CARA MERAWAT TENGKEK BUTO

damai-9. Bagi para pecinta burung terutama untuk burung kelas lomba, dan lebih specific lagi Murai Batu yang sering dilombakan, pasti kenal dengan burung ini. Tengkek buto, itulah sebutan dari burung yang lebih cenderung ngekek dengan durasi panjang. Untuk beberapa Event Organizer (EO) terutama bagi si Juri akan menilai lebih apabila murai batu yang tampil dalam lomba yang diadakan menonjolkan isian suara tengkek buto. Tidak tahu alasannya kenapa, yang pasti hanya EO yang tahu. Imbas dari ini semua, tengkek buto yang semula jarang orang mencari jadio banyak yang mencari dan harganyapun menjadi mahal. Padahal burung ini lebih cenderung diperuntukkan sebagai masteran saja.

Berapa harga tengkek buto ? di beberapa sumber harga tengkek buto berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta tergantung kondisi.  Informasi yang di dapat, mengapa harganya bisa begitu mahal, karena dalam proses pengambilannya di alam liarnya sangatlah sulit terjangkau      

Kembali pada topic awal, Habitat tengkek buto sebenarnya di persawahan, hutan lapang yang di sekitarnya ada sungai ataupun rawa-rawa, karena makan alam tengkek buto ini adalah udang dan ikan ikan kecil dan juga berbagai jenis serangga termasuk jangkrik dan juga yang sekelilingnya terdapat pepohonan yang tinggi karena memang sarang tengekek biasanya di ketinggian.

Terkait rawatan Tengkek Buto (TB) relative mudah.

Dari beberapa sumber, seperti biasa pada umunya dalam proses agar TB mau makan voer proses agar mau makan voer pada TB agak sedikit berbeda, yaout langkah awal adalah berikan voer yang telah dihaluskan yang dicampur dengan sedikit air lalu digumpalkan, kemudian suapkan pada TB pada saat meloloh, secara bertahap hingga TB mau makan sendiri voer yang kering, adapun prosesnya berbeda-beda, ada yang seminggu sudah mau makan voer sendiri namun ada juga yang hingga hampir 20 hari masih harus disuapin.

Kemudian untuk Extra Food (EF) cukup berikan jangkrik dan pastinya terlebih dahulu potong kakinya, dan agar lebih terkesan empuk basahilah terlebih dahulu dengan air.

Semoga bermanfaat