PENYEBAB KENARI BERHENTI BUNYI / BERKICAU, BAGAIMANA CARA MENYIKAPINYA ?

damai9 - Burung kesayangan Kenari dari kawan yang satu ini sudah lumayan berumur dengan kondisi yang pada mulanya sudah lumayan gacor .

Berawal dari proses penjodohan yang sempat dilakukan dengan cara menyatukan dalam satu kandang dengan kenari betinya selama sekitar 3 bulan yang menyebabkan kenari yang semula gacor menjadi kurang rajin bahkan boleh dibilang sama sekali tidak bunyi dan hal itu menurut sebagian penghobi memang sudah lumrah. Selesai proses penjodohan kemudian si Jantan diambil dan dipisahkan dengan tujuan untuk kembali dinikmati suara ocehannya dengan harapan akan tetap seperti kondisi semula, namun diluar perkiraan ternyata burung berhenti berkicau dan hanya sekedar cuat.. cuit saja, bahkan bisa dibilang (bhs jawa: MANDEG…). Sebagai catatan, burung bukan berhenti berkicau yang akibatkan oleh karena mabung atau mau mabung ataupin burung sakit atau hal lain.


Adapun Tips Bagaimana Cara Menangani Agar Kenari yang Semula Berhenti Berkicau Menjadi Rajin Kembali, diantaranya :

1.     Kembalikan nutrisi semula dengan cara berikan makanan khas kenari berupa milet yang lebih berkualitas (kali ini bisa dengan: milet merk X* (sekitar 8 ribuan atau bisa juga dgn yang lebih lagi sekitar 25 ribuan, berikan juga sayuran slada dan juga dengan buah apel merah karena dengan makanan2 tersebut akan bisa memulihkan kembali kondisi setelah masa penjodohan tersebut)
2.     Memandikan sangat diperlukan
3.     Penjemuran lebih diutamakan terutama pada pagi hari sekitar pukul 7 an – 10 an

Demikian dan semoga bermanfaat.
Salam damai9
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...