CIRI-CIRI LOVEBIRD OVER BIRAHI DAN CARA MENGATASINYA

damai– Sudah selayaknya apapun yang berpasang-pasangan pastilah ada saatnya akan mengalami yang namanya Bi*ahi (*=r), begitu juga termasuk diantaranya adalah burung Love Bird yang sudah berumur dewasa sekitar 7/8 bulan keatas terutaman yang berjenis kelamin jantanjuga akan mengalami hal serupa. Jika hanya sekedar Bi*ahi (*=r) tidaklah masalah karena memang demikian buat burung normal, orang juga demikian kan… ? heheh. Tetapi yang jadi masalah adalah jika birahinya melampaui batas kewajaran sehingga menjadikan burung Over Birahi (OB), tentunya menjadi masalah buat kita apalagi jika terjadinya pada burung yang sedang kita lombakan atau burung yang pernah dan masih aktif kita ikutkan lomba, maka akan sangat merusak nilai bagi burung pada saat penjurian. Dan seperti apakah ciri-ciri burung yang mengalami Over Birahi dan bagaimana cara mengatasinya ?  

Berikut adalah Ciri-Ciri Burung Love Bird (LB) yang mengalami Over Birahi:

1.  Sebagaimana pada gambar diatas. Perilaku unik yang sering dilakukan LB yang sedang OB yang paling jelas kelihatan adalah menggesek-gesekkan “Miliknya” pada tangkringan, semakin tinggi tingkat OB si burung semakin sering pula perilaku unik tersebut dilakukan.
2.  Burung terkadang lebih galak dari sebelumnya, terkecuali bagi burung yang sangat jinak.
3.  Burung biasanya sambil melakukan perilaku unik tersebut sambil juga mencabuti bulu-bulnya, namun jika kondisi burung sedang fit terkadang perilaku ini tidak dilakukan, andaikan dilakukan pun tidak terlalu sering.
4.  Tanda-tanda yang kurang mengasyikkan lainnya jika burung dalam kondisi OB adalah burung tidak mau bunyi. Disinilah yang terkadang membosankan, padahal yang kita nanti-nanti dari burung ocehan kan dari bunyinya, kalo sudah berhenti bunyi pastinya tidak ada hiburan yang bisa kita nikmati, paling hanya memandangi keindahan warna-warni bulunya saja. Tetapi harus tetap sabar… pasti ada waktunya.

Adapun Tips Cara Mengatasi Burung Love Bird (LB) yang sedang Over Birahi (OB) adalah sebagai berikut:
1.  Faktor utama yang sering menentukan adalah dari segi pola makanan yang diberikan, dalam hal ini beberapa makanan yang dianjurkan jangan diberikan terlebih dahulu pada LB saat mengalamai OB, diantaranya adalah Kangkung, Jagung Muda, Kwaci, untuk 3 jenis makanan ini hendaknya diberhentikan pemberiannya pada LB yang sedang mengalami OB, cukup berikan saja milet seperti biasanya.
2.  Lebih sering dimandikan dengan waktu dan durasi lebih lama.
3.  Memasukkan dan menggabungkan burung pada kandang koloni akan lebih tepat dilakukan untuk mengurangi kondisi birahi dan bisa menstabilkan kondisi birahinya tersebut.

Demikian dan semoga bermanfaat. Salam Lovebird Mania dan Salam Damai9

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...