MANFAAT PLECI BETINA (UNTULAN) SEBAGAI CAS (CHARGE) UNTUK PLECI JANTAN AGAR PERFORMA TETAP STABIL


damai-9. Banyak sekali cara yang dilakukan agar pleci jawara yang dimiliki oleh Pleci Mania (Pleman) untuk mengkondisikan agar pleci-pelci jawara miliknya tetap stabil dalam setiap penampilan pada saat lomba diadakan khusunya untuk kelas pleci.

Bagi Pleman sejati, sejauh yang kami ketahui dan kami amati biasanya memiliki Pleci rawatannya laebih dari 1 ekor, bisa 2, 3, 4, 5, 6 hingga sepuluh bahkan belasan ekor pleci. Tujuannya adalah untuk koloni pada saat posisi burung berada di rumah.


Menurut pendapat beberapa pakar Pleci, burung pleci yang sudah menjadi juara yang dimiliki oleh seorang Pleman dengan rawatan dan settingan yang ditekuninya hingga menjadi Pleci juara, belum tentu akan tetap bisa menjadi juara juga ketika berpindah tangan ke Pleman lain sekalipun secara setting dan rawatannya sama persis dengan pemilik sebelumnya. Itulah keunikan perawatan Pleci dan tidak bisa dianggap mudah dalam perawatannya, namun demikian ketika pleci yang dirawat sudah mulai memperlihatkan performanya berupa ngalas, ngerol, bukpar dengan isian yang beraneka macam dari jenis suara burung apa saja bahkan tidak hanya sekedar suara burung yang termaster bahkan suara lain-lain pun bisa terrekan oleh si Pleci.


Adapun manfa’at pleci betina (untulan) yang paling jelas adalah sebagai salah satu cara jitu yang dilakukan oleh beberapa Pleman untuk mengkondisikan agar pleci Jantan Jawaranya tetap stabil dan tampil prima dalam setiap ajang perlombaan yang diadakan yaitu dengan cara menyandingkannya.

Sebagaimana di ketahui, naluri burung pun sama sebagai makhluk yang diciptakan dengan berbeda jenis kelamin sehingga ketika pada masa usia mapan, maka pastilah diantara mereka saling membutuhkan dan merasakan yang namanya b*ra*I (* = I dan h), pada saat itulah waktu yang tepat cara mensetting Pleci Jantan dengan Pleci betina (untulan) dan akan dipisahkan kembali pada saat menjelang lomba dimulai, dengan tujuan agar si jantan merasa kehilangan pasangannya dan akan memanggil-manggil dan mengeluarkan suara panggilan dengan suara lantang dan keras yang sering kita sebut dengan ngalas, ngeplong dan ngerol disertai buka paruh dan tenaga ngotot, dan pada saat itulah performa pleci terlihat prima dan mantab untuk dinikmati.

Kesabaran dan keuletan dan ketelatenan adalah faktor utama dalam setiap perawatan burung kicauan terutama Pleci. Demikian dan semoga bermanfaat. Salam damai-9.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...