CARA MERAWAT DAN MENYIKAPI BURUNG SELAMA LEBARAN (BAGI PEMUDIK)

damai9 - Lebaran sebentaaar lagi… (dibaca sambil nyanyi seperti Afgan di iklan… J)… becanda agan-agan….

Bagi sebagian besar penghobi terutama agan-agan yang bukan pendukduk asli dimana tempat tinggalnya, biasanya akan melakukan perjalanan pulang kampong (mudik) ke daerah atau kampung halaman masing-masing pada saat menjelang Hari Raya (“Lebaran”) dan bagi yang memiliki burung peliharaan terkadang sempat bingung bagaimana cara mengkondisikan burung kesayangannya tersebut, sehingga ada yang dijual murah, ada yang dibawa pulang (sebagaimana pengalaman adik… hehe..) dan ada juga yang dititipkan. Namun yang pasti bagaimana caranya, terserah agan-agan, pilih alternative terbaik menurut agan-agan.

Dan barang kali bermanfaat, berikut tips mengkodisikan burung selama pulang kampung, antara lain:
  1. Bila memungkinkan, bisa dibawa pulang kampung terutama burung yang kebal/tahan selama perjalanan yang lumayan membutuhkan waktu lebih lama, syukur-syukur menggunakan mobil pribadi, disamping itu jika rencana dikampung lumayan lama, yaaa… sekalian iseng-iseng buat hiburan selama dikampung halaman.
  2. Bisa dititipkan kepada tetangga, kawan sesama penggemar burung, atau bisa juga dititipkan di toko-toko burung terdekat, yaa.. tentunnya ada sedikit imbalan yang harus kita berikan kepada si pemilik toko sebagai upah atas jasa penitipannya. Namun perlu diingat, harus faham dan tahu persis teman yang kita titipin adalah orang yang rajin dan mengerti dalam hal perawatan burung tersebut agar tidak menyesal jika terjadi hal yang tidak kita inginkan di kemudian hari.
  3. Atau yang paling terakhir, bisa dijual, namun dengan catatan dengan harga yang masih lumayan jangan terlalu diobral, sekalian bisa buat tambahan ongkos “pulkam”  dan bisa dilanjutkan kembali dan beli lagi setelah kembali ke tempat dimana rutinitas sehari-hari seperti sediakalan sebagaimana sebelum lebaran.

Demikian tips yang bias disampaikan,

Semoga bermanfaat
Salam damai9
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...