KENAPA BURUNG KACER MACET / TIDAK BUNYI DAN CARA MENGATASINYA KACER MACET BUNYI

Sunggguh merupakan hal yang tidak kita inginkan jika kita memiliki burung Kacer tetapi tidak mau bunyi atau tidak bunyi sama sekali dan bukan berarti mbagong, sementara kondisi burung sehat dan bukan sakit, makanya apa sih penyebabnya ? padahal sebenarnya burung kacer adalah termasuk burung yang sangat rajin bunyi dan memiliki suara yang sangat indah dan merdu jika sudah sesuai usia dan waktunya, dan tentunya dengan perawatan yang tepat.

Jika hal di atas terjadi, maka ada beberapa hal yang harus kita cermati dan kita fahami bagaimana cara menghadapi dan menyikapinya.

1. Langkah pertama, ketahui terlebih dahulu penyebab dari tidak bunyinya kacer tersebut. Jika dari awal sejak kita membeli memang kondisinya sudah tidak mau bunyi perlu ditanyakan kepada penjualnya apakah sebelumnya burung sudah pernah bunyi atau belum. Jika memang tadinya bunyi, berarti ada kemungkinan salah perawatan sebelumnya, dan ada kemungkinan pula ada hal-hal yang mungkin terjadi yang menyebabkan Baurung Kacer tidak mau bunyi lagi, diantaranya adalah:

-   Kandang Jatuh. Sangkar atau kandang jatuh sering dialami oleh beberapa kicau mania entah itu karena kurang pas pada saat mencantolkannya, atau bisa juga karena kesundul sesuatu atau bahkan kesundul kepala kita sendiri, karena ditabrak hewan lain seperti kucing atau lainnya ataukah mungkin karena tertiup angin kencang yang mengakibatkan sangkar bisa jatuh. Maka kejadiaan tersebut bisa mengakibatkan burung menjadi stress yang bisa mengakibatkan Kacer macet dan tidak mau bunyi.

-   Salah Perawatan. Terjadi salah perawatan yang sangat significant, seperti halnya, jika biasanya burung diberikan makanan berupa jangkrik pagi / sore 5-6 ekor, voer kemasan normal, kroto, kebersihan kandang dan juga air minumnya yang selalu terjaga, tiba-tiba mungkin karena berpindah “juragan” maka setiap harinya hanya diberikan voer ayam saja, maka hal tersebut bisa mempengaruhi kondisi dan stamina burung kacer yang akibatnya bisa menjadi tidak mau bunyi.

2. Yang Kedua. Jika penyebab tidak bunyinya karena gangguan fisik, seperti serak, tentunya harus diobatin dengan sabar dan sambil dirawat dengan perawatan yang sesuai dan benar. Pengalaman saya, pernah punya kacer tidak mau bunyi karena memang dari sejak membeli dari pedagang sebelumnya memang tidak bunyi, ketika saya pantau dengan seksama dan dari jarak yang tidak terlalu jauh, pada gerakan paruh sebenarnya seperti burung yang ingin berkicau tetapi tidak bisa keluar suaranya, makanya disini harus diobati dengan cara seperti diberikan vitamin yang khusus buat burung yang macet bunyi yang banyak dijual di toko burung, tentunya dengan rawatan harian yang sesuai seperti halnya pemberian EF, kebersihan kandang, proses penjemuran yang cukup dan sebagainya seperti dilakukan pemasteran dan pancingan suara burung kacer lain seperti misalnya suara kacer betina yang bisa didownload disini.

Demikian semoga bermanfaat
Salam damai9
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...