Cara Membedakan Pleci Dakun Pacitan dan Dakun lainnya

damai-9.com - Kembali mengupdate burung yang di sekitar tahun 2015 an sangat terkenal dan menjadi TOP Trending bahkan sampai TOP nya hingga para artis dan selebritis pun ikut2an pelihara pleci, namun seiring dengan berjalannya waktu, semakin-hari semakin berkurang peminatnya bahkan hingga saat ini pun para fans pleci / pleci mania (pleman) sepertinya belum kembali pulih sempurna seperti pada saat sedang ngetrend dulu. Namun demikian tetap masih ada sebagai seorang pleman sejati pasti tidak akan tergerus dengan kondisi dan situasi walau bagaimanapun kondisinya. Ya kan ya… ??? 😊

Kembali ke judul di atas, kali ini damai-9.com akan menjelaskan sedikit tentang bagaimana sih cara membedakan dakun pacitan dengan jenis dakun lainnya.

Baca Yang Ini Juga Boleh 

PLECI DITAWAR Rp 45 JUTA TIDAK DIKASIH, BAHKAN ADA YANG HINGGA Rp 102 JUTA, BAK EMAS HIDUP

OK, pada dasarnya semua jenis pleci terutama dakun secara keseluruhan hampir sama dan susah untuk dibedakannya, apalagi bagi pecinta burung pemula, bahkan terkadang yang sudah berpengalaman dan senior dalam hal perburungan pun terkadang masih agak bingung cara membedakan mana yang dakun pacitan dan mana yang dakun jenis lain. Nah, menurut pendapat para senior pleman, begini cara membedakannya…

Pertama, Dakun Pacitan, secara ukuran fisik biasanya cenderung ideal, artinya, tidak terlalu besar seperti dakun Lombok atau dakun bali, dan juga tidak terlalu kecil seperti dakun dari daerah lainnya sehingga ukurannya bisa disimpulkan sedang2 saja.

Kedua, kalo kita lihat dari sisi warnanya, dakun pacitan warna kuningnya kuning sangat pekat, artinya warna kuningnya itu gelap dan kontras, cerah tapi pekat, jadi warnanya mantab dah pokoknya, bukan gelap namun buram, dan kita akan lebih mudah bisa membedakan secara jelas apabila kita menyandingkan 2 ekor pelci yang 1 dakun pacitan dan yang 1 nya lagi dakun selain pacitan, maka dari situ kita akan bisa melihat jelas perbedaan diantara keduanya.

Dan yang ketiga,  dari segi suara,  jika kita dengarkan secara seksama, dakun pacitan memiliki suara yang sangat keras dan bersih, kristal dan nyaring, nah suara itu yang membedakan dakun pacitan dengan dakun jenis lainnya sehingga dari segi harganya pun berbeda, apalagi untuk saat ini, jika dakun lain seperti dakun garut, dakun jateng, dakun muria sekalipun, dan bahkan dakun jatim juga masih kalah harga dibandingkan dengan harga dakun pacitan yang saat ini dalam kondisi masih bahan saja menurut pleman senior sekitar 400 rb, kondisi belum jadi. Sementara dakun lainnya seperti garut masih bisa sekitar 100 s/d 200 ribuan, itupun terkadang sudah setengah jadi.

Pernah ke Pasar Burung Kebayoran Lama di stand pleci, sempat ada pleci masih muda sudah rajin ngeriwik kata abangnya dari jatim, pas kita tanya, ternyata hargana Rp 450 ribu, ooooh... pantesan cakep ! itu baru Jatim, apalagi kalo yang Pacitan, karnena memang masih anakan saja sudah keliatan enak didenger. sebenarnya Pacitan juga wilayah jatim sih... hehehe

Mau lihat penampakannya, monggo :

  

Tetapi perlu diingat, perawatan burung apapun jika dalam perawatannya penuh dengan kasih sayang, benar cara memelihara dan merawatnya, Insya Allah akan enak untuk dinikmati ocehannya tentunya akan menjadi hiburan tersendiri buat kita. Lebih lagi, tidak hanya terpaku pada pleci, akan lebih berjasa lagijika kita bersedia menangkarkan (ternak) burng burng yang saat ini sudah mulai langka di alamnya seperti pleci ini yang hampir tidak pernah dengar lagi ocehannya di alam bebasnya, untuk itu akan sangat berjasa kita, jika kita bersedia menernakannya untuk tujuan mengembangbiakkan, minimal agar tidak terjadi kepunahan.

Demikain semoga bermanfaat. Salam damai-9.com

Artikel Terkait Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar