Cara Menanam Cangkokan Jambu King Ros di Pot Agar Bisa Berbuah Lebat

damai-9.comSuasana senang, lega, girang (betawi) kalo tamanan yang kita tanam bisa berbunga dan kemudian bisa jadi buah apalagi jika tanaman yang kita tanam ini kita tanam dalam pot, pastilah akan memiliki rasa kepuasan yang berbeda dengan tanaman yang kita tanam langsung di tanah pekarangan ataupun kebun.

Nah kali ini saya akan berbagi sedikti pengalaman yang saya alami yaitu menanam cangkokan jambu yang sempat saya cangkok kurang lebih sekitar 8 bulanan yang alhamdulillah bisa berbuah dengan lebatnya, walaupun pada saat berbuah di musim buah sebelumnya juga sempat berbuah namun tidak selebat buah yang sekarang ini.

Nah, bagaimana caranya? Berikut caranya :

1. Potonglah cangkokan Jambu King Ros seteleh cangkokan terlihat berakar tua dengan usia cangkokan kurang lebih sekitar 3 atau 3,5 bulan (conditional)…

2. Siapkan pot untuk menanam, dianjurkan yang berukuran besar, minimal diameter 40cm. 

Baca Juga : Proses Pembesaran Ikan Gabus dalam Kolam Ikan Nila

3. Masukkan tanah yang bertekstur gembur (bukan tanah liat) cukup 1/3 pot, campur dengan humus dan juga pupuk kandang cukup sedikit saja dan diaduk hingga tercampur (pupuk kandang biasanya banyak dijual di tukang tanaman).

4. Setelah tanah dimasukkan ke dalam pot, buka plastik cangkokan dan tanam cangkokan tersebut kemudian berikan tanah kembali hingga cangkokan tertutup atau hingga pot hampir terisi penuh dengan tanah atau sisakan permukaan tanah pada post sekitar 5 cm ke permukaan pot. 

5. Siram dengan air secukupnya, jangan terlalu becek, kemudian letakkan cangkokan yang sudah ditanam dalam pot tersebut pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. 

6. Kemudian jika sudah terlihat hidup yang ditandai dengan daun yang ada pada cangkokan tidak mengalami layu dan segar atau bahkan sudah tumbuh tunas baru, maka setelah 1 bulan tumbuh, berikan pupuk kemasan (bisa dengan NPK). 

7. Ulangi pemupukan setiap 1 bulan dan tinggal tunggu hasilnya. 

8. Jangan lupa siram tanaman cukup pada pagi (kondisional).

Untuk hasilnya, silahkan bisa dilihat di video di bawah ini :

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Salam damai-9.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar