PENTET DADA PUTIH

damai-9. Akhir-akhir banyak para kicau mania terutama untuk Cendet atau Pentet mania yang nyari pentet atau Cendet Dada Putih. Apa sih keistimewaannya, apa keunikannya dan apa yang membedakan antara Pentet Dada Putih dengan Pentet Biasa.

Secara keseluruhan, informasi yang kita sudah sama-sama tahu, para kicau mania terutama untuk Komunitas Pentet Mania pada khusunya, sepakat bahwa “Pentet Madura” adalah yang paling Mantab, karena dengan alasan yang sama adalah “Paling Fighter” jika dibandingkan dengan pentet dari daerah lainnya, baik Jateng maupun Jabar.

Namun demikian mengapa pentet dada putih harganya lebih tinggi ?

Pertanyaam itupun sebedanrnya juga tidak 100% bisa dijadikan rujukan, sebagaimana percakapan online di bawah ini:

Satu Pertanyaan dari yang berinisial IS :

Om2 numpang Tanya ya…
Pentet dada putih bersih itu asalnya dari mana ?
Apa beda Pentet asal jawa dgn Madura ?

Salam, ichsan

Kemudian ada beberapa tanggapan terkait hal tersebut:       

(Tanggapan Initial S)
salam kenal om ichsan, setau saya om,kata teman2 penggemar pentet di daerah saya (jogja) klo pentet dada putih itu yg jantan om,walau terkadang di sisi kanan kiri dadanya juga terlihat ada warna coklat muda, tetapi klo yg dada coklat ( full ) itu yg betina, 
klo pentet khas jatim biasanya mempunya ciri khas bagian kepala full warna item sampe mendekati leher....walau terkadang ada juga yg hanya sampe bagian belakang kepala/tidak full sampe leher...
demikian masukan dari saya om...mohon senior menambahkan...
maturnuwun

Tanggapan (Initial AH – Dewan KM)
pentet dada putih mungkin dari jatim/ madura asal warna hitam menutupi kepala....mungkin seperti punya saya....ini asal Madura

Tanggapan (Initial N – BBC)
Semua pentet itu baik OM.....yang penting suaranya keras banget , he he he......

Tanggapan (Initial T – YK)
sebenarnya dari jawa juga ada cendet yg dadanya putih, yang bikin cendet dada putih dan enggak adalah habitatnya, kebanyakan cendet bambu(bersarang di pohon bambu) berdada putih, untuk burung madura berdasar pengalaman yang saya alami cendet madura mental tarungnya saya akuin agak beda, ndak perlu dua kali ambrol bulu udah mau tampil, tpi ya jgn digenjot terus, ntar muntir ampe tua jadi bawaan.
gw setuju ama om nico, mo bagaimanapun bentuk cendetnya asal gampang kerja n' materi ok ndak masalah mau kepala hitam, dada putih/coklat maupun cendet anak nunggal dll.

Tanggapan (Initial 5,9 – SR)
bener kata om tomboati dan om nicho,yang penting suara keras n materi bagus.mau bentuk nya kaya apa tapi 2 kriteria itu dah masuk ambil aja om..ntar tinggal seting birahi nya aja n staminanya lagi.. dan juga betul menurut pandangan zimbah..kalo di jogja juga dada putih yang dominan cowoknya..apalagi brewokan pasti dah diambil orang

Jadi initnya adalah, jenis apapun pentetnya ketika punya kualitas maka tetap saja akan dianggap sebagai pentet yang bakal memiliki prestasi.

Demikian dan semoga bermanfaat.
Salam damai-9.com  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar