Agar Pentet Tidak Miyik dan Cara Mengobatinya

damai-9. Senang itu tetkala menikmati burung rawatan yang kita punya gacor di depan mata, namun akan beda suasana Ketika yang biasanya gacor tidak seperti semula justru malah tidak berbunyi dan andaikan berbunyipun tidak seperti sediakala dan bahkan malah berlaku seperti maja kepada si pemiliknya, biasanya terjadi pada burung Pentet/Cendet/Plentet yang biasa orang sebut dengan istilah mbayi/miyik. Lantas bagaimana cara menyikapinya Agar Pentet tidak Miyik atau Mbayi.

Bagi sebagian kawan kicaumania yang sudah senior hal seperti ini bukanlah hal yang susah untuk dilakukan namun akan berbeda Ketika yang memilikinya mungkin baru ini kali mengalaminya, dengan demikian pastilah akan mencari cara bagaimana agar Pentet miliknya tidak miyik lagi.

Menurut beberapa sumber yang Damai-9.com dapat, termasuk diantaranya dari para senior terutama pemilik Pentet, ada beberapa cara dalam mengatasi Pentet agar tidak miyik, diantaranya :

1.       Yang sering dilakukan dan banyak disarankan oleh beberapa orang adalah dengan cara mengerodong full dan jangan diperlihatkan jangkrik selama burung masih miyik, namun demikian, seberapa tebal kerodong yang dipake sehingga burung tidak melihat jangkrik ? karena kerodong tebalpun burung dari dalam kendang masih bisa melihat suasana di luar kendang, tapi lumayan juga paling tidak masih bisa sebagai terapi agar pentet tidak miyik.

2.       Ini yang mungkin agak sedikit cepat berhasil yaitu dengan cara pengembunan pada pagi hari setelah subuh. Mohon maaf, terapinya mungkin cukup bermanfaat dan manjur, tetapi terkadang kitanya yang bangun kesiangan bahkan sampai burung sudah bangun dan manggil2 pun kitranya selalu tuannya belum bangun juga… heheheh… maaf juragan 😉 

3.       Cara yang ini bisa juga dilakukan yaitu dengan cara ngagetin burung dalam kendang, bisa dengan cara menggebrak kendang pada saat akan memberi makan terutama jangkrik namun demikian terkadang hanya sejenak dan setelah beberapa saat kemudian akan kembali miyik namun demikian harusnya tetap sering2 dilakukan agar burung menjadi terbiasa tidak miyik.

4.       Sebetulnya cara yang satu ini tidak terlalu susah untuk dilakukan yaitu dengan cara memandikan pada malam hari, selain bisa menghilangkan pentet miyik menurut sebagian kawan memandikan burung terutama pentet pada malam hari bisa bermanfaat untuk menjadikan suara burung lebih kencang.

Demikian  beberapa terapi yang bisa dilakukan terkait Agar Pentet Tidak Miyik. Semoga bermanfaat. Salam damai-9.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar