CARA MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN KACER JANTAN DAN BETINA

JAKARTA SELATAN – Bagi penggemar kicau mania terutama yang menginginkan memelihara untuk dijadikan burung ocehan, baik yang sekedar dijadikan untuk hiburan di rumah ataupun yang memang di setting untuk dijadikan sebagai peliharaan untuk perlombaan di berbagai tempat, baik sekedar test suara, latber, contest, dan berbagai jenis perlombaan lainnya.

Seberapa pentingkah kita mengetahui jenis kelamin burung kacer jantan atau betina ? Jawabannya adalah sangat penting sekali, dikarenakan bagi yang menginginkan burung untuk kita ambil dan kita pelihara sebagai perlombaan ataupun untuk kita nikmati keindahan suara ocehannya maka sudah barang tentu kita lebih disarankan untuk membeli atau memiliki burung kacer dengan jenis kelamin jantan sekalipun ada beberapa burng kacer dengan jenis kelamin betina yang lumayan rajin berkicau (sedikit gacor).

Menurut pendapat para kicau mania sebagian besar burung yang memiliki suara yang lebih keras, variatif dan lebih indah suara ocehannya adalah burung kacer dengan jenis kelamin jantan.

Ada beberapa tip dan cara untuk mengetahui burung kacer yang berjenis kelamin jantan:
  1. Pertama carilah bentuk dan ukuran mata burung kacer yang lebih besar dan menonjol, maka hamper bisa dipastikan berjenis kelamin jantan
  2. Bentuk paruh kacer jantan lebih besar dan lebar serta lebih lancip pada bagian ujungnya (suara lebih keras)
  3. Ketika berdiri, burung kacer jantan lebih tegak dibandingkan dengan betina
  4. Bentuk dan ukuran panjang badan seimbang dan bentuk kepala yang ramping
  5. Warna hitam pada burung kacer lebih contrast dibandingkan dengan yang betina
Sedikit saran yang perlu diperhatikan, ada sebagian pedagang yang terkadang suka usil dan sedikit ingin agar mendapatkan untung besar dengan berbagai macam cara membuat burung kacer betina agar terkesan jantan, dengan dicat atau dengan cara yang lain-lain, untuk itu bagi yang belum begitu faham mengenai hal perburungan, hendaknya jika ingin membeli burung kacer, sebaiknya bertanyalah kepada teman dekat atau ahli tentang burung sebelum pergi ke toko atau pasar burung untuk mengantisipasi terjadinya penipun.

ARTIKEL LAIN TERKAIT BURUNG KACER :
Demikian yang dapat saya share, semoga bermanfaat.

Salam damai9
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...