CIBLEK SAWAH JUGA BAGUS ! Cara Merawat Ciblek Sawah Agar Rajin Bunyi dan Cepat Gacor

damai-9. Cara Merawat Ciblek Sawah Agar Rajin Bunyi dan Cepat Gacor. Burung Ciblek secara spesifik dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yang paling terkenal menurut sebagian kicau mania adalah Ciblek kristal kareena memang dari segi suara yang paling mantab dan paling bening adalah memang keluaran suara dari ciblek yang berwarna bulu dada lebih cenderung putih keabu-abuan ini tidak diragukan lagi.

Selain Ciblek Kristal ada juga beberapa jenis ciblek lain diantaraya; Ciblek Semi yaitu perpaduan antara Ciblek Kuning dan ciblek Kristal, Ciblek Kuning yaitu Ciblek Standard kuning, adal lagi Ciblek Sawah atau Ciblek Pari atau orang sering menyebut dengan sebutan Cici Padi ada ada juga Ciblek Gunung.

Kali ini akan membahas sedikit tentang Ciblek Sawah atau Ciblek Pari (Cici Padi).
Secara penampilang jika sudah rajin bunyi apalagi jika sudah gacor tidak kalah mantabnya jika dibandingkan dengan jenis ciblek lainnya, lebih lagi Cici Padi lebih memeiliki suara bervariasi jika dibandingkan dengan ciblek jenis lainnya, namun memang karena kegemaran dan juga Event Organizer tidak pernah melombakan burung jenis ini, maka di mata para kicau mania juga burung ini tidak terlalu dipertimbangkan untuk dimilikinya. Tetapi bagi kita kicau mania sejati, tidak ada salahnya jika kita rawat untuk tambahan koleksi di rumah kita, demikian juga sebagai masteran burung lain yang kita miliki juga tidak kalah dengan masteran burung lainnya.

Adapun Cara Merawat Cici padi Agar Cepat Bunyi dan Gacor sebenarnya tidak berbeda jauh dengan perawatan jenis burung Ciblek lainnya, yaitu sebagai berikut:
  • Pertama pemilihan jenis kelamin, dan yang biasanya lebih banyak variasi kicauannya adalah jantan, untuk membedakan jenis kelamin ciblek jantan dan betina silahkan bisa dibaca disini.
  • Mandikan burung pada jam 7/ 8 pagi cukup dengan di semprot dengan spray lalu lakukan penjemuran.
  • Berikan jangkrik kecil 2-3 ekor pagi dan sore, berikan juga ulat hongkong, lebih bagus jika diberikan yang masih berwarna putih / ganti kulit sebanyak 3 ekor pagi dan sore, dan juga berikan kroto cukup 2 - 3 seminggu. Berikan voer lembut dan dicampur dengan susu bubuk. 
  • Sewaktu menggantang burung ini usahakan berjauhan dari burung sejenis atau burung predator lainnnya seperti Toed/cendet/pentet. 
  • Tempel/dekatkan dengan burung betina/burung muda maksimal 2 x seminggu selama 1 - 2 jam, untuk mengasah mentalnya.


Sebetulnya kunci dari pada perawatan harian burung adalah tergantung dari setelan harian yang kita biasakan dan setelan itulah yang dijadikan sebagai patokan dari perawatan burung setiap harinya jika memang kita rasakan sudah pas sesuai dengan kondisi burung.

Demikian dan semoga bermanfaat. Salam damai-9.com

Atrtikel Terkait Lainnya Tentang Ciblek:  

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...