Cara Memelihara dan Merawat Ikan Gurameh Agar Tetap Hidup Sampai Besar

damai-9.comBerjumpa kembali kawan-kawan semua di damai-9.com, semoga senantiasa dalam keadaan sehat wal’afiat dan diberikan kelancaran dalam segala urusannya, Aamiin.

Kali ini saya akan mencoba menyampaikan sedikit teknik Bagaimana Cara Merawat dan Membesarkan Bibit Ikan Gurameh Agar Tetap Hidup Sampai Besar.

Dikarenakan gurameh termasuk ikan yang dalam proses pembesarannya membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan Ikan lainnya, seperti Lele, Ikan Nila, Ikan Mas dan juga ikan air tawar lainnya. Proses pembesaran yang saya lakukan sangat simpel yaitu memanfaatkan kolam yang ada di teras rumah lantai atas yang semula dioeruntukkan buat ikan koi namun karena ikan koi membutuhkan air yang harus selalu bersih dan harus menggunakan filter dan juga airator, sehingga sepertinya ikan koi tidak kuat lama karena kesibukan yang saya alami akhirnya saya ganti dengan ikan Nila yang sekaligus bermanfaat untuk dikonsumsi harian, ketika pas ingin ikan tinggal serok... heheh.

Setelah beberapa kali panen ikan nila sekedar buat dimasak sendiri, kini gilirannya mencaoba membesarkan ikan Gurameh yang bibitya beli dari Pasar Ikan Parung, Bogor.  Dan berikut langkah-langkah pembesaran ikan gurameh agar bisa bertahan hidup hingga besar.

1.       Pertama, persiapkan terlebih dulu lahan / tempat baik dalam bentuk terpal ataupun kolam beton namun yang pasti usahakan kondisi kolan sudah siap untuk masukin bibit gurameh atau kondisi air sudah bisa dibilang matur, sehingga siap untuk ditaburi  bibit ikan gurameh.

Saat hunting bibit ikan gurameh di pasar ikan Parung - Bogor : 

2.       Yang kedua, beli dan pilihlah bibit ikan gurameh yang kondisinya sehat, lebih diutamakan beli langsung ke petani ikan, karena biasanay ikan akanterliahat lebih sehat dibandingkan dengan kelau beli dari pasar ikan apalagi jumlah ikan banyak yang ditempatkan pada wadah yang kurang memadahi sehingga bibit ikan gurameh akan cenderung mudah sakit dan terkena penyakit sehingga jika kita masukkan ke kolam pembesaran terkadang tidak akan tahan lama.

3.       Sesampai di ruamh dari beli bibit, ikan terlebnih dulu masukkan dalam kolam sekaligus dengan pembungkusnya untuk adaptasi suhu air agar sama atau sekitar 30 menit, kemudian setelah 30 menit baru dilepas ikatannya dan masukkan ke dalam air kolam.

4.       Terkait makanan, jika masih dalam ukuran kecil, berikan makanan pelet yang berprotein 2-3 kali sehari, pagi dan sore atau bisa pagi, siang dan sore, sampai dengan ukuran ikan sudah lumayan besar, kemudian berikan makan berupa daun sente, karena memang makanan kesukaan gurameh adalah daun sente.

5.       Kontrol dan cek air, jika sudah terlalu keruh dan perlu ganti air maka gantilah dengan ukuran yanhg diganti sekitar 1/3 dan volume kolam.

Demikian dan semoga bermanfaat. Salam damai-9.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar