MANFAAT KOLONI UNTUK PLECI

damai-9.  Banyak cara perawatan dan setingan yang dilakukan oleh Pleci Mania untuk membentuk dan menjadikan pleci miliknya agar bisa tampil moncer dan maksimal pada saat dilombakan. Salah satu diantaranya adalah dengan mempertemukan dan menyandingkan sesama pleci dengan pleci lainnya dalam jumlah banyak atau orang sering menyimpulkan dengan sebutan KOLONI.

Di alam bebasnya burung pleci termasuk salah satu tipe burung yang suka bergerombol atau berkoloni dan biasanya dalam satu kelompok jumlah besar, salah satu diantaranya adalah sebagai leader yang berfungsi sebagai coordinator di koloni tersebut. Leader lah yang akan memberikan aba-aba akan ke arah manakah tujuan selanjutnya rombongan akan melanjutkan perjalanan.

Jika kita amati, burung pleci pada saat koloni lebih cenderung bersifat pasif dan hanya lompat kesana kemari dengan suara cat cit ringan-ringan karena memang sedang berkumpul, tetapi setelah dipisahkan dari kelompok koloniannya dan dijauhkan dari grup maka akan langsung mengeluarkan suara lantangnya dengan suara keras dan nyaring atau sering orang menyebut dengan nada panggilan (call, baca: kol bukan kal ya…)

Untuk itu jika kita menghendaki agar pelci milik kita cepat ngalas, ngerol, dan buka paruh (bukpar) maka jika ada kesempatan, sering-seringlah mengadakan koloni dengan sesama kawan pemili burung pleci lainnya.

Dan apa sajakah manfaat koloni yang kita lakukan untuk Pleci ? 
  • Yang pertama dan utama tentunya jalinan silaturrahmi atar sesama pemilik pleci
  • Untuk perbandingan isian suara antara pleci milik kita dengan pleci orang lain dalam hal ini bisa dikatakan untuk bisa di-Cas (Charge) dengan suara pleci lain yang lebih bagus, artinya burung bisa belajar dari pleci lain yang lebih bervariasi menurut si burung.
  • Burung lebih keliatan terkesan gembira karena banyak kawan-kawannya yang ditandai dengan loncatan-locatan ringan (bukan nggrabak) saat ketemu dengan kawan sesame pleci
  • Jika dicermati, setelah berakhirnya koloni, biasanya burung pleci yang habis ikut koloni tersebut akan menunjukkan tingkah sedikit berbeda dari sebelum koloni.

Demikian dan artikel tentang Mafaat Koloni yang bisa dijadikan sebagai acuan dalam perawatan Pleci milik Anda. semoga bermanfaat dan salam damai-9.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...