Cara Ternak Blackthroat Bagi Pemula

damai-9.com - Jumpa lagi di Blog Si Petani. Kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman yang alhamdulillah kami sendiri alami yang hingga artikel ini saya tulis, alhamdulillah proses masih berjalan lancar walau ada sedikit kendala namun alhamdulillah bisa tertangani.

Sebagaimana video di bawah ini :


Proses penjodohan kebetulan tidak terlalu susah, karena kebetulan menurut sebagian banyak orang yang faham tentang burung blackthroat ini, katanya agak susah dan rumit dalam proses penangkarannya, makanya kenapa dari awal blackthrot dikenal hingga saat ini harga tetap masih stabil, berbeda dengan jenis burung lainnya seperti lovebird, kenari, dan bahkan akhir-akhir ini burung murai batu juga termasuk salah satu burung yang mengalami turun harga yang salah satu penyebabnya menurut sebagian orang dikarenakan proses pengembang-biakannya atau proses penangkarannya tidak terlalu susah dan banyak yang berhasil, sehingga berimbas pada harga dan  sangat berpengaruh menjadi turun.

Kali ini saya share pengalaman saya terkait proses penangkaran Blackthroat yang saya miliki:

1. Intinya setelah jodoh, segera siapkan serabut nanas sekaligus tempat sarang yang banyak dijual di toko-toko burung dengan harga antara 5 - 7 ribuan, dan sarangnya sebagian toko ada yang menjual 7 ada juga yang jual seharga 10 ribu.

2. sediakan pakan yang tepat. Yang saya berikan adalah racikan yang saya buat sendiri berupa jewawut dicampur dengan milet, kenari seed dan juga niger seed, dan tentunya jangan sampai lupa setiap hari berikan pokcay atau bisa juga dengan kangkung sebagai asupan sayurannya, dan juga telur saya berikan tiap 3 hari sekali (cara saya sendiri)

3. Usahakan posisikan kandang terkena sinar matahari pada pagi hari, karena dengan kondisi terkena matahari pada pagi hari akan sangat bermanfaat buat perkambangan dan pertumbuhan burung pada saat baik proses mengerami maupuin pada saat anakan sudah menetas.

4. senantiasa perawatan kebersihan kandang dengan teratur dan konsisten.

Demikian dan semoga bermafaat. Salam damai-9.com 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar