bahan yang baru beli, baik dari pasar burung, dari toko burung maupun dari sesama kawan penghobi, dan tidak bisa bertahan lama. Karena pada beberapa burung bahan yang baru dibeli, khususnya burung  Ciblek sangat rentan sekali dan jarang bertahan lama ketika sudah kita rawat di rumah, dan burung Ciblek bisa hidup dan tahan lama menurut pendapat beberapa kicau mania apabila sudah mau makan voer (ngevoer), namun demikian tidak mudah memproses burung Ciblek yang baru beli bisa segera ngevoer.

Mungkin Anda minat .... silahkan klik
Salah satu cara dan trik serta tips agar burung Ciblek bahan mau makan voer dan cepat ngevoer adalah dengan mencampurkannya dalam 1 kandang selama sekitar 1 mingguan dengan ciblek lain yang sudah ngevoer sehingga keinginan si ciblek bahan ketika melihat kawannya makan voer, akan meniru dengan apa yang dilakukan oleh kawan sekandang tersebut sehingga akan lebih mudah dan lebih cepat ngevoer.

Adapun cara lain yang dikalukan dalam membentuk agar ciblek cepat ngevoer diataranya:

  1. Pada awalnya burung diberi makan sebagaimana makanan normal sebagaimana di alam bebasnya selama 2-3 hari
  1. Pada hari ke-4, bertahap makanan kesuakaan ciblek seperti kroto diberikan campuran voer halus dengan berikan 2-3 tetes air dan diaduk pada cepuk makannya jika dilihat kotoran sudah terlihat bahwa burung sudah makan voer, maka pisahkan makanan secara terpisah, tempat voer, kroto, minuman, jangkrik kecil, dll.
Jika kita berhasil dalam merawatanya dari sejak kita membeli, proses ngevoer hingga menjadi jinak, apalagi jika yang kita beli adalah jenis kelamin jantan, maka selain merupakan kepuasan tersendiri bisa memproses burung ciblek bisa ngevoer, tentunya bisa mendatangkan keuntungan lain yang cukup lumayan.

Kalkulasi ringan saja, jika kita membeli Ciblek Semi kondisi bahan harga Rp 30-35 ribu dalam waktu sekitar 1-2 minggu sudah ngevoer dan kita jual Rp 100 ribu saja, sudah jelas keuntungan yang kita dapatkan adalah Rp 70 ribu, jika dikalikan berapa ekor …. maka, lumayan laaaah….. heheheh, untuk itu perlu kesabaran dan keuletan serta keahlian khusus dalam merawat Ciblek bahan ini.

Selamat mencoba dan semoga berhasil
Salam damai9
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...