CARA MERAWAT BURUNG SELENDANG BIRU

damai9Perawatan burung Selendang Biru tidak berbeda dengan perawatan Burung Tledekan dan juga burung Gelatik Batu. Dengan bentuk dan warna bulu yang sangat indah  dan juga harganya yang tidak terlalu tinggi sekitar Rp 35 - Rp 50 ribuan, sehingga ada juga beberapa penggemar burung yang suka juga merawatnya. Dan bagaimana cara merawat burung Selendang Biru agar rajin bunyi, berikut adalah tips dan caranya:

  1. Yang pertama adalah diawalai dari cara pemilihan jenis kelamin burung karena biasanya yang rajin berkicau adalah yang jenis kelamin jantan.
  2. Selanjutnya burung dimandikan setiap pagi dengan cara cukup diseprot menggunakan spray atau jika memungkinkan berilah cepuk agar burung lebih leluasa mandinya yaitu pada sekitar jam 7-an setelah sebelumnya diangin-anginkan terlebih dahulu.
  3. Lakukan penjemuran selama kurang lebih 1-2 jam jika matahari benar-benar cerah dan boleh lebih lama apabila kondisi matahari tidak begitu cerah, selesai dijemur lalu diangin-anginkan di teras atau ditempat yang teduh.
  4. Sediakan makanan yang cukup seperti voer yang berkualitas (jika sudah makan voer).
  5. Berilah makanan tambahan (EF: Extra Fooding) seperti jangkrik ukuran kecil setiap pagi dan sore masing-masing 2 - 3 ekor, bisa juga dengan ulat hongkong dan juga berikan kroto cukup 2 hari sekali 1 sendok teh saja atau cukup 2 kali dalam 1 minggu.
  6. Dan yang tidak kalah penting adalah buatlah suasana disekitar rumah diusahakan ramah terhadap burung seperti tikus, kucing, anjing dan hewan lainnya, karena akan berpengaruh pada fisik dan psikis si burung dan secara tidak langsung akan mempengaruhi seni dan kualitas suara ocehan burung.

Sedikit disampaikan, tips ini tidak mutlaq harus diterapkan secara keseluruhan, tergantung menurut kebisaan dan cara masing-masing yang biasa dilakukan dalam merawat burung kesayangannya yang dimiliki.

Demikian semoga bermanfaat
Salam Damai9

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...