Kenapa Burung Cililin Mahal ?

damai-9. Sebagai seorang penggemar / penghobi burung terutama untuk burung-burung kelas lomba (sering dilombakan) seperti Murai Batu, Cucak Ijo, Kacer dan burung lomba lainnya, pasti tidak asing dengan nama burung yang satu ini. Iya, Cililin, adalah merupakan burung spesialis untuk master burung lain sebagaimana yang disebutkan di atas.
Kenapa harus Dimaster dengan Cililin ? dan Kenapa Harganya Mahal ?
Terus kenapa harga Cililin yang dipergunakan sebagai master ? jawabannya adalah, sebetulnya hanya karena efek EO, kenapa demikian ? karena dalam lomba yang diadakan, bagi burung yang memiliki tonjolan suara khas seperti Cililin maka akan memiliki penilaian tersendiri dan dianggap sebagai burung yang mempunyai prestasi lebih, maka dari situlah sehingga Cililin banyak dicari orang dan karena keberadaannya jarang makanya harganya menjadi mahal.

Baca juga : Cara Merawat Cililin
Ada 2 jenis Burung Cililin yang kita ketahui, yaitu Warna Cokelat dan Hitam
Yang pertama Cililin coklat memiliki warna bulu coklat di seluruh tubuhnya dengan garis putih di bagian lehernya. Karena suara kicauannya yang nyaring dan sering digunakan sebagai master burung lomba sehingga harganya begitu tinggi di pasarannya yaitu kisaran Rp 1.5 hingga Rp 2,2 jutaan.
Dan yang kedua Cililin Hitam. Sekilas terlihat lebih gagah dengan warna hitamnya. Cililin hitam dapat dengan mudah ditemukan di daerah Jawa. Serdangkan harga Cililin hitam lebih murah di pasaran karena kualitas suara yang condong pendek. Harganya berkisar antara Rp 500 ribuan Rp 1,25 jutaan.