TIPS CARA MERAWAT BURUNG MANYAR AGAR CEPAT BUNYI DAN BISA SEPERTI KENARI DAN BANYAK VARIASI KICAUANNYA

damai9 - Dari beberapa sumber di internet perihal perawatan burung manyar, yang memang pada mulanya burung ini kurang begitu diminati oleh kicau mania namun seiring perkembangan pengetahuan tentang perburungan ternyata burung ini bisa dimaster dengan burung yang nada kicauannya hampir sama dan bahkan sejenis, seperti burung kenari, cililin, ciblek atau bisa juga dengan suara burung gereja dan nightingale, dan ternyata semakin hari semakin banyak juga peminatnya. Dari segi harga yang pasti lebih murah jika dibandingkan dengan burung kenari sekalipun memang secara fisik mirip dengan kenari, namun apabila ketika kita berhasil merawat dan memasterkannya dengan kenari hingga akhirnya suara kicauannya menjadi sebagaimana burung kenari maka harganyapun bisa melebihi harga burung kenari. Tetapi memanglah tidak mudah untuk membentuk agar manyar bisa ngoceh / berkicau selayaknya ocehan /kicauan burung kenari dan juga burung lainnya.

Ada beberapa tips agar burung Manyar yang kita miliki bisa cepat bunyi dan rajin juga memiliki kicauan yang bervariasi terutama dengan suara kicauan yang serupa: 
  1. Pastikan burung dalam kondisi sehat 
  2. Usahakan yang berjenis kelamin jantan 
  3. Burung sudah lumayan jinak, artinya ketika kita dekati kandangnya tidak grabakan, dalam kondisi seperti itu lebih mudah dalam kita memasterkannya 
  4. Perawatan harian yang tentunya tidak boleh diabaikan seperti halnya, pemberian makanan yang sesuai dengan makannya yang diperlukan, yaitu dengan pemberian milet sebagaimana milet yang juga kita berikan pada burung kenari, selanjutnya dalam hal memandikan tentunya dimandikan secara teratur minimal 1 kali sehari, penjemuran yang cukup pada pagi hari sekitar pukul 7.30 – 9.30 dan tidak perlu terlalu lama, cukup sekitar 1 jam saja, pembersihan kandang dan penggnatian air minum yang juga harus dilakukan secara rutin 
  5. Dan yang terpenting adalah pemasteran dengan suara yang sejenis dengan burung manyar seperti dengan suara kenari, ciblek, suara cililin, sebagaiman yang sudah disebutkan diatas, baik dengan menggunakan suara dalam bentuk mp3 ataupun dengan burung asli, dan apabila menggunakan mp3, burung hendaknya dikeredong pada pagi hari setelah selesai perawatan harian seperti pemberian makanan, membersihkan kandang, penggantian air dan penambahan makanan dan juga setelah selesai memandikan, maka selanjutnya setelah burung kering, burung dikeredong dan diperdengarkan suara burung dalam bentuk MP3 sesui dengan yang kita inginkan sejak pagi sampai sore bahkan malam dan dilakukan secara continue  setiap hari hingga burung berhasil mengeluarkan suara kicauan sebagaimana yang kita harapkan dan tentunya suara kicauan yang kita masterkan jangan hanya 1 jenis, karena untuk mempercepat pengisian bisa 3-5 jenis suara yang bisa kita perdengarkan sekalipun dengan durasi yang pendek-pendek. Lamanya waktu pemasteran tergantung kondisi dan kualitas burung yang kita master, jika beruntung, dalam waktu 5-7 hari kita sudah berhasil memaster manyar yang kita miliki dengan berbagai suara yang kita inginkan.        


Demikian sekedar tips yang disampaikan dan juga pengalaman beberapa kawan yang sudah mencobanya dan berhasil. Namun perlu diingat bahwa kesabaran adalah factor keberhasilan utama.

Selamat mencoba dan semoga berhasil
Salam damai9
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...