Ooooooh… Cipo/Cipow/Sirtu/Sirpu/Sito/Cito Betina Ternyata Bisa Nyipow


DAMAI9 - Beberapa tahun yang lalau sempat terjadi perdebatan diantara sesama penggemar burung (kicau mania). Kali ini terkait khususnya burung Cipow/Cipo/Sirpu/Sirtu/Sito/Cito, burung yang secara fisik seperti burung pleci atau cici kaca mata yang pada beberapa tahun lalu sempat menjadi trending topik bagi penggemar burung yang berukuran kecil bahkan mini, namun burung ini memiliki ukuran fisik sedikit lebih besar namun burung ini bukan termasuk burung pemakan buah.

Wal hal, perdebatan yang sempat menjadi polemic adalah, jika cipow betina (dengan ciri khasnya adalah lidah berwarna putih) dalam ocehannya si copow betina ini disebut tidak bisa “NYIPOW” yang menjadi ciri khas burung cipow, yang sebenarnya ketika sudah jadi ternyata memiliki suara yang lumayan bervariasi.

Pengalaman pribadi dan milik pribadi, yang bisa menjadi bukti bahwa ternyata cipow betina bisa nyipow, menyusul akan kami upload videonya agar ada bukti bahwa cipow betina juga bisa nyipow.

Bermula saat membeli cipow dari seseorang yang posting fi FB dengan postingan yang sangat meyakinkan, sebagaimana cuplikan berikut :

S: Om, cipo masih, spek gmn ?

J: Masih Om, rajin suara variasi

S :  jenkel apa Om ?

Dengan yakin si “J” jawab dengan kata:

J : Jantan Om, jaminan

Lalu saya tanya lagi :

S : Fixed Om ?

J : iya Om


Lalu terjadilah negosiasi transaksi dan deal.

Yang semula sebenarnya kurang begitu suka dengan cipow, namun demikian karena ternyata bunyinya juga lumayan, akhirnya senang juga, dan ketika di rumah baru punya 1 ekor, maka pada hari libur mencoba nyari cipow bahan, biarin dah sekedar buat teman yang lain dengan tujuan biar ada teman sesame jenis.

Setelah dirawat selam kurang lebih 10 hari, alhamdulillah ada 2 ekor bisa hidup dan sudah voer total dan sesekali bunyi nyiul karena dengan prediksi jantan, karena lidah jelas hitam dan semoga bisa menjadi tandem cipow yang lama, syukur2 bisa dijadikan sebagai ternakan untuk bisa memperbanyak populasi cipow karena di habitat nya sepertinya sudah sangat jarang sekali.

Demikian semoga bermanfaat. Salam damai-9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar