Buah Anggur untuk Trucukan Liar

damai-9.com - Saling berbagi untuk sesama makhluk hidup adalah pengalaman yang indah sesama makhluk ciptaan Allah. Suatu hari pas kebetulah sedang WFH atas tugas kerjaan yang harus diselesaiakan sambil dikerjakan di dekat kolam ikan di sekitaran teras rumah lantai atas yang juga terdapat tanaman anggur yang Alhamdulillah sudah berbuah sekalipun buahnya tidak terlalu lebat dengan kondisi belum banyak yang matang, namun demikian bagi burung terutama trucukan, ternyata buah anggur sekalipun belum matang walaupun sudah ada sebagian yang sudah mulai berwarna ungu bagi burung trucukan ternyata doyan juga bisa dilihat di video di sini sekalipun hanya sebentar karena sudah sempat makan beberapa biji buah anggur lalu terbang.

Asyiknya apa yang kita lihat ini adalah sebuah pemandangan yang jarang saya lihat apalagi secara langsung di depan mata sendiri ternyata tanaman anggur yang kita tanam bermanfaat juga untuk makhluk lain yaitu trucukan. Semula sih perasaannya agak kurang ikhlas, waduh sayang banget ya, apalagi baru pertama berbuah… heheh, namun setelah difikir-fikir lagi, ya sudahlah, berbagai sesama makhluk ciptaan Allah, kalo kata ustadz itu adalah merupakan sedekah yang tanpa ria… semoga ya… 😊

Lantaran saya melihat trucukan liar makan buah anggur yang saya tanam tersebut namun karena mungkin terlalu besar untuk langsung di telan sehingga terkadang pada berjatuhan buah yang tidak sempat kemakan dan akhirnya saya berikan juga ke Trucukabn rawatan yang ada di rumah, eeeeh… bener doyan juga dia.. 😊 Semakin asyik aja melihatnya.

Berdasarkan pengalaman ini, tidak salah juga berbagi kepada sesama makhluk.

Ada salah satu anak saya yang nganjurin untuk pasang perangkap saja Pak, namun tidak tega takutnya dia lagi ngeramin, atau sedang ngeloloh anakan, kalo kita jebak dan ketangkep akhirnya mungkin anakan yang masih ada di sarang siapa yang ngasih makan, kan kasihan. Akhirnya anak juga faham….

Intinya tidak ada salahnya untuk saling berbagi untuk sesama makhluk hidup.

Ada satu lagi, burung gereja juga demikian makan makanan bahan makanan yang sedang di jemur yang akan saya sampaikan di lain artikel.

Semoga bermanfaat Salam damai-9.com

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar