NYANYIAN “TOJI” SI KENARI BERMATA SATU YANG LUMAYAN MENGHIBUR SUASANA

damaiLayaknya burung lainnya, kenari ini sekalipun secara fisik tidaklah sesempurnya kawan-kawannya, namun ada kelebihan lain yang ia tampakkan berupa ocehan yang lumayan bagus untuk menghibur pemiliknya dan ikut menggemricikkan suasana di sekitar rumah. Kenari dengan sebutan “TOJI” singkatan dari kata moto siji (bhs jawa) atau yang berarti memiliki mata satu ini lumayan juga untuk sekedar sebagai  hiburan di rumah dan juga untuk mengajari kawan-kawan kenari lainnya yang baru mulai mau belajar bunyi, sehingga dengan sering mendengarkannya maka akan memberikan semangat kawan-kawan yang lain untuk ikut juga mengeluarkan suara-suara kriwikannya.

Selintas timbul pertanyaan, kenapa disebut TOJI atau bermata satu?  Pada dasarnya secara rohani … heheh, kondisi toji sehat namun secara penampilan kurang sempurna karena mata yang berfunsi hanya bagian sebelah saja dan itu memang sejak dari masih kecil. 

Jika kita telaah lebih jauh, terkadang kita juga bingung kenapa kenari seperti itu kita pelihara, yang sudah jelas sekalipun bagus performanya, namun apabila kita terjunkan ke lapangan pastilah sangat tidak memungkinkan karena memang kondisinya seperti itu.

Terlepas dari itu semua hendaklah kita ambil manfaat dari sisi lainnya:

1.     Kita nikmati alunan kemerduan suaranya tanpa harus menganggap remeh kondisi fisiknya,
2.     Jika memang sudah siap, kita carikan jodoh untuknya untuk coba kita ternak dan kita ambil keturunannya

Itulah si Toji, tidak masuk kategori ketika di lapangan namun dirumah selalu menjadi burung kesayangan.

ARTIKEL KENARI TERKAIT LAINNYA :


Selingan Pantun:

Ada kain sarung, buat nangkap burung kepodang
Gara-gara hoby burung, Kita jadi sering begadang … J maksa banget !

Demikian semoga bermanfaat,
Salam damai9



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...